Diet 3 Hari Turun 5 Kg Dengan Menu Ini, Bahayakah?

Tipsdietsmart.com – Bisakah diet 3 hari turun 5 kg? Mungkin pertanyaan ini ada di benak Anda. Cara diet cepat memang di inginkan setiap orang yang memiliki bentuk tubuh gemuk dan kurang ideal. Siapa sih yang tidak ingin tubuhnya langsing ideal? Namun apakah cara diet 3 hari bisa turun 4 – 5 kilogram ini direkomendasikan? Yuk kita kita ketahui bersama!

diet 3 hari turun 5 kg

Teori diet 3 hari turun 5 kg

Inti dari diet 3 hari ini adalah diet rendah kalori. Ada yang berpendapat diet 3 hari saja ini di klaim sebagai penurunan berat badan yang terjadinya reaksi metabolik. Bisa dibilang, diet cepat ini tergolong diet ekstrim lho. Alasannya, pembatasan konsumsi makanan berkalori kurang dari 1000 kalori saja.

Anda hanya diperbolehkan makan makanan kurang dari 1000 kalori per hari. Jika program ini Anda laksanakan secara tepat dalam 3 hari dan diikuti dengan makan secara “normal” selama 4 sampai 5 hari maka berat Anda bisa turun 10 lbs atau sekitar 4,5 kg.

Selanjutnya, Anda tinggal mengulangi siklusnya, yaitu mengkonsumsi makanan tidak lebih dari 1000 kalori perhari selama 3 hari dan hari ke 4 sampai ke 5 mengkonsumsi makanan “normal”.

Lalu bagaimana diet 3 hari bisa menurunkan berat badan?

Diet 3 hari ini harus dijalankan secara teliti dengan pemilihan menu yang akurat dalam hal kalori dan porsinya per hari.

Anda harus makan makanan seperti yang telah ditentukan. Jika Anda mengkonsumsi makanan melebihi apa yang telah dijadwalkan, Anda bisa gagal untuk menurunkan berat badan sekitar 4,5 kg.

Menu diet 3 hari turun 5 kg

Lalu menu diet 3 hari turun 5 kg apa saja?

Berikut contoh menu diet 3 hari yang dikutip dari ww.superskinnyme.com.

Hari ke 1
Makan pagi Makan siang Makan malam
Kopi hitam / teh (1-2 pemanis rendah kalori) atau air putih 1/2 cangkir Tuna 3 oz.daging atau ayam
1/2 agur atau jus buah 1 piece of toast 1 cangkir kacang hijau
1 buah roti panggang dengan 1 sdm. selai kacang Kopi hitam or teh (1-2 pemanis rendah kalori) atau air putih 1 mangkuk wortel
1 cangkir es krim vanila
1buah apel
Kopi hitam or teh (1-2 pemanis rendah kalori) atau air putih
Hari ke 2
Makan pagi Makan siang Makan malam
Kopi hitam or teh (1-2 pemanis rendah kalori) atau air putih 1 cangkir keju cottage atau ikan tuna 2 daging atau ayam
1 butir telur 8 biskuit asin 1/2 cangkir wortel
1 potong roti panggang Kopi hitam or teh (1-2 pemanis rendah kalori) atau air putih 1/2 buah pisang
1/2 buah pisang 1 cangkir brokoli atau kubis
1 cangkir es krim vanila
Kopi hitam or teh (1-2 pemanis rendah kalori) atau air putih
Hari ke 3
Makan pagi Makan siang Makan malam
Kopi hitam or teh (1-2 pemanis rendah kalori) atau air putih 1 telur rebus 1 cangkir tuna
5 biskuit asin 1 potong roti panggang 1 cangkir wortel
1 oz. keju cheddar Kopi hitam or teh (1-2 pemanis rendah kalori) atau air putih 1 cangkir kembang kol
1 buah apel 1 cangkir melon
1/2 cup regular vanilla ice cream
Kopi hitam or teh (1-2 pemanis rendah kalori) atau air putih

Kekurangan Diet 3 Hari

Diet 3 Hari merupakan diet rendah karbohidrat dimana penurunan berat badan 4,5 kg  dimungkinkan adalah penurun dari air dari dalam tubuh. Karbohidrat meningkatkan retensi air dalam tubuh. Oleh karena itu, setelah Anda melanjutkan dengan makan secara normal, Anda akan mendapatkan kandungan berat air kembali dalam tubuh Anda.

Baca juga : 

Penurunan berat badan tidak mungkin terjadi karena adanya kombinasi makanan atau reaksi metabolik dalam tubuh.  Seperti pada diet 3 hari ini, namun hal ini disebabkan karena pembatasan kalori makanan.

Intinya, Anda mengkonsumsi makanan sekitar 1.000 kalori per hari, atau maksimal 1.200 kalori. Kondisi seperti ini merupakan kondisi tubuh dimana tubuh Anda dalam  “mode bertahan hidup”. Karena penurunan kalori yang ekstrim ini membuat tubuh Anda akan memakai kalori yang tersimpan dalam tubuh.

Oleh karena itu tubuh akan berada dalam “mode kelaparan” dimana tubuh akan melambat untuk menghemat energi.

Namun permasalahannya saat setelah 3 hari melakukan diet ini!

Metabolisme tubuh Anda akan melambat yang akan menyebabkan tubuh memerlukan lebih sedikit kalori untuk mempertahankan berat badan.

Setelah 3 hari ini, berat badan Anda bisa bertahan atau tidak turun karena Anda menjalankan pola makan secara normal.

Pada umumnya, setelah 3 hari atau 4 sampai 5 hari berat badan bisa naik kembali atau kembali ke berat badan semula. Ini seperti diet yoyo dimana berat badan bisa naik dan bisa turun dengan cepat.  Inilah yang membuat diet seseorang menjadi gagal!

Penurunan kalori yang signifikan, ditambah dengan menu makanan yang monoton kemudian melanjutkan pola makan normal, membuat kebanyakan orang akan merasakan lapar yang hebat  saat hari ke 4 sampai ke 5.

Akibatnya, bukan hanya berat badan akan kembali ke semula saja, tapi berat badan Anda bisa naik dengan cepat!

Kesimpulan diet 3 hari turun 5 kg

Diet 3 Hari tidak bisa diterapkan untuk merubah pola makan lama dan kurang cocok dengan gaya hidup sehat termasuk jika Anda melakukannya dengan latihan olahraga.

Melakukan diet 3 hari ini memungkinkan terjadinya kenaikan berat badan kembali setelah 3 hari.

Diet 3 hari ini kurang cocok untuk mengurangi persentase lemak dalam tubuh.

Solusi

Walaupun diet 3 hari bisa menurunkan berat badan 4 – 5 kg, namun kenyataannya diet ini tidak direkomendasikan.

Namun Anda jangan berkecil hati, diet rendah kalori bisa tetap dilakukan dengan memilih menu makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh yang berkaitan dengan aktifitas Anda. Memasukan beberapa makanan atau minuman sehat seperti nasi merah dan jus dapat membantu diet kalori Anda.

Panduan yang tepat adalah mengubah pola makan lama menjadi pola makan yang sehat secara sehat dan bertahap, tidak dilakukan secara singkat (3 hari).

Loading...

Tetap memasukan makanan yang bergizi yang dibutuhkan tubuh dan meninggalkan makanan lama yang tidak sehat menjadi salah satu solusi jitu untuk menerapkan pola makan yang sehat dalam jangka panjang.

Bagaimanapun kesehatan tubuh adalah hal yang paling penting, dengan menerapakan pola makan yang sehat maka dapat membantu mendapatkan tubuh sehat dan berat badan yang ideal.

Baca juga : 

Semoga ulasan seputar diet 3 hari turun 5 kg ini menjadi referensi terbaik bagi Anda tentang bagaimana mendapatkan berat badan yang ideal. Jika bermanfaat, sudilah untuk berbagi dengan yang lain dengan share di media sosial.

Artikel Terkait :

Ketekunan tidak akan membohongi hasil. Memiliki hobi menulis dan masih belajar menulis untuk beberapa blog disamping kesibukan offline. Bidang berkaitan dengan kesehatan, sedikit dikuasai karena basic pendidikan formal yakni Biologi dimana di dalamnya termasuk Gizi dan Pangan.

0 Shares