Menu Makanan Untuk Diet Ketat & Cara Menjalankannya Tanpa Olahraga

Makanan untuk diet ketat – Anda ingin menurunkan berat badan dengan efektif? Beberapa metode diet telah anda coba namun kurang berhasil? Kali ini kami akan memberikan informasi kepada Anda mengenai diet ketat. Mendengar mengenai diet ketat, mungkin kita akan malas untuk melakukannya. Namun jika Anda menginginkan berat badan turun dengan cepat, maka tidak ada salahnya untuk dicoba.

Diet ini diklaim mampu menurunkan berat badan secara signifikan. Namun ada hal yang harus di perhatikan ketika melakukan diet ini, yakni mengenai apa saja menu makanan untuk diet ketat.  Nah, untuk mengetahuinya, yuk simak saja artikelnya!

Hal yang perlu diperhatikan ketika menjalankan diet ketat

makanan diet ketat

Image by: Pixabay

  1. Pilih makanan yang rendah karbohidrat

Makanan untuk orang diet ketat  yang paling awal adalah anda bisa mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat pada hari pertama sampai hari ketiga.  Sebisa mungkin untuk melakukan diet tanpa nasi putih untuk makanan pokoknya.

Ganti Nasi dengan nasi merah, atau umbi-umbian. Pemilihan lauknya juga perlu diperhatikan ya. Hindari lauk yang digoreng, karena makanan yang digoreng mengandung kolesterol jahat. Akan lebih baik anda mengkonsumsi lauk yang direbus, dikukus atau dibakar.

  1. Perbanyak konsumsi sayur dan buah

Masukkan setengah porsi makan anda dengan sayur dan buah kedalam menu makanan untuk diet ketat anda. Dengan hal ini anda akan mendapatkan banyak manfaat dari sayuran dan buahan. Sudah kita ketahui bahwa sayur dan buah merupakan makanan yang mengandung serat, vitamin dan rendah kalori yang sangat baik untuk  mempercepat proses diet anda.

  1. Menghitung kalori setiap makanan

Kalori yang berlebihan akan membuat anda susah kurus. Namun jika kalori yang rendah juga akan menyebabkan masalah kesehatan. Jadi, anda harus tahu cara diet ketat yang benar dan perlu menghitung kalori pada setiap makanan.  Anda juga harus tahu kebutuhan kalori harian saat anda sedang menjalankan diet. Makanan yang mengandung kalori misalnya nasi putih, coklat, minuman bersoda dan masih banyak lagi.

  1. Hindari untuk makan pada malam hari

Ada baiknya anda menghindari makan di malam hari. Hal ini karena biasanya pada malam hari aktivitas yang kita lakukan cenderung sedikit, dan tidak memerlukan energi yang besar. Di malam hari anda bisa mengkonsumsi makanan seperti satu jenis buah dan minum 1 gelas susu rendah lemak.

Buah juga  merupakan makanan untuk diet ketat yang baik dikonsumsi pada malam hari. Beberapa buah yang dianjurkan seperti buah apel dan mangga. Hal ini karena apel dan mangga mengandung banyak serat, namun mampu membuat perut terasa kenyang, sehingga Anda akan terhindar  untuk makan makanan berat.

  1. Atur waktu dan jenis camilan

Walaupun anda sedang melakukan diet ketat, anda boleh kok untuk menyantap makanan kecil atau cemilan. Namun, yang harus diperhatikan adalah waktu dan jenis camilannya ya. Waktu yang dianjurkan untuk nyemil adalah sore hari yaitu sekitar jam 3 sore hingga jam 4 sore. Jenis camilan yang diperblehkannya pun adalah buah. Anda bisa mengolahnya menjadi salad buah. 

Menu & cara diet ketat tanpa olahraga

cara diet ketat tanpa olahraga

Lalu menu apa sajakah yang dapat dicoba ketika melakukan diet ketat, berikut, kami telah merangkumnya untuk anda menu diet ketat yang ampuh menurunkan berat badan dalam waktu seminggu, bahkan diklaim sebagai cara diet 1 minggu turun 5 kg  dan sebagai cara diet ketat tanpa olahraga :

  • Hari 1

Hari pertama adalah hari yang penting untuk program diet ketat anda. Menu makanan untuk diet ketat hari pertama adalah dengan mengkonsumsi buah-buahan yang ringan dan berair.  Buah tersebut seperti buah pir, apel,dan anggur. Sepanjang hari anda hanya boleh makan buah yang berair ini. Anda bisa makan buah ini sampai kenyang. Anda juga harus mengkonsumsi air dengan cukup agar tidak mengalami dehidrasi.

  • Hari 2

Hari kedua makanan untuk diet ketat adalah sayuran. Pilih jenis sayuran yang anda sukai.  Di hari kedua ini perut anda harus diisi dengan makan  sayuran saja.  Cara mengolah sayur ini bisa dibuat salad, direbus ataupun dikukus. Hindari untuk mengolah sayuran dengan cara menumis atau menggoreng. Untuk Karbohidratnya, anda bisa mengkonsumsi makanan seperti ubi rebus atau kentang rebus. Jangan lupa juga ya untuk selalu minum air putih sebanyak 8 gelas sehari.

  • Hari 3

Untuk hari ketiga, menu makanan untuk diet ketat lebih bewarna dibanding dengan menu hari 1 atau ke 2. Anda bisa mencampur sayur dan buah untuk dikonsumsi dalam sehari. Anda dapat mengkonsumsinya 3 kali dalam sehari. Namun, anda tidak boleh makan karbohidrat, seperti kentang, dan buah seperti pisang. Ingat ya dengan komitmen anda yang menginginkan diet ketat agar turun berat badan. Tetap minum air putih yang cukup ya !

  • Hari 4

Di hari keempat ini anda hanya boleh menkonsumsi buah pisang dan susu. Anda dapat membuat makanan untuk diet ketat dengan campuran buah pisang dan susu, seperti potongan pisang yang ditaburi susu, milkshake pisang, atau hanya buah pisang yang dimakan langsung, lalu minum susu. Ingat ya, jangan dibuat pisang goreng.

  • Hari 5

Di hari ke 5 ini anda sudah mulai merasakan tubuh anda lebih ringan. Untuk hari kelima anda diperbolehkan makan 5 sendok makan nasi, dan tambah dengan 8 potongan tomat merah. Nasi nya boleh dimakan 2 kali sehari, namun jangan makan nasi saat malam hari.

  • Hari 6

Untuk hari keenam menu makanan untuk diet ketat anda adalah anda boleh sarapan makanan yang mengandung protein nabati atau protein hewani,  seperti  tempe atau tahu rebus, daging rebus. Untuk siang harinya anda boleh makan 5 sendok disertai lauk sayuran saja.

  • Hari 7

Di hari ke tujuh ini anda diperbolehkan makan 5 sendok makan nasi ditambah sayuran dan buah-buahan sesuai selera anda. Anda juga bisa minum jus buah tanpa gula yang baik untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh anda. Minum juga air putih yang cukup agar badan selalu fresh dan berat badan anda bisa turun secara efektif.

Baca Juga:

Nah itu dia menu makanan untuk diet ketat  yang harus anda perhatikan serta contoh menu diet sehat selama seminggu.  Bagaimana ? Anda tertarik untuk mencobanya ?

Artikel Terkait :