Loading...

Manfaat Saffron untuk Kesehatan & Kecantikan Wajah!

Buat kamu yang masih awam dengan dunia memasak, mungkin belum familiar dengan rempah-rempah, terlebih saffron. Jika rempah seperti jahe, pala, merica, mungkin masih sering mendengar dan melihatnya. Bagaimana dengan saffron? Bunga saffron ini adalah bunga dengan nama Crocus sativus. Bagian bunga diambil kemudian dikeringkan. Inilah manfaat saffron untuk kesehatan dan kecantikan kemudian terkenal.

manfaat saffron untuk kesehatan dan kecantikan

Bunga saffron banyak dihasilkan di Timur Tengah. Harganya pun cukup mahal, sekitar Rp770 juta per 500 gram. Hal ini bergantung dengan kualitas. Mengapa harganya menjadi mahal? Karena proses panen masih menggunakan cara manual. Ribuan hingga jutaan bunga diproses satu per satu dengan tangan.

Bunga yang memiliki nama lain Kuma-kuma ini memiliki bentuk yang sangat indah. Saffron memiliki 3 kepala putik dan berwarna biru keunguan. Manfaat saffron untuk kesehatan dan kecantikan sudah dipercaya banyak orang. Salah satunya juga bisa sebagai pewarna alami.

Rempah dari saffron ternyata sudah dibudidayakan sejak 3000 tahun lalu. Sebagian besar tanaman ini ditanam di wilayah Mediterania hingga ke timur wilayah Kashmir. Tiap tahun petani bisa menghasilkan sekitar 300 ton saffron dari seluruh dunia.

Manfaat Saffron untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bunga saffron ini punya banyak manfaar baik dalam segi kesehatan maupun kecantikan. Kamu bisa mendapatkannya jika menambahkan saffron dalam makanan maupun obat. Berikut beberapa manfaat saffron untuk kesehatan.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Bunga Saffron yang memiliki warna agak oranye ini memiliki banyak sekali komponen antioksidan yang bermanfaat. Paling tidak dengan mengonsumsi saffron kamu dapat manfaat dari kandungan crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol bisa langsung didapatkan. Anda akan jarang sekali sakit karena daya tahan tubuh akan dipicu bekerja dengan maksimal.

Beberapa komponen antioksidan yang ada pada saffron bisa digunakan untuk mengatasi inflamasi pada tubuh dan mencegah kerusakan pada sel. Lebih lanjut, antioksidan seperti kaempferol bisa digunakan untuk mengatasi gangguan pada otak sehingga tubuh bisa sehat secara umum dan menyeluruh.

Menurunkan Gejala PMS

Manfaat saffron untuk kesehatan dan kecantikan lainnya yakni untuk wanita yang mengalami gangguan PMS setiap bulannya. Seperti yang kita tahu, saat PMS tiba seorang wanita kan mengalami gangguan pada tubuhnya entah dalam bentuk nyeri yang sangat kuat atau pusing. Kondisi ini bisa sangat parah dan membuat wanita lemas hingga pingsan.

Dari penelitian yang dilakukan, konsumsi sekitar 30 gram saffron bisa mengatasi rasa nyeri dan inflamasi yang terjadi pada wanita. Selain itu, dengan hanya menghirup aroma dari saffron selama 20 menit kamu bisa menghilangkan cemas dan bad mood.

Memiliki Elemen Anti Kanker

Saffron memiliki elemen antioksidan yang sangat besar. Elemen ini digunakan untuk menjaga tubuh dari radikal bebas yang masuk dari luar dan sel asing yang tumbuh di dalam tubuh dalam bentuk kanker. Sel yang abnormal dan tumbuh begitu saja bisa segera dibunuh oleh komponen antioksidan.

Dengan elemen ini, seseorang akan lebih kebal dengan beberapa jenis kanker bak itu kanker kulit, prostat, paru, payudara, serviks, dan kanker lain yang umum terjadi pada pria dan juga wanita.

Kemungkinan Memperbaiki Mood

Saffron juga bermanfaat untuk membantu dalam mengatasi depresi yang sedang dialaminya. Setidaknya penggunaan beberapa gram saffron yang dikemas menjadi kapsul bisa memperbaiki mood pada seseorang yang mengalami depresi pada skala rendah ke sedang. Dengan kemampuan ini seseorang bisa lebih semangat menjalani kehidupan hariannya.

Baik untuk Penurunan Berat Badan

Salah satu unsur safrron yang cukup hebat yakni kemampuan dalam menurunkan nafsu makan. Tiap mengonsumsi saffron dalam jumlah yang tepat, Anda bisa mengontrol nafsu makan dengan mudah sehingga kemungkinan terjadi defisit kalori akan sangat besar.

Baik untuk Penderita Diabetes dan Alzheimer

Siapa sangka manfaat saffron untuk kesehatan dan kecantikan juga bisa untuk penderita diabetes. Konsumsi saffron dalam bentuk apa pun ternyata bisa menurunkan gula darah di dalam tubuh dengan cepat. Sensitivitas insulin juga akan meningkat sehingga gula darah di dalam tubuh bisa terjaga. Saffron ini juga meningkatkan kemampuan kognitif pada penderita Alzhiner. Daya ingat akan meningkat meski tidak signifikan.

Itulah manfaat dari bunga saffron yang ternyata bisa kamu coba kalau sudah memilikinya. Semoga informasi di atas bisa kamu gunakan untuk menambah pengetahuan terkait dengan rempah yang bermanfaat untuk tubuh.

Sangat Baik untuk Masker Wajah

Kandungan senyawa Crocin yang kaya dengan antioksidan serta vitamin C dalam Saffron sangat baik untuk kulit wajah. Kamu bisa menggunakannya untuk membuat kulit lebih bersinar dengan cara mencampurkan beberapa helai saffron dengan madu, lalu pijat perlahan pada wajah. Selain untuk melancarkan peredaran darah di wajah, cara ini juga bisa menghidrasi serta menghaluskan kulit.

Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah membuat masker wajah dari susu, helaian saffron dan bubuk cendana. Campurkan seluruh bahan hingga bertekstur seperti pasta kemudian pulaskan pada wajah.

Mencerahkan Kulit yang Kusam

Buat kamu yang merasa kulit terlihat kusam, maka kamu bisa memanfaatkan saffron ini untuk mengembalikan rona alami kulit. Caranya mudah, campurkan beberapa helai saffron dengan susu yang belum dipasteurisasi serta perasan lemon. Diamkan satu jam hingga semua adonan tercampur. Aplikasikan ke seluruh wajah sebagai masker dan diamkan 15 menit sebelum dibilas.

Mengatasi Bekas-Bekas Jerawat

Manfaat saffron untuk kesehatan dan kecantikan lainnya yakni bisa atasi bekas jerawat. Bekas jerawat sering kali mengganggu penampilan sehingga membuat menurunnya percaya diri. Gunakan saffron yang direndam ke dalam air bersamaan dengan daun basil hingga berbentuk pasta. Kemudian Anda bisa mengoleskannya pada wajah dengan gerakan memutar dan diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin.

Saffron yang bersifat anti jamuran dan bekerja dengan baik jika dicampurkan dengan daun basil yang antibakteri. Anda pun bisa menambahkan bubuk kunyit yang bekerja sebagai antiseptik untuk menghilangkan bekas-bekas jerawat.

Baca Juga :

Mengatasi Masalah Mata Panda

Mata panda di kantung mata bisa kamu atasi dengan memakai masker yang terbuat dari dua atau tiga helai saffron ke dalam satu sendok teh air putih dan didiamkan selama semalaman. Kemudian, tambahkan satu sendok teh susu, 2-3 tetes minyak kelapa atau zaitun dan sedikit gula. Campur seluruh bahan hingga merata dan oleskan di bagian bawah mata. Diamkan hingga mengering dan bilas hingga bersih.

Fungsi masker mata dari saffron ini untuk menghilangkan kulit kusam di area mata, mengeksfoliasi kulit dan meningkatkan tekanan darah. Hasilnya, kulit terlihat lebih halus dan bercahaya.

Itulah manfaat saffron untuk kesehatan dan kecantikan. Selain bisa langsung memakan saffron sebagai rempah, kamu juga bisa meraciknya menjadi obat hingga memanfaatkan sebagai masker wajah, toner, atau masker mata.

Loading...
0 Shares