Loading...

 7 Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Siapa sih yang tidak suka dengan cokelat ? ya, bagi sebagian besar orang, cokelat adalah surga, karena selain memiliki cita rasa yang enak, cokelat ternyata dianggap sebagai makanan yang bisa mengurangi stress, membuat hati menjadi senang, serta merupakan makanan symbol kasih sayang.

manfaat cokelat

Namun, tahukah anda, jika ternyata cokelat memiliki bebarapa manfaat bagi kesehatan tubuh kita lho. Lalu apa saja sih manfaat cokelat bagi kesehatan kita ? yuk simak ulasan berikut ini !

  1. Mencegah penyakit Jantung

Tahukah anda, ternyata kandungan yang terdapat dalam dark cokelat dapat mengurangi resiko penyakit jantung sebanyak 50 %, serta penyakit coroner  sebanyak 10 %.  Hal ini karena coklat dapat membantu peredaran darah di pembuluh arteri. Coklat juga dapat mencegah sel darah putih agar tidak menempel di dinding pembuluh darah, karena dapat menyumbat arteri. Jadi, anda tidak perlu khawatir ya, untuk mengkonsumsi sepotong coklat di hari-hari anda.

  1. Menurunkan tekanan darah

Selain sayuran, ternyata cokelat juga mampu menurunkan tekanan darah kita lho.  Hal ini karena cokelat mengandung flavon yaitu senyawa antioksidan.  Antioksidan ini dapat membantu menurunkan tekanan darah.

  1. Menurunkan kolesterol

Cokelat dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL, serta menaikkan kolesterol baik, sehingga coklat dapat menurunkan resiko penyakit kardiovaskular.

  1. Dapat menurunkan berat badan

Mungkin bagi sebagain besar orang percaya, kalau mengkonsumsi cokelat dapat menambah berat badan, namun ternyata peneliti saraf Will Clower mengatakan hal sebaliknya. Penelitiannya mampu membuktikan bahwa cokelat dapat menurunkan berat badan, jika dikonsumsi 20 menit sebelum makan akan meningkatkan hormon otak, sehingga otak kita akan mengirim sinyal bahwa anda sudah kenyang. Hal ini tentu saja akan mengurangi kebiasaan kita memakan camilan.

  1. Baik untuk kesehatan otak

Cokelat ternyata dapat menjaga kesehatan otak kita lho. Hal ini karena coklat mampu mencegah pembengkakan pada area pernapasan, serta mengatasi kerusakan otak.

  1. Mencegah Diabetes

Terdengar aneh memang, namun ternyata kakao sangat menunjukkan kepekaannya pada insulin. Begitu juga dengan cokelat hitam yang telah diolah lagi, dapat mencegah diabetes.

Baca Juga :

  1. Baik untuk kesehatan Ibu hamil dan bayi

Telah disebutkan diatas bahwa  coklat dapat mengurangi stress.  Hal ini berlaku pula pada ibu hamil. Ibu hamil yang mengkonsumsi coklat   cenderung lebih banyak tersenyum bila dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi coklat. Ibu hamil memang harus terhindar dari stress selama masa kehamilannya agar bayinya sehat hingga saat persalinan nanti.

Nah itu dia beberapa manfaat dari coklat untuk kesehatan tubuh kita.  Jadi sudah tidak  ragu-ragu lagi kan untuk mengkonsumsinya ? semoga informasi ini bermanfaat ya. Sampai jumpa !

Loading...
0 Shares