Tips Sehat Bagi Pederita Diabetes Militus Dengan Sarang Walet

loading...

 

Kami akan berbagi informasi tentang Tips Sehat Bagi Pederita Diabetes Militus Dengan Sarang Walet dalam menyembuhkan luka dengan cepat. Bagi sesorang yang menderita diabetes militus (DM) sering merasakan gangguan rongga mulut terutama kerusakan gusi dan luka pada rongga mulut.Tingginya kadar gula pada seseorang memicu faktor infeksi luka pada gusi serta menurunnya sistem kekebalan tubuh. Tak hanya itu, penyembuhan luka pada gusi juga dapat berlangsung lama.

Tips sehat bagi penderita diabetes

Jika gusi terlalu lama dalam keadaan terinfeksi maka akan mengakibatkan gangguan pada tulang penyangga gigi. Gigi akan menjadi kurang kuat untuk mengunyah makanan dan akan rentan patah sehingga dapat menyebabkan ompong.

Beberapa mahasiswa UGM Jogja melakukan penelitian untuk memecahkan solusi penyembuhan luka pada rongga mulut penderita DM. Mereka bereksperimen menggunakan sarang walet untuk penyembuhan luka rongga mulut. Yang digunakan untuk penyembuhan disini adalah air liur dari burung walet yang telah mengeras. Ini merupakan solusi untuk penyembuhan luka serta berpotensi memiliki khasiat – khasiat lainnya.

loading...

Sarang walet mengandung senyawa asam sialat, glikoprotein serta epidermal growth Factor (EGF). Gel sarang walet diperoleh dengan cara mengeluarkan sarang walet dengan air ditambah zat pengental. Selain itu mahasisUGM ini juga melakukan sterilisasi dengan UV.

Mereka juga melakukan percobaan dengan tikus sebgai hewan uji coba. Tikus – tikus tersebut diinduksi zat Streptozotocin (STZ). Zat tersebut mampu meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh tikus. Normalnya yakni 110 mg/dL setelah diberi STZ maka menjadi 300-500 mg/dL. Peningkatan kadar gula pada tikus ini mengindikasikan tikus telah mengalami penyakit diabetes militus.

Info Terkait :   Hindari Risiko Penyakit Jantung Dengan Mengkonsumsi Makan Ini!

Kemudian tikus – tikus yang telah terkena DM tersebut diberi gel sarang walet. Dan dari hasil pengamatan menunjukkan jika pemakain sarang walet akan menyembuhkan luka dengan cepat dan sempurna.

Dengan penelitian ini, maka penyembuhan luka rongga mulut penderita diabetes militus dengan sarang walet menjadi sangat penting bagi pasien DM. Sarang walet menjadi potensi besar dalam referensi pengobatan khususnya untuk dokter gigi yang memiliki pasien diabetes militus.

loading...

Related For Tips Sehat Bagi Pederita Diabetes Militus Dengan Sarang Walet