Yuk Coba, Menu Sahur Untuk Diet Sehat & Murah Ini!

Menu sahur sehat untuk diet – Saat sahur adalah waktu yang sebaiknya jangan terlewatkan pada bulan puasa. Sahur merupakan saat yang penting untuk mengisi energi untuk beraktivitas selama menjalankan ibadah puasa. Saat Anda menjalani diet pada bulan puasa dengan sahur, hal ini akan bisa membantu supaya nafsu makan bisa terkontrol sampai waktu buka puasa nanti. Lalu menu sahur untuk diet itu seperti apa sih? Yuk Tipsdietsmart lovers, kita simak tips dan contoh menu sahur untuk orang diet.

menu sahur untuk diet

Jenis menu makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat sahur

Saat menjelang sahur sebaiknya perlu untuk diperhatikan jenis makanan yang akan anda konsumsi. Pastikan makanan yang anda konsumsi cukup kalori buat anda dalam beraktivitas selama berpuasa. Selain dari itu perlu juga untuk diperhatikan tentang porsi makan pada saat sahur. Ini merupakan hal yang penting bagi Anda yang sedang ingin menurunkan berat badan saat puasa, dan pilih menu sahur sehat untuk diet.

Makanan untuk diet yang dikonsumsi pada saat sahur

Berikut ini Tipsdietsmart.com berikan beberapa makanan yang harus Anda konsumsi bila sedang diet saat berpuasa, dan makanan ini merupakan cara cepat diet lewat puasa lho, yuk simak!

  1. Sayuran dan buah buahan

menu diet sahur sayur

Jenis makanan ini adalah wajib untuk dikonsumsi dan yang ingin menurunkan berat badan saat berpuasa. Menu sahur sehat dan murah ini sangat dibutuhkan selama kita berpuasa. Sayuran dan buah buahan ini mengandung banyak serat, mineral dan juga berbagai macam vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh, dan setidaknya yang harus Anda konsumsi pada saat sahur adalah sebanyak 2 -3 porsi.

  1. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks

Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks

Jenis makanan yang mengandung karbohidrat kompleks ini penting untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan pada saat berpuasa.  Walaupun sebagai menu sahur untuk diet, karbohidrat kompleks ini mengandung serat yang cukup tinggi sehingga dapat menyediakan energi yang lebih panjang dan membuat kenyang lebih lama.  Ini akan membuat kita tidak akan merasakan lapar yang berlebihan sampai waktu berbuka puasa nanti.

Contoh dari makanan sumber karbohidrat kompleks adalah : oat, pasta gandum, quinoa, kentang beserta kulitnya, nasi merah dan roti gandum dan lain – lain. Anda bisa mengkonsumsi makanan ini 1 porsi secara rutin saat sahur atau setara dengan 100 gram dengan nasi merah.

  1. Makanan yang mengandung protein

Cara cepat diet lewat puasa adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung protein ini juga berguna untuk menurunkan berat badan sehingga Anda perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung protein disaat sahur. Fungsi dari protein adalah untuk mengganti atau memperbaiki sel sel tubuh yang rusak dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Makanan yang mengandung protein nabati seperti kacang merah, tempe, kacang hijau, tahu, kacang kedelai dan yang lainnya.

Untuk makanan yang mengandung lemak rendah contohnya adalah daging tanpa lemak, telur, ayam tanpa kulit dan ikan.

Baca juga:

Untuk cara memasaknya, disarankan untuk tidak dengan menggoreng makanan tersebut karena hanya akan menambah kandungan minyak serta kalori dan lemak pada makanan tersebut, walaupun akan lebih enak dan lezat bila digoreng.  Anda bisa mengonsumsinya sebanyak 1-2 porsi pada saat sahur.

Menu sahur saat diet selama puasa

Pada saat sahur, Anda bisa mencukupi kebutuhan kalori sebanyak 500 – 600 kalori. Berikut ini adalah contoh  menu sahur untuk orang diet  yang mengandung kalori yang dibutuhkan tubuh disaat sedang berpuasa.

  • Menu 1

nasi merah, tahu dan tempe bacem, kol, semangka, tomat, ayam rebus, isi oyong wortel, jagung.

  • Menu 2

Oatmeal, dadar telur campur bayam merah panggang, kacang merah, daging panggang, apel dan buah pisang.

  • Menu 3

Roti gandum isi daging ayam, selada, timun, salad buah dengan greek yogurt, telur, wortel.

  • Menu 4

Ayam panggang, brokoli, bayam, salad buah, pepes tahu, scrambled egg dan jagung.

  • Menu 5

Kentang rebus dengan kulitnya, wortel, jagung, tumis buncis, daging bistik dan sop buah.

Diet saat puasa turun 10 kg

Ada banyak sekali metode dan rumusan tentang menu diet hingga sekarang. Akan tetapi untuk membuktikannya apakah metode atau menu sahur untuk orang diet tersebut efektif atau tidak, kita harus mencobanya terlebih dahulu. Ada banyak orang yang melakukan diet pada saat berpuasa. Ada beberapa metode yang dilakukan namun belum terbukti efektif dalam menurunkan berat badan. Salah satu faktor utamanya adalah pola makan yang tidak baik. Oleh sebab itu perlu sekali untuk menyusun menu diet saat berpuasa agar efektif dan berat badan menjadi ideal pada saat hari raya idul fitri tiba.

Untuk dapat diet saat puasa turun 10 kg, Anda perlu sekali untuk mengetahui tentang makanan dan minuman yang harus dihindari. Turun 10 kg juga membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Karena jika berat badan turun secara cepat maka dikawatirkan kenaikan berat badan juga akan berlangsung cepat. Inilah yang disebut diet yoyo.

Loading...

Berikut ini Tipsdietsmart berikan beberapa hal yang harus dihindari untuk yang ingin melakukan program diet.

  • Makanan dan minuman yang mengandung santan
  • Mie istant
  • Makan yang digoreng atau gorengan
  • Makanan instant / cepat saji
  • Junk food
  • Minuman bersoda

Selain dengan menghindari makanan tersebut kita juga harus mematuhi dan menyusun program diet yang telah kita rencanakan sebelumnya. Hal ini supaya kita  bisa mencapai berat badan yang ideal. Ini juga merupakan cara diet saat puasa tanpa olahraga yang bisa kita terapkan untuk menurunkan berat badan secara aman.

Baca juga:

Nah itulah beberapa rekomendasi menu sahur untuk diet  yang bisa dicoba dirumah. Bagaimana? Apakah anda tertarik untuk mencobanya? So, selamat mencoba menu sahur dan berbuka puasa Anda ya, salam sehat, salam smart!

Artikel Terkait :

Ketekunan tidak akan membohongi hasil. Memiliki hobi menulis dan masih belajar menulis untuk beberapa blog disamping kesibukan offline. Bidang berkaitan dengan kesehatan, sedikit dikuasai karena basic pendidikan formal yakni Biologi dimana di dalamnya termasuk Gizi dan Pangan.