Tips Sehat : Hindari Stroke Dengan Rajin Konsumsi 6 Makanan Ini

Tips sehat kali ini akan mengulas tentang bagaimana menghindari penyakit stroke dengan rajin mengkonsumsi makanan yang sehat. Perlu kita ketahui bahwa stroke saat ini menjadi penyebab kematian yang besar di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah mengkonsumsi makanan yang memicu timbulnya penyakit stroke. Makanan yang memiliki kolestrol tinggi serta lemak tinggi dapat menjadi pemicu untuk meningkatkan tekanan darah sehingga dapat memicu timbulnya stroke.

Risiko Stroke

Untuk menghindari stroke, maka kita harus pandai dalam mengatur pola makan dan memilih menu makan yang sehat serta tidak lupa olah raga teratur dan hindari stress.

Nah agar kita terhindar dari penyakit stroke ada beberapa tips sehat menghindari stroke dengan rajin mengkonsumsi 6 makanan ini. Apa saja makan tersebut?

1. Cokelat
Tips sehat yang pertama adalah rajin – rajinlah mengkonsumsi buah yang satu ini. Penelitian menunjukkan jika dua batang cokelat yang di konsumsi dalam sehari dapat menurunkan risiko stroke serta penyakit jantung. Para peneliti University of Aberdeen mengamati kebiasaan makan dari 21.000 orang selama 12 tahun. Dan ajaibnya peneliti menemukan jika mereka yang mengkonsumsi sampai 100 gr cokelat setiap harinya dapat menurunkan risiko stroke sejumlah 23 persen.

Hal ini membuktikan bahwa asupan cokelat lebih tinggi dengan rendahnya risiko kejadian kardiovaskular di masa yang akan datang. Hal tersebut tak lain dikarenakan cokelat mengandung flavonoid.

2. Pisang
Pada wanita setelah masa menopouse, mengkonsumsi pisang dapat menurunkan risiko stroke sebesar 12 persen. Penelitian ini telah dipublikasikan American Heart Association’s Journal ‘Stroke’. Lebih lanjut menyebutkan, wanita yang mengkonsumsi makanan dengan kandungan kalium 16 persen lebih kecil kemungkinan akan terkena stroke lebih kecil daripda wanita yang tidak mengkonsumsi makanan tersebut.

Menurut Peneliti senior Sylvia Wassertheil Smoller dalam penelitiannya mengungkapkan bahwa mengkonsumsi makanan yang mengandung potasium dapat menurunkan tekanan darah. Tetapi untuk unsur lain, seperti kalium masih belum bisa di dipastikan dalam menurunkan risiko stroke.

Jelas sudah bahwa wanita sangat perlu untuk menkonsumsi buah – buahan serta sayur – sayuran yang banyak mengandung potasium dan kalium sehingga dapat menurunkan risiko terkena serangan stroke.

3. Tomat
Dalam sebuah penelitian di tahun 2012 mengungkapkan bahwa mengkonsumsi tomat dapat membantu untuk mengurangi risiko stroke. Peneliti dari Finlandia mengungkapkan bahwa mengkonsumsi tomat akan menurunkan tingkat risiko terkena stroke. Hal ini karena adanya peran Lycopene yakni zat kimia yang memberikan warna merah pada tomat.

Tentu ini akan menambah bukti jika mengkonsumsi sayur – sayuran dan buah buahan akan menurunkan risiko terkena serangan stroke. Lima porsi buah serta sayuran dalam sehari terbukti baik untuk menurunkan risiko terkena stroke.

4. Apel
Masih menurut peneliti dari Finlandia, mengungkapkan bahwa orang yang sering mengkonsumsi apel dalam sehari secara terus menerus akan memiliki tingkat risiko terkena stroke lebih rendah daripada orang yang tidak mengkonsumsi apel dalan kesehariannya. Fitonutrien dalam apel akan berperan sebagai antioksidan terhadap kolestrol yang merusak aliran darah.

5. Susu rendah lemak
Mengkonsumsi susu rendah lemak juga akan menurunkan tingkat risiko terkena stroke. Di negara Jepang, 3000 orang mengkonsumsi 2 gelas susu rendah lemak dalam kesehariannya, dan mereka mengklaim bahwa resiko terkena stroke akan lebih kecil daripada orang yang tidak mengkonsumsi susu rendah lemak ini.

6. Salmon
Studi selama 12 tahun dari Harvard Medical School menunjukkan bahwa sebanyak 5000 orang dewasa yang berusia 65 tahun keatas menemukan jika mengkonsumsi ikan berlemak seperti ikan salmon akan menurunkan risiko terkena stroke. Konsumsilah 1 sampai dengan 4 kali dalam seminggu karena ini akan menurunkan tingkat risiko terkena stroke sebesar 27 persen.

Sumber : food.detik

tags: