Cara Menurunkan Berat Badan 20 Kg dalam Seminggu, Sehatkah?

Cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu bukanlah hal yang dianjurkan, namun beberapa tips sehat di bawah ini akan membantu Anda mendapatkan berat badan ideal.

Banyak hal yang menyebabkan berat badan seseorang berlebih daripada berat badan yang seharusnya. Faktor genetik, pola makan yang salah serta kebiasan hidup yang tidak sehat merupakan beberapa faktor penyebab berat badan yang tidak ideal. Demi mendapatkan hasil yang instan, banyak orang melakukan berbagai cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu. Hal ini sangat tidak dianjurkan karena tidak sehat dan beresiko bagi kesehatan tubuh.

Untuk mendapatkan berat badan ideal secara sehat dan alami, Anda perlu mengganti kebiasan buruk Anda secara teratur. Hal tersebut dapat dimulai dari jadwal olahraga yang teratur, menu makanan yang sehat dan berbagai cara sehat lainnya. Cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu secara alami adalah hal yang mungkin terjadi jika Anda mengikut beberapa tips sehat dan penting di bawah ini.

Cara Menurunkan Berat Badan yang Sehat

Bagi Anda yang memiliki berat badan yang berlebihan, saatnya untuk melakukan diet sehat agar berat badan kembali ideal dan kesehatan tubuh terjaga.  Cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu merupakan cara diet yang tidak dianjurkan. Maka pastikan Anda mengikuti beberapa cara diet alami dan sehat untuk membantu menurunkan berat badan seperti yang tertera pada paragraf di bawah ini.

  1. Olahraga teratur

Cara kurus dalam 1 minggu tanpa olahraga merupakan hal yang mustahil untuk dilakukan karena olahraga merupakan salah satu hal yang penting dalam program diet Anda. Jenis olahraga yang dilakukan pun tidak harus olahraga berat, olahraga bersifat ringan seperti jogging, jalan santai dan senam aerobic. Bahkan saat Anda pergi bekerja, Anda dapat memanfaatkan tangga daripada lift sebagai olahraga ringan harian.

  1. Banyak minum air putih

Minum air putih merupakan hal yang disepelekan banyak orang namun memiliki pengaruh yang besar terhadap tubuh. Daripada menggunakan ramuan tradisional untuk menurunkan berat badan dalam seminggu yang membutuhkan beragam jenis bahan makanan, Anda dapat menggantinya dengan terbiasa meminum air putih sebanyak 8 gelas per hari sehingga  tubuh akan cepat merasa kenyang dan lebih sehat.

  1. Konsumsi makanan pembakar lemak

Diet untuk turun berat badan 20 kg dengan jeruk nipis akan menyebabkan kandungan asam yang berlebihan dalam tubuh Anda. Untuk mendapatkan asupan yang lebih sehat, beralihlah ke berbagai jenis makanan pembakar lemak yang dapat Anda peroleh dengan mudah, seperti yogurt, telur, buah berry, teh hijau dan lain sebagainya. Dengan begitu, lebih banyak lemak yang akan terbakar dan berat badan menjadi berkurang.

  1. Makanan kaya serat

Selain mengkonsumsi makanan pembakar lemak, ramuan turun berat badan 20 kg yang sehat dan alami yakni dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat. Kentang, pisang, brokoli, bayam dan jenis sayuran hijau lainnya terbukti mengandung serat yang tinggi dan dapat membantu menurunkan berat badan secara cepat. Cara menurunkan berat badan 20 kg seminggu ini bersifat alami sehingga aman bagi tubuh.

  1. Konsumsi makanan karbohidrat kompleks

Dalam menjalankan aktivitas dibutuhkan energi yang didapat dari karbohidrat. Namun, ketika menjalankan diet, jenis karbohidrat yang dikonsumsi akan sedikit berbeda. Karbohidrat kompleks merupakan salah  cara menurunkan berat badan alami dalam 1 minggu. Jadi, ganti sumber karbohidrat Anda dengan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti gandum, beras merah, sereal, dan sebagainya.

  1. Olah makanan dengan cara khusus

Terdapat beragam ramuan tradisional untuk menurunkan berat badan dan mengecilkan perut yang ampuh. Namun, dalam mengolah ramuan makanan tersebut, pastikan Anda melakukan hal yang benar karena cara mengolah makanan juga memperngaruhi kandungan gizi makanan pada tubuh. Akan jauh lebih baik jika makanan tersebut dikukus atau direbus karena lemak serta kalori yang terkandung jauh lebih rendah.

  1. Camilan kacang-kacangan

Kacang merupakan jenis makanan yang mengandung protein tinggi yang baik untuk tubuh, khususnya ketika diet. Salah satu jenis kacang yang merupakan cara menurunkan berat badan 20 kg dalam sebulan adalah kacang pistachio. Harganya memang lebih mahal dengan jenis kacang lainnya, namun khasiatnya sangat bagus dan efektif untuk menurunkan berat bedan menjadi ideal.

  1. Mengurangi makanan siap saji
Loading...

Karena jadwal yang sibuk, banyak orang lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan siap saji yang lebih praktis dan mudah diperoleh. Namun jika Anda sedang menjalankan program diet, cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu yakni dengan menghindari beragam jenis makanan siap saji ini karena kandungan lemak dan kalori yang tinggi sehingga tidak sesuai dengan kebutuhan diet yang sedang Anda jalani.

  1. Atur pola makan malam
Cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu

Cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu | Tipsdietsmart.com

Malam hari merupakan saat istirahat dimana tidak terlalu banyak aktivitas yang dilakukan sehingga lemak pun tidak banyak dibakar oleh tubuh. Salah satu cara menurunkan berat badan dengan cepat secara alami yakni dengan mengatur pola makan malam. Awali dengan mengurangi makanan berlemak pada malam hari. Sebagai gantinya, Anda dapat mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak serat.

Baca juga:

Cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu merupakan diet berat yang dapat berisiko bagi kesehatan tubuh. Sebagai gantinya, Anda dapat membiasakan diri dengan melakukan beberapa tips diet sehat yang telah dijelaskan pada paragraf di atas. Pastikan makanan yang Anda konsumsi mengandung lemak dan kalori yang rendah. Selain itu, hindari makanan yang berkalori dan perbanyak olahraga serta minum air putih secara teratur untuk hasil diet yang maksimal serta tubuh yang sehat.

Artikel Terkait :

Ketekunan tidak akan membohongi hasil. Memiliki hobi menulis dan masih belajar menulis untuk beberapa blog disamping kesibukan offline. Bidang berkaitan dengan kesehatan, sedikit dikuasai karena basic pendidikan formal yakni Biologi dimana di dalamnya termasuk Gizi dan Pangan.