Point Penting Diet Paleo, Tidak Dianjurkan Untuk Jangka Panjang?

Diet paleo adalah metode menurunkan  berat badan dengan kebiasaaan pola makan seperti manusia purba yakni mengkonsumsi makanan yang bersifat alami atau kembali ke alam. Oleh karena itu kita tidak diperbolehkan untuk mengkonusmsi makanan cepat saji, junkfood dan makanan olahan lainnya

resep masakan diet paleo

Pola makan kembali ke alam menjadikan cara diet peleo ini diyakini akan membuat kondisi badan semakin sehat serta terhindar dari obesitas. Menurut Loren Cordain, PhD yang merupakan penulis ‘The Paleo Diet’ menerangkan bila pola makan diet paleo dapat menurunkan kadar glikemik indeks di tubuh. Melakukan diet paleo bisa juga menyeimbangkan kadar lemak jenuh serta kadar lemak tak jenuh.

Keuntungan lainnya yaitu dengan mengkonsumsi menu diet paleo maka bisa menambah asupan nutrisi serta vitamin dan juga akan membuat orang terbiasa dalam mengkonsumsi makanan dengan kandungan protein tinggi namun tetap seimbang untuk kadar lemak dan karbohidrat. Dengan menerapkan resep masakan diet paleo sehari – hari maka tubuh akan tetap ideal atau berat badan tidak mudah naik dan juga dapat menjaga kesehatan tubuh dalam waktu yang lama.

Meski menguntungkan dalam menjaga kesehatan dalam jangka waktu yang lama, diet paleo membuat sebagian pelaku diet kebingungan. Pasalnya ada kelompok makanan yang harus dipangkas porsinya seperti susu, makanan berkarbohidrat serta garam.  Hal ini akan membuat mereka kesulitan untuk menerapkan diet paleo dalam jangka waktu yang lama.

Diet paleo juga memiliki kekurangan lainnya yakni kurangnya asupan makanan dan minuman yang mengandung kalsium terutama asupan yang diperoleh dari susu sehingga memiliki potensi terhadap menurunnya kesehatan tulang. Meski begitu, asupan kalsium bisa diperoleh dari beberapa menu makanan seperti bayam dan brokoli meski jumlahnya lebih sedikit dari susu.

Anda bisa mencoba resep masakan diet paleo untuk beberapa waktu agar bisa mengambil manfaat khususnya menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan.

Tips diet Paleo

menu makanan diet paleo

  1. Konsumsi makanan dari bahan – bahan alami

Diet paleo mengharuskan kita untuk mengkonsumsi makanan dari bahan – bahan alami dimana bahan ini diambil langsung dari alam. Misalnya, sayuran yang kita petik langsung dari ladang, atau buah – buahan segar serta daging sapi ataupun ayam potong dan juga ikan yang diambil dari  laut tanpa di awetkan terlebih dahulu.

Dalam diet paleo, tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan dengan pengawet, makanan beku serta makanan kemasan. Selain itu menu masakan diet mayo  tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan yang menggunakan pewarna dan perasa tambahan seperti garam dan gula.

  1. Konsumsi makanan tinggi protein

Hal yang menonjol dari diet paleo adalah makanan yang mengandung protein yang tinggi. Beberapa makanan yang mengandung protein yang tinggi bisa diperoleh dari daging sapi, ayam, ikan serta protein nabati berupa kacang – kacangan. Untuk makanan daging – dagingan, tidak diperbolehkan untuk daging yang diolah seperti cornet atau sosis, smoked beef, nugget serta pepperoni.

  1. Konsumsi sayur dan buah

Dalam diet paleo dianjurkan untuk lebih memperbanyak mengkonsumsi sayur dan buah. Kedua bahan makanan ini kaya serat dan membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga membuat nafsu makanan kita lebih bisa dikontrol. Kandungan vitamin pada buah dan sayuran juga sangat baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit dan bagian tubuh kita lainnya.

  1. Menghindari gula dan karbohidrat

Dalam poin penting lainnya dari diet paleo adalah menghindari makanan yang mengandung gula serta karbohidrat. Beberapa makanan yang perlu dihindari seperti gandum, biji – bijian, garam, gula, kacang kedelai dan kacang lentil. Menurut ahli diet paleo, Robb Wolf mengatakan, kentang bisa di konsumsi saat diet paleo namun hanya dengan porsi kecil saja. Untuk menggantikan gula, bisa mengkonsumsi madu sebagai pemanis alami.

  1. Melakukan olah raga

Kelebihan lain dari diet paleo adalah menyeimbangkan pola menu makanan diet mayo dengan rutin melakukan aktifitas fisik berupa olahraga. Melakukan olahraga secara rutin dapat membantu membakar lemak dan kalori tubuh lebih cepat sehingga membuat berat badan cepat turun. Disarankan untuk melakukan olah raga 3 kali dalam seminggu.

Dengan memperhatikan beberapa tips diet paleo diatas diharapkan dapat menurunkan berat badan secara cepat dan meningkatkan kesehatan tubuh semaksimal mungkin. Meski bagi sebagian orang kesulitan dalam melakukan diet paleo dalam jangka panjang, serta efek samping kurangnya asupan kalisum bagi tubuh, namun untuk melakukan diet paleo dalam jangka waktu yang tidak terlalu lama bisa memberikan dampak poistif bagi kesehatan tubuh.

Related For Point Penting Diet Paleo, Tidak Dianjurkan Untuk Jangka Panjang?