Tips Agar Mata Tidak Cepat Lelah Saat Menggunakan Laptop Atau Gadget

loading...

Mengunakan laptop dan gadget dalam jangka waktu yang lama dapat membuat mata menjadi lelah, kabur dan tidak nyaman. Aktifitas di depan laptop atau gadget memang tidak bisa dihindari mengingat berbagai alasan. Informasi yang cepat serta segala pekerjaan dapat lebih mudah diselesaikan dengan bantuan perangkat laptop ataupun gadget.

Tips Agar Mata Tidak Cepat Lelah Saat Di Menggunakan Laptop Atau Gadget

Namun mata dapat cepat lelah jika berjam – jam kita menatap layar monitor atau smartphone. Masalah pada mata pun menjadi timbul dan cukup mengganggu para pemakai gadget.

Gangguan yang timbul diantaranya adalah mata lelah, mata menjadi kering serta syndrome yang dinamakan CVS.

Nah bagaimana agar menjaga mata tidak cepat lelah saat berada di depan laptop atau gadget?

loading...
  1. Buatlah selingan sehingga Anda tidak harus berada di depan layar laptop. Carilah sesuatu pekerjaan atau aktivitas ringan lainnya.
  2. Cobalah setiap 30 menit Anda melihat disekitar tempat duduk atau rungan Anda, jangan terlalu fokus ke layar laptop agar mata tidak cepat lelah. Hal ini sangat membantu menghilangkan rasa lelah di mata serta mengurangi mata kering.
  3. Berilah jeda untuk mata dengan melihat benda yang jauh dari tempat duduk Anda. Renggangkanlah otot bahu dan leher. Gerakan perenggangan bahu dan leher ini dapat mencegah sindron CVS.
  4. Batasi penggunaan laptop dan gadget 2 jam sehari untuk menjaga agar mata tetap sehat.
  5. Perhatikan jarak antara mata dan layar monitor, sebaiknya jaraknya antara 30 s/d 40 cm.
  6. Gunakan pencahayaan low atau rendah pada layar gadget dan laptop. Jika terlalu terang dapat mengakibatkan mata menjadi cepat lelah dan berair.
  7. Pencahayaan ruangan juga perlu diperhatikan agar saat menatap layar monitor kita tidak terlalu silau. Jika layar sudah diatur redup dan pencahayaan sudah membuat mata nyaman, maka hal tersebut akan lebih baik untuk mata.
  8. Lakukan kedip mata anda agar bola mata tidak cepat lelah serta kering. Terkadang kita lupa karena terlalu berkonsenstrasi di depan gadget kita.
  9. Lakukan gerakan bola mata agar mata lebih terasa nyaman dan tidak lelah. Disamping itu hal ini sebagai terapi agar otot – otot mata lebih lentur sehingga mata akan lebih nyaman
  10. Tinggalkan kebiasaan menggunakan gadget dalam jangka waktu yang lama sambil tiduran. Selain itu jangan menggunakan gadget atau perangkat lain di tempat yang gelap.
  11. Selalu konsumsi sayuran agar kesehatan mata tetap terjaga. Buatlah jus sayur atau wortel dimana wortel dan sayur – sayuran sangat ampuh di dalam menyehatkan mata kita.
Info Terkait :   Cara Mengobati Biduran Secara Alami

Nah itulah tips agar mata tidak cepat lelah saat berada di depan laptop dan gadget. Akan lebih baik jika kita mencegah daripada terlanjur mata kita terkena penyakit mata akibat penggunaan gadget atau laptop tanpa memperhatikan kesehatan mata kita. Semoga artikel ini bermanfaat.

loading...

Related For Tips Agar Mata Tidak Cepat Lelah Saat Menggunakan Laptop Atau Gadget