Penyakit Kanker Dapat Diwariskan? Ini Solusinya!

KankerKanker merupakan penyakit yang menakutkan dan ternyata kanker juga merupakan penyakit yang dapat diturunkan. Menurut Ahmad Rusdan Handoyo Utomo, Ph.D, Head Kalbe Genomics Laboratory, wanita hamil yang memiliki penyakit kanker bisa memiliki resiko 70% akan menurunkan penyakit kankernya tersebut kepada si bayi jika bayi tersebut sudah tumbuh dewasa.

Dengan mengetahui hal tersebut maka perlu dapat segera melakukan tindakan pencegahan sedini mungkin terhadap penyakit kanker. Adanya tes kesehatan sebelum menikah merupakan tindakan untuk mencegah penularan penyakit kanker terhadap keturunannya. Tindakan yang dapat di lakukan adalah dengan memberi vaksin.

Menurut Ahmad, dikutip dari Republika, rantai penyakit kanker memang tidak dapat dihilangkan tetapi setidaknya dapat dicegah dengan melakukan tes deteksi dini.

Jika penyakit kanker ditemukan pada stadium yang masih awal, maka penaganannya dapat dilakukan dengan lebih mudah daripada fase stadium yang telah berat. Pendeteksian lebih dini juga akan membuat sesorang terkena kanker fase awal dapat bertahan hidup hingga 90 persen. Jika penyakit kanker pada orang dengan stadium tingkat lanjut atau tingkat tinggi maka kemungkinan hidup akan semakin tipis, hanya sekitar 15 persen.

Menurut dr. Kupiya Timbul Wahyudi gejala kanker selain faktor genetik dan lingkungan memang belum diketahui. Gejala secara umum yang dapat kita temukan misalnya pembengkakan pada organ tubuh yag terdapat sel kanker didalamnya sehingga dapat mengganggu fungsi organ tersebut. Selain itu penurunan berat badan yang drastis serta demam pada sesorang yang terkena kanker.

Info Terkait :   Minum Kopi Secara Rutin Dapat Turunkan Resiko Diabetes

Masyarakat pada umumnya memeriksakan penyakit kankernya biasanya setelah terkena stadium sudah lanjut atau stadium dua sampai empat. Tentu untuk mengobatinya akan lebih sulit.

Oleh karena itu, pendeteksian dini terhadap penyakit kanker itu penting agar jika ada tanda – tanda penyakit kanker akan lebih mudah untuk di obati, terutama bagi orang yang memiliki resiko kanker dari faktor genetik atau keturunan. Apabila penyakit kanker telah menginjak stadium 2 sampai 4 maka penangananya akan memerlukan biaya yang lebih besar. Kemungkinan untuk bertahan hidup bagi si pasien pun akan semakin kecil.

Oleh karena itu penangann atau pendeteksian dini dengan menjalani berbagai test kesehatan bagi orang tua dan si bayi sangat perlu dilakukan untuk mengetahui adanya penyakit kanker atau tidak.

____________________

Sumber : Republika

tags:

Related For Penyakit Kanker Dapat Diwariskan? Ini Solusinya!