Mengapa Pada Diet Karbohidrat Dianjurkan Menggantinya Dengan Protein?

Diet rendah karbohidrat dan tinggi protein merupakan salah satu diet yang paling populer untuk menurunkan berat badan. Kunci sukses dari diet ini adakah mengganti asupan karbohidrat dengan memperbanyak makanan yang berprotein tinggi. Mengapa pada diet karbohidrat dianjurkan menggantinya dengan protein? Untuk lebih jelasnya, ada baiknya anda mengikuti penjelasan berikut ini !

Mengapa Pada Diet Karbohidrat Dianjurkan Menggantinya Dengan Protein

Karbohidrat  adalah zat makro yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menghasilkan energi.  Makanan yang mengandung karbohidrat adalah sumber makanan yang mudah dikonsumsi dalam porsi banyak dan berlebihan. Apalagi makanan karbohidrat yang sederhana seperti nasi. Jika kita tidak mengkonsumsi nasi sebagai makanan sehari-hari, maka kita akan merasa lapar. Bahkan ada pepatah yang mengatakan, orang Indonesia belum makan, kalau belum makan nasi.

Nah dalam diet rendah karbohidrat ini, kita dianjurkan untuk mengganti makanan yang mengandung karbohidrat dengan makanan yang tinggi proteinnya.  Makanan yang tinggi protein, akan menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama dkarena makanan berprotein akan dipecah lebih lama dalam sistem pencernaan. Berbeda halnya dengan makanan yang mengandung karbohidrat, yang akan membuat anda cepat lapar. Jadi sudah terjawab kan mengapa pada diet karbohidrat dianjurkan mengganti dengan protein?

Diet karbohidrat

Diet rendah karbohidrat dan tinggi protein merekomendasikan seseorang untuk menerima 30-50 % total kalori dari protein. Lalu bagaimana proses metabolisme dalam tubuh saat seseorang melakukan diet rendah karbohidrat ini ? Mengkonsumsi makanan yang tinggi protein, dapat mencegah anda merasa lapar yang berlebih dan mencegah hilangnya massa otot yang merupakan efek samping dari diet yang anda lakukan.  Normalnya kita menggunakan karohidrat sebagai bahan bakarnya energi. Dengan mengkonsumsi makanan berprotein, anda cenderung merasa kurang lapar, yang mengakibatkan anda akan makan lebih sedikit dari yang anda inginkan.

Lalu apa saja makanan yang tinggi protein dan rendah karbohidrat? Ini dia contohnya :

  1. Telur

Telur adalah makanan yang tinggi protein dan rendah karbohidrat. Didalam sebutir telur mengandung 6 gram protein dan hanya 4 gr karbohidrat. Jika anda takut akan kolesterol, ada baiknya anda mengkonsumsi putih telurnya saja.

  1. Daging

Semua daging mengandung protein tanpa adanya karbohidrat. Pilih jenis daging tertentu yang tinggi akan protein.

  1. Ikan

Ikan dan kerang adalah sumber protein yang sehat. Ikan juga makanan protein terbaik untuk diet. Selain itu anda juga dapat mengkonsumsi udang dan tuna yang bebas karbohidrat namun mengandung 6-7 gram protein per  ons-nya.

Baca Juga:

  1. Keju

Keju merupakan bahan makanan sumber protein dan sedikit karbohidrat, satu cangkir keju cheddar mengandung 33 gram protein dan 2 gram karbohidrat. Namun yang perlu diingat, keju mengandung lemak jenuh yang cukup besar, jadi sebaiknya pilih keju yang rendah lemak.

Contoh menu diet tinggi protein, rendah karbohidrat

Sarapan :

  1. Telur bisa dimasak orak arik atau cukup direbus saja
  2. 2 potong roti panggang
  3. 1 batang sosis
  4. 3 irisan tomat
  5. ½ cangkir susu rendah lemak

Makan siang

  1. 2 potong roti gandum
  2. 3 ons ayam dengan mayones ringan
  3. Irisan sayur
  4. Teh atau kopi tanpa gula

Snack sore

  1. Sandwich dengan makanan yang tinggi protein dan rendah karbohidrat seperti ikan salmon dengan roti gandum

Makan malam

  1. Ikan panggang ditambah brokoli dan kembang kol
  2. Jus wortel

Anda dapat berkrerasi sendiri untuk diet protein untuk kurus ini. Asal tetap pada aturan makanan yang mengandung tinggi protein, rendah karbohidrat.

Yang perlu anda perhatikan saat menjalankan diet rendah karbohidrat tinggi protein ini adalah :

  1. Minum air putih yang banyak

Ketika anda sedang melakukan diet rendah karbohidrat ini tubuh akan mengalami perubahan metabolisme.  Pada saat ketosis atau kondisi tubuh saat memproduksi keton untuk bahan bakarnya, maka selanjutnya keton akan dikeluarkan oleh tubuh melalui urin. Semakin tinggi kandungan keton, maka semakin banyak yang harus dikeluarkan melalui urin. Hal ini akan menyebabkan resiko dehidrasi menjadi tinggi. Untuk itu ada baiknya meminum air putih banyak agar terhindar dari dehidrasi.

  1. Tetap makan makanan berserat

Tetap penuhi kebutuhan serat anda agar tidak terjadi sembelit.  Sayuran yang mengandung serat dan air yang  akan membuat seseorang menjadi cepat kenyang. Sebaiknya penuhi kebutuhan serat setidaknya 25 gr untuk wanita dan 38 gram untuk laki-laki.

  1. Jangan makan secara berlebihan

Walapun anda sedang melakukan diet rendah karbohidrat dan  diet  protein untuk kurus, bukan berarti anda dapat makan makanan berprotein dalam jumlah yang banyak.  Mengkonsumsi makanan berprotein seperti daging dan keju secara berlebihan, justru akan meningkatkan berat badan anda. Makanlah saat lapar, dan berhentilah saat kenyang.

  1. Beri waktu tubuh untuk beradaptasi saat memulai diet

Saat melakukan diet rendah karbohidrat, tubuh akan mengalami adaptasi. Jadi kurangi karbohidrat secara perlahan-lahan. Jangan secara langsung asupan karbohidrat secara besar-besaran.

Loading...

Dalam masa awal diet ini tubuh akan lemas, tak bertenaga, serta sembelit. Ada baiknya pada minggu awal melakukan diet, perhatikan apa yang tubuh anda rasakan, apakah biasa saja atau anda merasa memburuk.  Ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi, karena bisa saja diet ini tidak cocok untuk anda.

  1. Tetap berolahraga

Saat menjalankan diet, kadang kita menjadi malas untuk melakukan olahraga.  Padahal olahraga sangat penting untuk membakar kalori dan mengontrol berat badan.  Olahraga juga membuat sistem dalam jantung bekerja lebih efisien.

Baca Juga:

Demikian ulasan kami mengenai diet rendah karbohidrat dan tinggi protein, Nah itu dia penjelasan mengapa pada diet karbohidrat dianjurkan menggantinya dengan protein. Semoga informasi ini bermanfaat bagi anda ya. Sampai jumpa !

Artikel Terkait :

Ketekunan tidak akan membohongi hasil. Memiliki hobi menulis dan masih belajar menulis untuk beberapa blog disamping kesibukan offline. Bidang berkaitan dengan kesehatan, sedikit dikuasai karena basic pendidikan formal yakni Biologi dimana di dalamnya termasuk Gizi dan Pangan.

0 Shares