Minum Kopi Secara Rutin Dapat Turunkan Resiko Diabetes

loading...

Aroma yang khas dan terasa nikmat jika diminum hangat, itulah minuman kopi. Di Indonesia minuman ini sering di sajikan jika ada tamu atau hanya dikonsumsi oleh penikmat kopi itu sendiri. Dan tahukah Anda jika minum kopi secara rutin dapat menurunkan resiko diabetes?

Khasiat kopi

Menurut penelitian yang dilakukan, menunjukkan bahwa ada penurunan resiko terhadap penyakit diabetes pada orang yang rutin minum kopi.

Penelitian yang dilakukan di Athena ini mengukur 1.300 orang dewasa yang mengkonsumsi kopi. Selain itu, para peneliti juga mengambil sampel darah untuk mengukur tingkat stres oksidatif dan peradangan.

Setelah sepuluh tahun berlalu, peneliti kembali menindaklanjuti dan ternyata didapatkan 13 persen pria dan 12 persen wanita menderita diabetes. Penderita diabetes ini adalah orang yang tidak rutin minum kopi.

loading...

Dalam pnelitian nya menunjukkan bahwa orang yang rutin atau biasa minum kopi maka ia akan memiliki resiko lebih kecil terkena diabetes tipe 2 yakni sebesar 54 persen meskipun ada riwayat diabetes dikeluarganya. Yang dikatakan rutin disini adalah dalam sehari orang tersebut minum lebih dari 1,5 cangkir kopi per hari.

Menurut para peneliti, manfaat yang diberikan kopi ini yakni biji kopi mengandung antioksidan yang dapat menurunkan peradangan pada tubuh manusia. Menurut sampel darah yang diambil menunjukkan bahwa mereka yang rutin minum kopi akan lebih rendah mengalami paradangan atau inflamasi. Tetapi para peneliti masih menindak lanjuti akan kandungan anti oksidan ini terhadap peradangan tubuh.

Info Terkait :   Tips Sehat Cara Hindari Angin Duduk

Penelitian sebelumnya mengemukakan bahwa orang yang minum kopi secara rutin dengan minum sebanyak empat cangkir atau lebih per hari, 50 persen lebih rendah terkena diabetes. Selain menurunkan resiko terkena diabetes, kopi juga baik untuk kesehatan karena dapat menurunkan tingkat stres serta menurunkan disfungsi ereksi pada pria.

loading...

Related For Minum Kopi Secara Rutin Dapat Turunkan Resiko Diabetes