9 Menu Buka Puasa Yang Sehat & Praktis Untuk Anda Yang Diet

Menu buka puasa yang sehat – Di bulan Ramadhan ini, kita dituntut untuk selalu menjaga asupan makan yang sehat dalam menu berbuka puasa. Hal ini agar kita senantiasa terjaga kesehatannya dan terjaga berat badannya. Jangan menjadikan momen buka puasa justru sebagai momen balas dendam dengan kalap makan. Apalagi anda yang tetap menjalankan program diet.  Nah berikut ini akan Tipsdietsmart sajikan menu buka puasa yang sehat yang bisa anda coba sendiri di rumah !

Menu buka puasa yang sehat dan praktis

  1. Kurma

Kurma

Anda pasti cukup sering kan menjumpai  kurma di bulan puasa ini. Ya kurma memang identik dengan buah yang pas untuk berbuka puasa.  Bahkan sebagian orang menjadikan kurma sebagai menu wajib ketika berbuka puasa. Saat berbuka puasa, memang ada baiknya kita mengkonsumsi makanan yang manis terlebih dahulu, karena makanan atau minuman manis ini bisa menggantikan kalori yang terbuang saat berpuasa, sehingga kita kembali berenergi.  Termasuk kurma, yang baik dimakan saat berbuka puasa. Menu buka puasa yang sehat dan bergizi ini menyimpan banyak manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh  seperti anemia. Kurma mengandung zat besi yang cukup tinggi, dan mengandung gula alami  dan bisa mengembalikan energi kita selama berpuasa.

  1. Takjil

takjil

Takjil merupakan salah satu menu wajib bagi  sebagian orang untuk berbuka puasa, sebelum menyantap makanan berat. Ya, takjil dapat mengembalikan energi kita selama berpuasa.  Takjil ini ada beberapa macam. Menu takjil buka puasa seperti kolak pisang, agar-agar, sup buah, kolak biji salak dan lain-lain. Agar takjilnya sehat, ada baiknya anda membuat sendiri. Karena dengan membuat takjil sendiri, takjilnya akan lebih bersih, sehat dan higienis. Sedangkan apabila membeli takjil di luar, dikhawatirkan bahan yang digunakan tidak bagus, mengandung pewarna tekstil atau terlalu banyak gula.

  1. Sup

sup

Sup merupakan makanan hangat sebagai menu buka puasa yang sehat dan nikmat  yang dapat menenangkan perut yang bermasalah setelah berpuasa seharian dan merupakan  Jenis makanan ini juga cukup sehat karena diolah dengan cara direbus. Hal ini juga meminimalisir makanan yang digoreng yang tentu kurang sehat bagi pencernaan.  Anda bisa membuat sup ayam yang hangat dan  lezat  ditambah dengan berbagai sayuran yang kaya akan vitamin, yang akan membuat menu buka puasa anda menjadi lebih sehat.

  1. Pecel atau karedok

karedok

Pecel atau juga karedok merupakan makanan khas Indonesia yang cukup lezat dan segar. Ya saladnya orang Indonesia ini juga termasuk dalam menu sehat berbuka puasa.  Dikatakan sehat, karena kedua menu ini mengandung berbagai macam sayuran yang tentu saja mengandung berbagai vitamin, kaya serat dan nutrisi.  Menu buka puasa yang sehat dan menyegarkan ini berisi aneka sayuran yang disiram dengan bumbu kacang. Rasanya manis, pedas dan segar ini menjadikannya sebagai menu favorit untuk buka puasa. Namun ada baiknya jika memasak pecel ataupun karedok, sebaiknya hindari rasa yang terlalu pedas, demi kenyamanan perut anda.

Baca dulu artikel Tipsdietsmart.com lainnya :

  1. Ikan bakar

ikan bakar

Ikan bakar merupakan salah satu menu buka puasa untuk diet. Mengapa demikian ? Karena ikan merupakan makanan yang sangat rendah lemak.  Ikan yang bisa anda olah seperti ikan Nila, Gurame atau Ikan kakap. Agar menu ikan bakar anda menjadi lebih sehat, gunakan olive oil ketika membakarnya, dan hindari mentega, karena mentega mengandung cukup banyak kolesterol. Selain itu ketika membakarnya, hindari untuk membakar sampai gosong, karena sesuatu yang gosong meningkatkan zat karsinogenik yang dapat mengakibatkan kanker.

  1. Tumis sayuran

Tumis sayuran

Tumis sayur bisa dijadikan pilihan anda sebagai menu berbuka puasa. Menu buka puasa sederhana dan praktis  ini juga merupakan menu yang sehat. Agar lebih sehat, ketika menumisnya ada baiknya menggunakan olive oil, dan jangan terlalu asin. Sayur yang bisa anda gunakan seperi kangkung, sawi,buncis, kacang panjang atau bayam. Selain sehat, karena sayuran mengandung banyak serat dan vitamin, tumis sayuran ini juga cukup simple, karena anda cukup menambah garam, merica , irisan bawang putih dan bawang merah. Bagi anda penyuka makanan pedas, anda bisa menambahkan cabai. Namun jangan terlalu pedas  ya, agar tidak sakit perut.

  1. Pepes ikan atau Pepes ayam

Pepes ikan

Anda dapat menjadikan menu pepes sebagai menu berbuka puasa anda. Menu ini juga bisa anda jadikan sebagai menu buka puasa yang sehat untuk diet. Ya, dengan menu ikan pepes ataupun ayam pepes, menjadikan menu yang sehat bagi buka puasa anda. Sebisa mungkin untuk menghindari sesuatu yang digoreng, seperi ikan goreng atau ayam goreng, apalagi dengan tambahan tepung didalamnya, karena makanan yang digoreng meningkatkan kadar kolesterol dalam tubuh. Dengan cara dipepes, selain menggunakan bahan yang segar, juga lebih sehat jika dipepes dengan cara dikukus.

  1. Urap sayuran

Urap sayuran

Anda pasti sudah tidak asing dengan menu yang satu ini kan. Ya, menu buka puasa yang sehat ini tergolong menu yang cukup praktis untuk berbuka puasa. Cara membuatnya cukup merebus sayuran, lalu campur dengan kelapa kering yang telah dikukus, menjadikan menu ini sehat dan lezat. Menu ini juga tidak memerlukan minyak, karena semua bahan cukup direbus dan dikukus, jadi bebas kolesterol, namun kaya akan serat dan vitamin.

  1. Capcay Rebus

capcay rebus

Menu ini memang menjadi salah satu menu favorit yang dihidangkan ketika berbuka puasa. Menu dengan kombinasi berbagai macam sayuran seperti brokoli, wortel, sawi, dan berbagai sayuran ini menjadikannya sebagai menu sehat berbuka puasa dan menu buka puasa yang sehat untuk diet . Apalagi dengan tambahan kuah yang lezat, menjadikan perut kita terasa nyaman setelah seharian berpuasa. Menu ini juga minim minyak, dan mengandung banyak serat dan vitamin dari berbagai sayuran didalamnya.

Artikel terkait: 

Nah itu dia 9 menu buka puasa yang sehat yang bisa anda jadikan menu buka puasa untuk diet yang bisa anda coba di rumah. Ingat untuk selalu menggunkan bahan yang segar seperti sayuran segar dan ikan segar ya. Selain itu jahui menu makanan yang mengandung banyak santan, dan minyak.  Biasakan hidup sehat ya. Sampai jumpa di artikel Tipsdietsmart.com lainnya !

Artikel Terkait :