Tips Sehat Mengatasi Rambut Rontok Dengan Mudah

Kali ini kami akan berbagi mengenai tips sehat mengatasi tambut rontok dengan mudah. Memiliki rambut rontok buat sebagian orang memang tidak terlalu peduli. Tetapi jika terus –terusan rontok dan rambut mulai tipis maka sebagian dari kita akan mengeluh atau bahkan takut dan tidak percaya diri jika kepala kita menjadi botak.

Mengatasi rambut rontok

Memang sudah banyak di jual dipasaran berbagai obat untuk menurunkan kerontokan rambut. Bahkan ada transplantasi rambut juga, seperti Wayne Rooney pemain sepak bola Manchester United.

Sebelum Anda tahu tips mengatasi rambut rontok, alangkah bagusnya jika Anda tahu apa penyebab sebenarnya rambut rontok.

Dengan mengetahui penyebab rambut rontok, maka diharapkan dapat mencegah atau mengurangi kerontokan rambut Anda sampai 100%. Buat beberapa orang, rambut rontok membuat ketakutan dan kekhawatiran.

Nah sebenarnya apa sih penyebab dari rambut rontok?

Hal pertama adalah kebiasaan dalam merawat rambut kita yang tidak baik, kemudian karena tubuh kita yang sedang tidak sehat. Hal lain yang menyebabkan kerontokan pada rambut adalah adanya faktor keturunan.

Kebiasaan dalam merawat rambut yang tidak baik antara lain adalah menggunakan sisir yag memiliki gerigi yang rapat, terlalu sering dalam memanaskan rambut dengan hair dryer, hot curling ataupun flat iron. Kemudian sering mengikat rambut dengan erat, dimana hal ini juga berpengaruh terhadap kerontokan. Terlalu sering mencuci rambut dalam keseharian anda juga dapat menyebabkan kerontokan. Misalnya dalam sehari Anda mandi dua kali dengan keramas juga dua kali juga dan dilakukan terus menerus maka akan menyebabkan rambut kekurangan kadar minyak sehingga menyebabkan rambut Anda menjadi kering dan mudah sekali patah.

Info Terkait :   Kebiasaan Buruk Penyebab Penuaan Dini Pada Kulit Wajah Wanita

Penyebab rambut rontok jika kita tidak sehat misalnya :

1. Mengidap anemia

Kerontokan rambut karena penyakit anemia terjadi karena kekurangan zat besi pada sel darah merahnya. Zat besi ini penting untuk kesehatan folikel rambut. Tips mengatasinya adalah dengan memadukan suplemen zat besi dengan vitamin C. Vitamin C memudah kan dalam penyerapan zat besi secara efektif.

2. Obat – obatan tertentu

Obat – obatan tertentu dapat menyebabkan kerontokan rambut, seperti pil Rx (yang sudah pasti memiliki efek rambut rontok), anti depresan serta diuretik. Untuk itu sebaiknya konsultasikan dengan dokter yang menangani dan tanyalah apakah dosis obat dapat diturunkan atau tidak.

3. Hypo atau hyperthyroidism

Ketidakseimbangan pada hormon dapat menaikkan tingkat zat kimia yang bernama DHT yang dapat menyerang folikel rambut. Anda dapat berkonsultasi untuk mengatasi masalah hormon ini dengan dokter.

4. Kurangnya kalori pada tubuh

Bagi wanita yang sedang melakukan diet untuk menurunkan barat badan, maka terkadang menggunakan cara-cara yang salah. Misalnya tidak seimbangnya kalori dalam tubuh sehingga menyebabkan tubuh kekurangan kalori, hal ini dapat memicu kerontokan pada rambut. Perbanyaklah makanan yang banyak mengandung protein bagi tubuh, karena ini sangat penting untuk pertumbuhan rambut.

5. Tingkat Stres

Saat kita sedang mengalami stres maka rambut akan mudah terserang oleh sel darah putih sehingga kerontokan rambut akan terjadi beberapa minggu berikutnya. Nah bagaimana solusinya ya tentu menghindari stres itu sendiri. Hal ini tentu Anda sendiri yang dapat mengatasi. Saran kami semakin dekatlah terhadap keluarga, kemudian ceritakan lah jika Anda sedang memiliki masalah sehingga ada jalan keluar dan terhindar dari stress.

Info Terkait :   Tips Sehat Menghilangkan Jerawat Dengan Mudah

Jika penyebab rambut anda karena keturunan maka bersabarlah, tak perlu menyalahkan Tuhan Yang Maha Kuasa. Ada beberapa tips sehat untuk mengatasi rambut rontok karena faktor keturunan:

1. Saat Anda keramas, Pakailah konditioner saat anda keramas. Jangan gunakan terlalu banyak nanti kepala anda bisa gatal – gatal :D.

2. Saat memakai kondisioner, sisirlah rambut dengan pelan dengan sisir bergigi jarang. Hal ini akan membuat rambut tidak kusut saat dibilas.

3. Pilih sampo yang memiliki kemampuan untuk membuat kulit kepala menjadi nyaman
4. Jangan berani – berani memakai air panas untuk keramas. Gunakanlah air dingin saja agar kulit kepala tidak panas.

5. Jika sudah, rambut di angin – anginkan saja jangan memakai hair dryer atau jangan dikeringkan dengan handuk agar rambut tidak kusut.

6. Gunakan penyubur rambut seperti hair tonic atau serum agar rambut Anda subur. Hair tonic yang mengandung ginseng sangat bagus guna merangsang pertumbuhan rambut baru.

7. Biarkanlah rambut Anda tergerai dan jangan diikat pakai karet atau penjepit

8. Hindari minuman yang mengandung kafein tinggi seperti kopi

Nah itulah beberapa tips cara mengatasi rambut rontok dengan mudah, semoga bermanfaat, salam smart.

Related For Tips Sehat Mengatasi Rambut Rontok Dengan Mudah