Daftar Menu Diet Sehat 30 Hari Tanpa Nasi

Semua orang tahu, nasi merupakan makanan pokok bagi orang Indonesia. Namun, nasi juga merupakan makanan penyumbang kalori yang cukup banyak, jika anda tidak menjaga asupannya, dan tidak diimbangi dengan aktivitas yang mengakibatkan kalori turun. Namun, apakah bisa kita hidup tanpa mengkonsumsi nasi ? Tentu saja bisa ? Lalu makanan apa saja pengganti nasi ? Apa saja menu diet sehat 30 hari  tanpa nasi ?

menu diet sehat 30 hari

Contoh daftar menu diet sehat 30 hari tanpa nasi

Sebelum membahas tentang menu diet 30 hari tanpa nasi, mari kita simak hal-hal yang perlu anda perhatikan sebelum melakukan diet ini !

  1. Niat

Untuk memulai diet sehat ini, anda harus memiliki niat yang kuat supaya diet ini sukses dan mendapatkan hasil yang maksimal. Karena pada saat anda menjalani diet ini, akan banyak godaan seperti adanya undangan makan makan, kuliner yang enak – enak dan lain – lain. Untuk itu anda harus memiliki tekad yang kuat, untuk selalu menjaga supaya tetap mendapatkan tubuh yang ideal.

  1. Mengurangi makanan dan minuman yang manis manis

Makanan dan minuman yang manis banyak sekali mengandung gula. Biasanya orang yang bertubuh gemuk gemar mengkonsumsi makanan,  minuman dan camilan yang manis secara berlebihan.  Dengan mengurangi makanan dan minuman manis, maka akan bisa mendukung program diet anda segera tercapai.

  1. Mengkonsumsi sayuran dan buah – buahan

Menu sayuran dan buahan ini bisa sebagai pengganti nasi, supaya tubuh anda tetap sehat dan kuat dalam menjalani hari. Contoh menu diet seminggu dengan buah adalah  pada waktu pagi hari anda bisa menkonsumsi buah seperti pisang, belimbing, apel atau pepaya. Yang perlu diperhatikan adalah hindari buah yang mengandung glukosa atau karbo yang tinggi seperti manggis, durian dan alpukat. Lalu, pada waktu siang hari anda bisa menkonsumsi lauk dan sayuran namun tidak pakai nasi.

  1. Berolah raga secara teratur

Diet yang sehat tidak akan sempurna jika tidak diselingi  dengan olah raga secara teratur. Berolah raga tidak harus ketempat Gym center.  Anda bisa melakukannya dirumah atau berlari kecil keliling komplek perumahan atau stadion. Anda tidak harus merogoh saku untuk mendapatkan tubuh yang sehat.

  1. Tidak menkonsumsi nasi sebagai makanan utama

Nasi adalah bahan makanan utama yang banyak sekali mengandung gula. Maka cobalah tidak mengkonsumsi nasi dan menjalankan diet tidak makan nasi. Diet 30 hari tanpa nasi ini tidak akan membuat tubuh kita menjadi lemas atau kekurangan energi. Dengan berjalannya waktu anda akan terbiasa menjalaninya.

  1. Air putih sebagai minuman favorit setiap saat

Jadikan air putih sebagai pengganti kopi kemasan, teh manis dan juga minuman bersoda. Banyak orang yang tidak menyukai air putih,namun di balik itu semua air putih sebenarnya sangat menyehatkan. Salah satu manfaat dengan menkonsumsi air putih yang cukup setiap hari adalah menjauhkan dari pikun dan tubuh akan menjadi sehat. Dengan meminum Air putih yang banyak  bisa membuat anda jadi sedikit mengkonsumsi makanan.

Tantangan diet dan tubuh langsing dalam 30 hari

Berikut ini adalah cara menurunkan berat badan dalam 30 hari dan bisa dijadikan anda sebagai tantangan 30 hari kurus :

  1. Tentukan berapa target berat badan yang anda ingin capai
  2. Pada saat anda mendapat undangan dalam sebuah pesta atau acara, anda harus bisa mengendalikan diri dalam mengambil hidangan.
  3. Rutin berolah raga yang dapat membakar kalori
  4. Selalu menkomsumsi buah buahan dan sayuran
  5. Menganti gula dengan gula diet atau madu
  6. Selalu menimbang berat badan secara rutin
  7. Selalu bisa mengkontrol nafsu makan anda, pada saat lapar atau tidak
  8. Gantilah isi lemari es anda dengan makanan yang sehat
  9. Setelah selesai berolah raga, tidak dianjurkan untuk menkonsumsi makanan yang mengandung kalori yang tinggi.

Daftar menu diet sehat sehari-hari

Berikut daftar menu diet sehat dan murah sebagai penganti nasi :

  1. Kentang rebus

Diet dengan menkomsumsi kentang rebus adalah salah satu pilihan yang tepat  untuk menurunkan berat badan, makanan ini bisa sebagai makanan penganti nasi dan bisa untuk dikonsumsi dalam keseharian anda.

  1. Tomat

Tomat ini mengandung vitamin C dan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata anda,  selain itu tomat rendah akan karbohidrat dan sangat baik untuk menu diet sehari – hari, dan layak untuk dikonsumsi dalam jangka panjang.

  1. Roti gandum

Roti gandum ini tidak akan membuat gula darah naik beda dengan nasi. Roti ini juga untuk dijadikan menu diet 30 hari tanpa nasi.

Baca Juga:

  1. Sandwich dengan variasi isian

Roti sandwich ini bisa anda isi dengan berbagai macam variasi, seperti selada, timun, tomat dan juga telur sebagai menu tambahan. Dengan menambahkan sandwich pada menu diet sehat 30 hari anda, maka akan lengkaplah kandungan gizi yang diperlukan untuk program diet anda, dan anda telah melakukan diet yang sehat dan aman.

  1. Sup ayam

Sup ayam ini mengandung banyak manfaat bagi yang sedang menjalankan diet, karena daging ayam yang rendah lemak dan tinggi akan protein, serta sayuran yang ada didalam sup ayam seperti wortel, brokoli kentang dan buncis adalah sayuran yang kaya akan serat dan vitamin yang sangat baik untuk diet.

  1. Oatmeal

Oatmeal mengandung serat dan vitamin yang mampu untuk melancarkan pencernaan serta membuang semua lemak yang berlebihan dalam tubuh. Cara penyajiannya adalah seduh oatmeal kemudian tambahkan dengan yogurt atau susu rendah lemak, disajikan untuk menu sarapan pagi yang sehat dan bagus untuk diet anda.

  1. Ubi

Ubi bisa dimasukkan ke daftar menu diet sehat sehari-hari.  Ubi mengandung nutrisI dan banyak vitamin seperti vitamin A dan B6 yang kaya akan serat. Ubi juga jauh lebih banyak manfaatnya daripada kentang dan roti, kandungan yang terdapat dalam ubi juga bisa membuat anda bisa kenyang untuk waktu yang cukup lama dan sehat untuk pencernaan.

  1. Salad buah
Loading...

Menu yang menyehatkan dan segar ini bisa anda bikin sekalian dalam porsi yang cukup besar, kemudian anda bisa menyimpannya dilemari es, untuk sarapan anda berikutnya, sangat praktis dan efesien. Cara menyajikan salad buah ini tidaklah sulit dan cepat. Anda hanya perlu mencampurkan susu kental manis, madu atau yoghurt sebagai tambahannya  anda bisa memberi sedikit perasaan jeruk lemon.

  1. Omelete isi sayuran

Omelete adalah salah satu makanan favorit dan siapapun pasti mengenal makanan yang satu ini. Omelete isi sayuran ini banyak disukai mereka yang sedang menjalani program diet sehat. Omelete telur yang berisikan berbagai macam jenis sayuran sangat menyehatkan dan rasanya juga cukup enak. Omelete isi sayuran ini mengandung serat dan juga protein yang berguna untuk membantu proses metabolisme pada tubuh.

Baca Juga:

Nah itu dia menu diet sehat 30 hari yang bisa anda coba. Selamat mencoba !

Artikel Terkait :

Ketekunan tidak akan membohongi hasil. Memiliki hobi menulis dan masih belajar menulis untuk beberapa blog disamping kesibukan offline. Bidang berkaitan dengan kesehatan, sedikit dikuasai karena basic pendidikan formal yakni Biologi dimana di dalamnya termasuk Gizi dan Pangan.