Menu

4 Pola Kebiasaan Buruk Saat Hamil Yang Perlu Di Hindari

loading...

Kebiasaan Buruk Saat Hamil Yang Perlu  Di Hindari – Agar janin tumbuh sehat, sangat penting untuk mengetahui kebiasaan buruk saat hamil agar nantinya ibu hamil dapat melahirkan bayi yang sehat dan normal. Kehamilan adalah anugerah yang sangat di idam-idamkan para wanita yang belum memiliki momongan. Berbagai usaha dan doa mungkin telah dilakukan. Oleh karena itu saat kehamilan datang, haruslah menjaga dan mengetahui  kebiasaan apa saja yang perlu dihindari.

Kebiasaan Buruk Saat Hamil Yang Perlu  Di Hindari

Pola kebiasaan buruk saat hamil yang perlu  di hindari

1. Pola makan yang buruk saat hamil

– Mengkonsumsi minuman berkafein. Hal pertama dari kebiasaan buruk saat hamil yang perlu ditinggalkan adalah mengkonsumsi minuman berkafein dan teh secara berlebihan. Hindari minum teh berlebihan dan minum minuman yang memiliki kafein seperti kopi secara berlebihan. Tentu Anda tidak menginginkan jika bayi nantinya lahir premature dan berat badan kurang bukan?

– Suka mengkonsumsi makanan berpengawet dan MSG tinggi. Hindari makanan yang memiliki pengawet, pemanis buatan serta makanan yang memiliki kandungan MSG yang tinggi. Hal ini tidak baik untuk perkembangan otak si bayi nantinya.

– Konsumsi makanan manis yang berlebihan. Hindari mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan garam dan gula yang tinggi. Apalagi jika para ibu memiliki riwayat keluarga yang terkena diabetes maka ini harus lebih diperhatikan.

Info Terkait :   Hindari Risiko Penyakit Jantung Dengan Mengkonsumsi Makan Ini!

– Mengkonsumsi makanan secara berlebihan. Sering kita dengar anjuran dari orang di sekitar kita untuk makan dalam jumlah banyak karena asupan tidak untuk si ibu saja namun untuk calon bayi. Hal ini tidak sepenuhnya salah, namun jika terlalu berlebihan dan sering tentunya tidak baik juga bagi si ibu hamil. Obesitas bisa terjadi pada ibu hamil jika kebiasaan buruk saat hamil ini tidak dicegah.

– Kurang mengkonsumsi air putih. Air putih sangat diperlukan untuk berbagai proses metabolisme seperti proses sirkulasi dan berperan penting bagi tubuh untuk menghindari dehidrasi, mual, pusing, sembelit dan sangat penting untuk distribusi berbagai nutrisi penting untuk janin. Konsumsilah 8 sampai dengan 10 gelas per hari.

– Mengkonsumsi minuman beralkohol. Mengkonsumsi minuman beralkohol akan membahayakan untuk janin dan kesehatan si ibu hamil. Bagi janin, alkohol dapat menyebabkan cacat, gangguan otak, kerusakan organ seperti paru – paru dan jantung serta dapat menyebabkan cacat fisik pada bayi.

loading...

Baca juga : Manfaat Yogurt Untuk Ibu Hamil dan Janin

2. Penampilan fashion yang tidak tepat saat hamil

– Memakai sepatu dengan hak tinggi. Saat hamil, berat tubuh akan naik, pada bagian punggung dan pinggang akan menjadi lebih terbebani. Jika ditambah dengan menggunakan sepatu hak tinggi maka akan membuat ketegangan pada kaki, otot pinggang dan punggung. Tentu kebiasaan buruk saat hamil ini menyebabkan tubuh cepat lelah. Kebiasaan mengunakan sepatu hak tinggi saat hamil menyebabkan kaki menjadi bengkak. Jika kaki bengkak dan Anda merasakan sakit maka hal – hal yang tidak diinginkan bisa terjadi, misalnya terjatuh atau terpeleset yang tentunya bisa membahayakan janin di dalam perut.

Info Terkait :   Tips sehat Atasi Serangan Jantung Koroner Dengan Tomat!

– Menggunakan pakaian ketat. Mengunakan pakaian ketat saat hamil sangat tidak nyaman. Bisa membuat sesak nafas yang berakibat asupan oksigen berkurang. Selain itu janin bisa juga merasa tertekan dan kesulitan bergerak jika telah mencapai usia 5 bulan. Oleh karena itu disarankan memakai pakaian yang longar sehingga terasa nyaman untuk tubuh si ibu hamil dan janin di dalam perut.

3. Pola hidup sehat yang tidak di perhatikan saat hamil

Pola hidup sehat saat hamil perlu dijaga. Beberapa Kebiasaan buruk saat hamil menyangkut kesehatan diantaranya adalah :

– Mengkonsumsi obat tanpa petunjuk dokter. Saat hamil, seringkali para ibu merasakan berbagai keluhan yang timbul. Seperti gejala perut sakit, kepala pusing dan lain – lain. Kebiasaan buruk yang dilakukan adalah mengkonsumsi obat yang dijual bebas tanpa rekomendasi dokter. Disaat hamil seharusnya lebih berhati – hati dalam mengkonsumsi obat, tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi obat yang dijual bebas di pasaran.

– Melakukan pemerikasaan radioterapi dan X-Ray. Kedua cara pemeriksaan ini tidak dianjurkan bagi ibu hamil. Hal ini bisa menimbulkan cacat fisik pada bayi. Begitu juga dengan kemoterapi yang bisa menyebabkan hal yang tidak diinginkan bagi ibu hamil dan bayi.

Baca juga : Manfaat Ikan Patin Bagi Tubuh Dan Ibu Hamil

4. Pola keseharian yang perlu dihindari saat hamil

Kebiasaan buruk lainnya adalah menggunakan berbagai jenis obat serangga saat mau tidur malam. Kebiasaan menggunakan obat nyamuk atau obat serangga lainnya dapat menyebabkan gangguan bagi ibu hamil dan janin. Anti nyamuk semprot bisa menyebabkan penyakit ginjal. Bagitu juga obat nyamuk oles yang dapat menyebabkan keracunan bagi si janin. Gunakan raket nyamuk untuk mengusir nyamuk, tidak perlu memakai semprot atau oles kulit lainnya.

Info Terkait :   Cara Mengatasi Kesemutan Pada Tangan Dan Kaki

Selain 4 kebiasaan buruk saat hamil muda atau tua tersebut, sebaiknya hindari hal yang menyebabkan kontraksi berlebihan pada perut. Hal ini akan menyebabkan janin menjadi shock. Mengendarai mobil terlalu lama juga dapat menyebabkan kelelahan pada bagian pinggang dan punggung. Batasi aktifitas yang menyebabkan kelelahan pada tubuh terutama pada bagian pinggang dan punggung.

loading...

Related For 4 Pola Kebiasaan Buruk Saat Hamil Yang Perlu Di Hindari