Diet Atkins VS Ketogenik, Pilih Mana?

loading...

Diet Atkins dan ketogenik menjadi metode diet yang banyak dicari di internet. Kedua metode diet ini sama – sama memberikan asupan bahan makanan yang banyak mengandung protein. Lalu pilih mana, diet Atkins ataukah ketogenik? Mana yang lebih baik? Simak terus ulasannya!

diet atkins vs keto

Menu diet Atkins

Review diet ketogenik

Diet ketogenik memiliki dasar dalam asupan makanan berupa lemak yang cukup banyak, sedangkan asupan protein sedang serta asupan karbohidrat rendah. 75% asupan kalori harian dipenuhi dari lemak, 5 – 10% dari asupan karbohidrat dan sisanya adalah asupan protein.

Diet ketogenik akan membatasi asupan karbohidrat yakni 50 gram saja atau bahkan kurang! Dengan batasan asupan ini maka tubuh akan dipaksa untuk membakar lemak yang ada untuk dipakai sebagai energi. Proses ini dinamakan ketosis.

Pola makan diet ketogenik akan membatasi asupan makanan yang berkarbohidrat namun tinggi lemak dan juga tinggi protein sampai bobot tubuh menjadi ideal. Namun kelemahannya, diet ketogenik ini tidak menjelaskan lebih lanjut bagaimana untuk menjaga berat badan ideal agar stabil setelah target tersebut tercapai.

Membatasi konsumsi makanan berkarbohidrat dapat membuat seseorang kekurangan beberapa jenis makanan berupa nutrisi yang ada pada jenis makanan tertentu seperti kacang – kacangan, nutrisi pada kentang, sayur serta buah.

Menurut ahli gizi Edwina Clark, penurunan berat badan yang cepat  saat awal mejalankan program diet ketogenik membuat seseorang termotivasi di dalam menjalankannya, namun sebenarnya kadar lemak yang ada pada tubuh tidak berkurang.

Masih menurut Clark, karbohidrat disimpan dalam air sehingga saat mengurangi asupan makanan dengan kandungan karbohidrat, badan akan kehilangan berat air. Sumber energi utama tubuh adalah karbohidrat, sehingga bila kita membatasi asupan karbohidrat maka tubuh akan terasa lemah, sulit konsentrasi bahkan akan mudah tersinggung.

Meski begitu, diet ketogenik memiliki kelebihan menurut Clark, ia mengungkapkan jika ketogenik  akan membuat Anda kenyang dalam waktu yang lebih lama karena ketosis akan menekan produksi hormon yang menyebabkan rasa lapar.

Namun sekali lagi, dalam jangka panjang, diet ketogenik ini masih dipertanyakan karena salah atu nutrisi dalam makanan diet ketogenik ini kurang untuk nutrisi bagi tubuh.

Selain itu, daftar menu makanan diet ketogenik juga termasuk sedikit sehingga orang cenderung akan bosan dan pada akhirnya berat badan malah bisa naik lebih berat dari pada saat memulai diet keto ini karena tubuh menginginkan asupan karbohidrat.

loading...

diet atkins vs ketogenik

 

Review diet Atkins

Di dalam diet Atkins, terdapat 4 fase, yang pertama adalah fase induksi yakni disarakan untuk mengurangi total karbohidrat  serta hanya mengkonsumsi 20 gram karbohidrat net tanpa asupan serat per harinya. Menu makan diet Atkins mengharuskan untuk menyediakan asupan protein serta tambahan 3 porsi lemak. Pada fase pertama ini berlangsung selama 2 minggu.

Yang  berikutnya adalah fase kedua yakni asupan karbohidrat dinaikkan menjadi 50 gram dan beberapa jenis makanan ditambahkan kedalam menu makanan diet Atkins. Menu makanan akan bertambah terutama konsumsi sayur, buah, biji – bijian serta kacang – kacangan. Pada fase kedua ini, dilakukan sampai target bobot tubuh yang diinginkan kurang 4,5 kg lagi.

Selanjutnya adalah fase ketiga dan keempat dimana pada fase ini seseorang akan belajar bagaimana mempertahankan berat badan setelah bobot tubuh ideal tersebut tercapai. Pada fase ketiga juga sudah diberi tambahan menu berupa sayuran yang mengandung pati, susu dan serelia utuh. Fase ini berakhir setela target dari bobot tubuh tercapai serta akan dipertahankan selama empat minggu.

Fase terakhir yaitu fase di dalam menjaga bobot tubuh serta dapat melanjutkan pola makan seperti pada fase ketiga.

Adanya efek diuretik pada pembatasan asupan karbohidrat akan membuat berat badan cepat turun. Namun penurunan berat badan secara drastis bisa membuat Anda merasa lelah, mood yang tidak stabil serta lesu.

Menurut Clark, seseorang bisa menjalankan diet Atkins ini dalam jangka panjang namun perlu memperhatikan asupan makanan berserat setiap harinya.

Asupan lemak tak jenuh dalam jangka panjang juga akan berpengaruh pada kesehatan tubuh. Namun menurut Clark, Diet Atkins lebih baik daripada diet Ketogenik.

Baca dulu :

 

Kelebihan dari diet Atkins ini menurut Clark adalah pelaku diet melakukan pola diet secara bertahap sehingga berat badan orang tersebut dapat bertahan dalam waktu yang lebih lama.

Sumber : kompas.com

loading...

Related For Diet Atkins VS Ketogenik, Pilih Mana?