Menu

Tips sehat Atasi Serangan Jantung Koroner Dengan Tomat!

loading...

Atasi jantung koroner dengan tomat

Dari data statistik American Heart Association, penyakit jantung koroner menduduki peringkat pertama penyebab kematian di Amerika. Di Indonesia, jantung koroner juga masuk dalam kelompok utama penyebab kematian. Seberapa besar pengaruh tomat dalam mengatasi penyakit jantung koroner? Sebelum mengetahui khasiat tomat terhadap penyakit jantung koroner kita lihat dulu gejala – gejala penyakit jantung.

Gejala – gejala penyakit jantung antara lain seperti merasakan tekanan darah yang tidak teratur, rasa sakit yang menyebar di daerah pundak, leher, tangan, rasa tidak nyaman didaerah dada disertai rasa pusing yang ringan, berkeringat, pucat dan nafas yang pendek.

Kolestrol jahat atau yang disebut Low Density Lipopretein (LDL) atau sering banyak orang menyebut kolestrol jahat mempunyai sifat yang kurang baik bagi tubuh, yakni mengental pada darah. Hal ini dapat menghambat aliran darah ke jantung. Tidak lancarnya aliran darah ke jantung dapat menyebabakan terjadinya serangan jantung koroner secara mendadak.

Kurang lebih 75% dari semua kasus serangan jantung adalah jantung koroner. Serangan jantung koroner ini banyak terjadi pada mereka yang merokok, meminum minuman yang beralkohol, penderita tekanan darah tinggi serta kolestrol tinggi, obesitas, diabetes, kurang olah raga dan bahkan keturunan.

Bagaimanan mencegah nya? Hal pertama yang dilakukan adalah menerapkan keseimbangan pola makan sehat, istirahat yang cukup dan olah raga teratur.

Info Terkait :   Manfaat Fosfor Bagi Tubuh Manusia
loading...

Pola makan sehat yakni menerapkan menu yang tercukupi untuk vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu menghindari makan – makanan yang banyak mengandung lemak dan memperbanyak makan buah dan sayuran.

Banyak ahli gizi yang merekomendasikan tomat untuk menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner. Kandungan lycopene sangat diperlukan oleh tubuh untuk mengurangi resiko serangan dari jantung koroner. Tomat merupakan sumber lycopene utama, jadi bagi Anda yang menginginkan jantung Anda terbebas dari serangan jantung koroner, perbanyaklah makan tomat.

Anda dapat langsung mengkonsumsi tomat atau Anda dapat menggunakan produk olahannya seperti, jus tomat, pasta atau pun saus tomat asli.

Dari riset di University of Toronto mendapatkan dengan penerapan pola makan yang banyak mengandung lycopene terjadi penurunan kolestrol LDL selama seminggu. Lycopene pada tomat yang sudah diproses akan diserap oleh tubuh 2,5 kali lebih efisien dibandingkan buah tomat asli yang belum diolah. Jadi Anda dapat langsung mengolah tomat menjadi jus atau Anda membeli olahan tomat yang aman dikonsumsi.

Penelitian lain dari Dr. Michael Aviram yang meneliti sekelompok orang sehat yang diberikan 60 mg lycopene selama 3 bulan menghasilkan pengurangan kepadatan plasma kolestrol LDL didalam darah. Konsumsi lycopnene ini dilakukan selama 3 bulan.

Nah dengan khasiat tomat dalam mencegah terjadinya serangan jantung koroner, maka kita harus perbanyak nih dalam mengkonsumsi tomat. Disamping harganya murah ternyata tomat memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Kandungan vitamin C juga tinggi, sehingga dengan mengkonsumsi tomat secara berkala akan membuat tubuh kita terhindar dari resiko penyakit mematikan seperti jantung koroner.

Info Terkait :   Inilah Alasan Tidak Boleh Tidur Setelah Sahur

Terima kasih telah membaca tips sehat tentang atasi jantung koroner dengan tomat, semoga bermanfaat dalam menjaga kesehatan Anda, salam smart.

loading...

Related For Tips sehat Atasi Serangan Jantung Koroner Dengan Tomat!