Loading...

Bahaya & Efek Samping Diet DEBM Bagi Kesehatan

Efek Samping Diet Debm –  Akhir-akhir ini sangat banyak bermunculan cara diet bagi Anda yang masih bingung dengan cara diet. Terkadang ada yang salah mengartikan dengan kata diet ini. Salah satunya ialah metode diet Debm. Metode diet ini sedang banyak dilakukan oleh kebanyakan orang. Diet Debm ini berarti sebuah metode diet yang memberikan efek bahagia serta menyenangkan. Debm merupakan kependekan dari Diet Enak Bahagia dan Menyenangkan.

bahaya efek samping diet debm

Diet ini dianggap menyenangkan karena pelaku dietnya diharuskan mengkonsumsi lemak dalam jumlah yang banyak. Bayangkan saja lemak ini banyak terkandung pada berbagai macam daging. Kebanyakan masyarakat menyukai daging, baik daging sapi, kambing maupun daging ayam. Ada yang berasal dari bagian dagingnya, iga, buntut, dsb.

Namun meskipun merupakan salah satu jenis metode diet yang menyenangkan, ternyata diet Debm menurut dokter mempunyai efek samping. Efek-efek ini diakibatkan oleh kurangnya asupan karbohidrat. Pada metode ini konsumsi karbohidrat di tekan dan terdapat peningkatan konsumsi lemak.

Berikut ini beberapa efek samping dari diet Debm diantaranya :

Membuat Tubuh Dehidrasi

Walaupun diet ini mengharuskan Anda untuk mengonsumsi makanan berlemak, ternyata diet satu ini akan memberikan batasan kepada Anda untuk mengurangi konsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi. Salah satu efek negatif diet Debm ialah menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya asupan karbohidrat dalam tubuh. Makanan yang mengandung karbohidrat pasti mengandung air juga. Sehingga bila dikurangi konsumsinya maka kandungan airnya juga akan berkurang dalam tubuh Anda.

Kepala Akan Terasa Sakit

Diet Debm ini akan membuat Anda kekurangan karbohidrat. Ternyata diet Debm berbahaya untuk tubuh Anda. Kepala Anda akan terasa sakit  karena tubuh tidak mendapatkan energi yang cukup untuk dikonsumsi. Energi yang besar terdapat pada karbohidrat. Sudah tidak asing lagi kandungan karbohidrat ada pada makanan pokok seperti beras, gandum, jagung dan lain lain. Walaupun dapat menjadi pengganti gula, akan tetapi hal ini perlu Anda waspadai.

Menjadikan Tidur Menjadi Terganggu

Orang yang baru mengenal diet ini mungkin akan bertanya apakah diet Debm aman atau tidak. Ternyata diet Debm bisa membuat tidur Anda menjadi terganggu. Apabila Anda menerapkan diet satu ini dalam jangka waktu yang lama, maka bisa menimbulkan gangguan pada kualitas tidur Anda. Pada ahirnya akan berdampak buruk pada tubuh Anda. Kekurangan tidur pada seseorang tidak akan cukup tergantikan dengan tidur satu hari. Efek yang ditimbulkan yaitu lemas, pusing, berkurangnya konsentrasi, dsb.

Berpotensi Membuat Berat Badan Kembali Naik

Diet Debm adalah salah satu metode diet yang sangat cepat menurunkan berat badan. Karena artinya pada metode ini Anda akan mengurangi bahkan menghilangkan konsumsi karbohidrat. Namun apabila Anda menghentikan metode diet Debm ini maka Anda akan mengalami kenaikan berat badan kembali dalam jangka waktu yang cepat. Itu artinya diet ini menyebabkan ketergantungan. Jadi diet ini harus dilakukan secara konsisten agar dapat menjaga berat badan Anda.

Membuat Kolestrol Meningkat

Bila Anda memiliki riwayat penyakit kolestrol, maka sebaiknya Anda menghindari metode diet satu ini. Diet ini bisa membuat kadar kolestrol Anda meningkat dengan cepat. Seperti Anda ketahui bahwa lemak merupakan kandungan gizi yang dapat membuat kolesterol meningkat. Bila kolesterol meningkat maka keluhan-keluhan yang biasa muncul pada penderita kolesterol akan kambuh. Hal ini tentu tidak membuat nyaman.

Diet yang dilakukan seharusnya tidak menimbulkan efek samping apa pun. Apalagi efek yang ditimbulkannya adalah efek negatif. Bila sudah terjadi maka tujuan awal untuk mengurangi berat badan malah berubah menjadi masalah kesehatan lain.

Sebelum melakukan diet ini sebaiknya banyak bertanya amankah diet Debm bagi kesehatan?.  Ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk memulai metode diet Debm. Diet Debm ini merupakan metode diet tanpa menggunakan obat, tanpa menahan rasa lapar serta tidak perlu berolahraga. Diet ini juga tanpa perlu makan buah, makan sayur. Saat makan pagi hanya menggunakan telur, ikan, ayam atau keju dan alpukat. Makanan tersebut bisa hanya dengan di goreng dengan sedikit minyak.

Kemudian makan siang, bisa dengan menggunakan buncis atau wortel. Anda bisa melakukan semuanya dengan cara bertahap. Jangan lupa minum air putih sebanyak 3 gelas pada jam 9 dan jam 3. Meminum air putih ini bisa dilakukan kapan saja, namun saat jam 9 dan jam 3 wajib untuk meminumnya. Jika ingin meminum minuman lain seperti kopi, teh, dsb, maka Anda jangan menggunakan gula atau krimer.

Terkadang efek negatif diet Debm mudah sekali di dapat akibat kurang meperhatikan waktu dan prosedur untuk melakukan diet ini. Bisa jadi Anda hanya fokus pada hasilnya yang cepat tanpa memperhatikan efek sampingnya.

Baca Juga :

Intinya jika metode diet ini dilakukan dengan baik sesuai prosedur yang ada maka akan berdampak baik juga untuk kesehatan. Namun Anda perlu memperhatikan pula bahaya diet Debm seperti uraian di atas. Sebelum melakukan metode diet ini ada baiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan ahlinya terutama ahli gizi atau kepada orang yang sudah pernah melakukan diet metode ini. Jangan sampai Anda salah kaprah dalam melakukan metode diet seperti ini. Prosedurnya memang benar-benar harus dilaksanakan dengan baik. Perhatikan pula efek samping yang akan di dapat apabila melakukan diet metode ini.

Diet memang baik untuk bentuk tubuh namun kesehatan tentunya lebih penting. Sebelum menerapkan suatu pola diet maka pelajari dengan teliti agar diet Anda dapat berjalan dengan baik.

Loading...
11 Shares