Olahraga Gerakan Senam Yoga Untuk Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami

| Yoga

Gerakan yoga untuk mengecilkan perut buncit menjadi alternatif bagi kita untuk memiliki bentuk perut yang kencang atau bahkan tampil six pack secara alami. Bagi Anda yang memiliki perut bergelambir dan berlemak atau bahkan perut buncit maka olahraga mengecilkan perut dengan gerakan senam yoga mengecilkan perut merupakan salah satu cara efektif untuk membakar lemak lebih cepat, membentuk otot perut secara alami sehingga perut akan terlihat kencang. Jika Anda bosan dengan olahraga seperti sit up, backup dll, maka Anda dapat mencoba melakukan berbagai pose dan gerakan senam yoga.

Gerakan Senam Yoga Untuk Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami Dalam melakukan senam yoga mengecilkan perut, memang akan lebih baik kita melihat video tutorial bagaimana melakukan senam yoga yang benar. Anda dapat mendownloadnya di Youtube, dengan panduan instruktur yoga maka kita akan mudah melakukan gerakan dan pose yoga serta menghindari cedera.

Namun Anda tidak perlu kawatir, jika Anda melihat beberapa gambar pose yoga yang tersaji dibawah ini, bisa dibilang cukup jelas untuk kita tiru. Namun untuk melakukan gerakan yoga tersebut, sebaiknya kita melakukan pemanasan dimulai dari gerakan leher, badan, tangan dan kaki dimana untuk melakukan gerakan yoga ini dibutuhkan otot – otot tubuh yang lentur. Hal ini akan memudahkan kita melakukan pose yoga dan otot tubuh kita tidak terasa kaku.

Berikut ini kami sajikan 6 cara alami olahraga mengecilkan perut dengan yoga.

Olahraga gerakan senam yoga untuk mengecilkan perut buncit

 1.   Gerakan yoga Pavanamuktasana
Gerakan yoga PavanamuktasanaCara mengecilkan perutSeperti pada postingan sebelumnya, disamping pose yoga ini dapat menurunkan berat badan, gerakan ini juga termasuk kedalam pose yang dapat mengecilkan perut gendut kita. Perut bergelambir dan berlemak dapat dilatih dengan gerakan yoga Pavanamuktasana.

Cara mengecilkan perut buncit dengan yoga Pavanamuktasana :

Silahkan Anda berbaring dengan posisi terlentang, angkat kepala serta kaki kanan mendekat ke perut sambil menarik nafas. Usahakan untuk mencium lutut sambil menghembuskan nafas, tahan sampai 30 detik. Setelah itu ganti kaki kiri dan lakukan seperti kaki kanan. Jika sudah lakukan untuk kedua kaki secara bersamaan, tahan selama 30 detik kemudian kembali ke posisi semula. Lakukan sesuai dengan kemampuan Anda.

2.   Pose yoga Dhanurasana
Pose yoga Dhanurasanaolah raga mengecilkan perutSenam yoga mengecilkan perut  berikutnya dapat menghilangkan lemak di perut namun membutuhkan sedikit usaha serta kelenturan otot Anda. Nah, karena Anda sudah cukup melakukan pemanasan, maka sedikit lebih memudahkan Anda dalam melakukan menarik bagian tubuh.

Cara melakukan senam yoga Dhanurasana:

Berbaring dengan posisi tertelungkup, angkat lutut keatas kemudian pegang pergelangan kaki dengan tangan. Angkat tubuh keatas hingga badan membentuk seperti lengkungan kapal perahu. Posisi ini yang menjadi tumpuan adalah perut Anda. Arahkan pandangan keatas dengan sedikit mengangkat kepala. Tahan kurang lebih 30 sampai 60 detik. Lakukan 5 – 10 kali dalam setiap latihan.

3.  Pose yoga Naukasana
Pose yoga Naukasanasenam yoga mengecilkan perutOlahraga yoga untuk mengecilkan perut selanjutnya adalah Naukasana. Pose yoga berikut menyerupai huruf V dimana posisi ini dapat mengencangkan otot perut Anda. Untuk melakukannya, mungkin akan sedikit membutuhkan latihan yang cukup, karena jika dilihat sekilas memang tidak terlalu rumit, namun butuh kekuatan otot perut untuk menjaga keseimbangan mempertahankan bentuk huruf V tersebut.

Cara melakukan senam yoga Naukasana :

Ambil posisi tidur, kedua kaki rapat, kedua tangan disamping dan menempel pada matras yoga. Kemudian angkat tangan dan kaki diikuti dengan bahu serta kepala sambil menarik nafas secara perlahan. Angkat perlahan sampai posisi menyerupai huruf V. Tumpuan ada pada otot perut dan pertahankan posisi tersebut. Setelah itu bisa kembali keposisi awal, selanjutnya Anda tinggal mengulangi gerakan yoga mengecilkan perut tersebut 5 sampai 10 kali dalam 1 latihan.

 4.   Gerakan yoga Uttanpadasana

Gerakan yoga UttanpadasanaOlahraga yoga untuk mengecilkan perut buncit berikutnya adalah gerakan Uttanpadasana. Gerakan ini juga akan membantu Anda untuk melatih otot perut dan membakar lemat pada perut.

Cara mengecilkan perut buncit dengan yoga Uttanpadasana :

Berbaringlah pada matras dengan posisi terlentang, kaki serta tangan lurus dan rapat. Selanjutnya angkat kedua kaki perlahan – lahan sampai tegak lurus posisi 90 derajat. Tahan sebentar. Kemudian kembali ke posisi semula dengan menurunkan kaki bersama – sama secara perlahan – lahan. Lakukan gerakan yoga ini sesuai dengan kekuatan Anda. Gerakan ini akan membuat perut buncit Anda menjadi kempes, namun hati hati dengan tulang belakang Anda, karena gerakan ini membutuhkan kekuatan tulang belakang, jangan sampai cedera ya …

 5.  Senam yoga Bandha Sarvangasana
 Senam yoga Bandha SarvangasanaGerakan Senam yoga Bandha SarvangasanaCara alami mengecilkan perut buncit lainnya adalah melakukan gerakan yoga Banda Sarvangasana. Gerakan ini membutuhkan kekuatan tubuh bagian atas. Untuk melakukan olahraga mengecilkan perut yang satu ini kita harus sering melakukan latihan karena gerakan ini terbilang sulit dan membutuhkan kelenturan serta kekuatan tubuh. Akan lebih baik ditemani intruktur yoga yang berpengalaman agar tidak terjadi sesuatu pada tubuh kita, khususnya tulang badan.

Cara melakukan olahraga mengecilkan perut dengan yoga Sarvangasana :

Berbaringlah dengan posisi terlentang, lutut ditekuk, angkat tubuh Anda, kepala dan leher tetap dilantai untuk menahan tubuh. Gunakan kedua tangan untuk membantu menahan tubuh, letakkan dibawah tubuh. (lihat gambar). Tahan posisi tersebut selama 30 detik. Lakukanlah sesuai dengan kemampuan tubuh Anda, jangan terlalu memaksa.

6. Gerakan Yoga Paschimottanasana
6. Gerakan Yoga PaschimottanasanaGerakan yoga untuk mengecilkan perut berikutnya adalah gerakan Paschimottanasana. Gerakan ini merupakan gerakan efektif untuk membakar lemak di perut sehingga merupakan salah satu cara alami untuk mengecilkan perut buncit secara cepat.

Cara melakukan gerakan yoga mengecilkan perut buncit teknik Paschimottanasana :

Posisikan tubuh Anda dalam kondisi duduk dengan tubuh tegak, tarik nafas kemudian kempeskan perut. Kemudian raihlah kaki dengan kedua tangan sampai dapat mencium lutut. Tahan dalam posisi tersebut kurang lebih 60 detik. Kemudian kembali ke posisi seperti semula. Lakukan gerakan senam yoga ini 10 kali dalam satu sesi latihan.

Baca juga : Gerakan Yoga Untuk Menurunkan Berat Badan

Nah, itu dia olahraga gerakan yoga untuk mengecilkan perut buncit secara alami. Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan senam yoga mengecilkan perut buncit ini minimal 3 kali dalam seminggu. Cara alami mengecilkan perut dengan senam yoga merupakan salah satu metode alternatif untuk mendapatkan bentuk perut yang kencang tanpa harus banyak mengeluarkan tenaga. Dibutuhkan kelenturan otot untuk melakukan gerakan yoga ini, oleh karena itu lakukan pemanasan sebelum melakukan gerakan inti agar terhindar dari cedera tulang. Jika perlu, ikuti kelas senam yoga agar nantinya Anda terlatih saat melakukannya di rumah sendiri tanpa instruktur. Hal ini dikarenakan gerakan tertentu dari senam yoga membutuhkan bantuan orang lain. Semoga bermanfaat, jangan lupa like and share nya ya!