Stop, Jangan Berenang Setelah Makan!

Berenang setelah makan

Berenang merupakan aktivitas yang melibatkan semua anggota gerak tubuh. Disamping menyehatkan, berenang dapat membuat badan orang terasa segar dan lebih rileks. Meskipun baik bagi kesehatan tubuh, aktivitas berenang dengan kondisi perut kenyang atau penuh dapat membahayakan tubuh.

Dahulu kita pernah mendengar nasehat dari orang tua kita agar tidak berenang saat perut kita kenyang. Dalam kondisi perut kenyang, saat kita berenang akan beresiko untuk terjadi kram tentunya ini sangat membahayakan kita, dapat saja kita tenggelam karenanya.

Kondisi perut yang penuh dengan makanan akan membuat aliran darah ke organ pencernaan kita menjadi meningkat. Hal ini akan menyebabkan otot – otot kita akan kekurangan dan hal inilah yang menjadi penyebab dari kram. Kram yang terjadi pada otot memang terjadi karena penumpukan asam laktat, sehingga otot kita akan kejang atau kram, jika kita gerakkan atau kita coba lakukan kontraksi maka akan terasa sakit luar biasa.

Dalam beberapa penelitian dari sumber yang terpercaya menyebutkan jika berenang dalam kondisi perut kenyang dapat membahayakan tubuh, walaupun ada bantahan dari beberapa ahli tetapi kita tetap harus waspada pada resiko ini.

Penelitian lain yang menguatkan akan bahaya berenang saat perut kenyang adalah dari para peneliti di Tokyo Women’s Medical University yang menyebutkan bahwa 536 otopsi di tahun 2000 dan 2007 dikelompokkan menjadi dua kategori, mereka yang lambungnya memiliki banyak makanan dan tidak banyak makanan.

Info Terkait :   Tips sehat Atasi Serangan Jantung Koroner Dengan Tomat!

Dan hasilnya, hampir 79 persen yang meninggal karena tenggelam dan 34 jenazah menunjukkan bahwa mereka baru saja makan, terlihat lambungnya padat penuh dengan makanan. Bahkan kejadian tenggelam secara masal hampir 80 persen diketahui lambungnya penuh makanan.

Hasil dari penelitian tersebut juga menyebutkan jika perut yang penuh dengan makanan dan melakukan aktivitas berenang akan menyebabkan kepala terasa pusing, sesak nafas sehingga seseorang dapat saja kehilangan kesadarannya.

Nah untuk itu kita harus berhati – hati, tundalah makan sebelum melakukan aktivitas berenang. Biasanya orang akan merasa lapar setelah melakukan aktivitas berenang, karena berenang yang benar sangat membutuhkan tenaga, jadi makalah setelah kita melakukan aktivitas berenang!

Related For Stop, Jangan Berenang Setelah Makan!