Menu

Menu Diet Pepaya Dan Pisang, Cara Sehat Turunkan Berat Badan

Untuk menurunkan berat badan kita bisa menggunkan metode diet pepaya dan pisang yang notabene aman untuk dikonsumsi selama masa penurunan berat badan. Kedua buah ini memiliki peran yang penting dalam proses pencernaan di dalam tubuh kita. Tekstur yang lembut membuat pencernaan mudah dalam memprosesnya.

Selain memiliki peran sebagai bahan makanan untuk program diet, kedua buah ini memiliki khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan yang ada di dalam buah pepaya dan pisang sangat berguna dalam memenuhi kebutuhan nutrisi dan gizi bagi tubuh.

Diet pepaya dan pisang

Kandungan dan manfaat pisang bagi kesehatan

Manfaat pisang bagi kesehatan yakni mamapu menurunkan tekanan darah, mengatasi asma dan menguragi resiko terkena kanker. Selain itu, mengkonsumsi pisang dapat meningkatkan kesehatan organ jantung kita. Pisang berukuran sedang / kurang lebih 126 gram mengandung 110 kkal (1 porsi). Tidak hanya kandungan kalori saja yang ada di dalam pisang tersebut, namun kandungan karbohidrat sebesar 30 gram serta protein 1 gram ada pada 126 gram pisang berukuran sedang.

Pisang juga mengandung berbagai mineral seperti Vitamin B5 sebesar 0,5 mg, vitamin C sebesar 9 mg, vitamin A 81 IU, Folat 25.0 mg, serat 3 gr, magnesium 34 mg, kalium 450 mg. Selain itu mineral lain yang ada pada buah pisang adalah besi, niacin, riboflavin dan mangan.

Selain pisang baik untuk pencernaan, buah pisang juga berperan di dalam membantu kesehatan mata kita. Kandungan vitamin A larut dalam lemak dan dapat menjaga mata dari kebutaan serta menjaga kesehatan organ penglihatan kita.

Selain vitamin A, kandungan beta karoten dan alpha karoten dapat membantu menyehatkan mata kita. Satu buah pisang berukuran 6 inci terkandung 10 mgr vitamin A. Sedangkan kebutuhan vitamin A bagi kita adalah 700 mikro gr vitamin A dalam sehari (wanita) dan 900 mikro gr untuk pria dalam sehari.

Disamping memiliki kandungan vimain A, buah pisang memiliki kandungan nutrisi yang mampu mengatasi berbagai penyakit seperti diabetes, liver dan keluhan penyakit jantung.

Info Terkait :   Mau Berat Badan Turun Dalam 3 Hari? Coba diet telur!

Penelitian membuktikan jika mengkonsumsi pisang saat diet dapat meningkatkan produksi insulin dan lipid dalam tubuh.

Baca info menarik lainnya :

Mau Berat Badan Turun Dalam 3 Hari? Coba diet telur!
Benarkah Jus Nanas Bisa Digunakan Untuk Diet?

Kandungan dan manfaat pepaya bagi kesehatan

Buah pepaya dikenal dengan buah yang baik untuk melancarkan pencernaan di dalam tubuh. Selain membantu dalam program diet kita, buah pepaya dapat berperan di dalam menyehatkan tulang dengan kandungan kalsium dan vitamin K yang ada di daalmnya.

Kandungan lain dari buah pepaya adalah kalium, lycopene, asam folat, vitamin A, vitamin B, tembaga, vitamin E, beta karoten, lutein, asam pantotenat dan zeaxanthan.

Kandungan lycopene membuat badan kita lebih sehat dan dapat terhindar dari serangan penyakit serta virus karena berperan sebagai antioksidan. Kita akan lebih kuat terhadap serangan flu, pilek dan batuk serta dapat menangkal dari gejala demam karena antibodi kita meningkat dengan asupan lycopene dalam buah pepaya.

Dengan melihat manfaat yang banyak dari buah pepaya dan pisang tersebut maka sanagtlah baik untuk menggunakan kedua buah jenis buah ini untuk diet sehat.

Cara melakukan diet pepaya dan pisang

Untuk melakukan program diet pepaya dan pisang kita bisa menerapkan pola makan seperti di bawah ini :

Menu diet sehat 1

Menu sarapan pagi : 1 buah pisang + 1 gelas susu skim rendah lemak tanpa pemanis.

Variasi bisa menggunakan teh hijau untuk minuman di pagi hari. Teh  hijau juga berperan di didalam membantu program penurunan berat badan.

Menu makan siang : Pepaya 2 s/d 4 iris ukuran normal + keju cottage + air putih
Saat siang hari, kita banyak kehilangan air dari dalam tubuh. Oleh karena itu kita membutuhkan asupan air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan air di dalam tubuh. Kandungan air dalam buah pepaya yang banyak dapat membantu memenuhi kebutuhan air tersebut ditambah dengan mengkonsumsi air putih yang banyak.

Info Terkait :   Hati – Hati, Diet Dengan Pola Makan Yang Buruk Memicu Munculnya Berbagai Penyakit

Menu makan malam : Pisang + susu rendah lemak
Untuk menu makan malam sebaiknya kembali mengkonsumsi pisang ditambah dengan susu rendah lemak. Konsumsilah buah pisang dan susu tersebut sebelum jam 7 malam.

Untuk cemilan kita bisa mengkonsumsi pisang atau pepaya sebagai cemilan. Tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan berminyak dan berlemak.

Lakukanlah selama 3 hari menggunakan menu pertama tersebut. Untuk hari berikutnya atau hari keempat, kita dapat memulai dengan menggunakan menu seperti dibawah ini :

Menu diet sehat 2

Menu sarapan pagi hari : 1 buah pisang + 1 gelas susu skim + roti gandum secukupnya

Perlunya tambahan kalori meskipun sedikit namun kita tetap mengkonsumsi makanan rendah lemak dengan menambahkan roti gandum. Susu skim akan memberikan tambahan energi bersama pisang untuk memulai aktivitas di pagi hari.

Menu makan siang  : Pepaya 1 iris + pisang 1 buah + sayuran / sup + air purih

Kandungan dari buah pepaya dan pisang + sayuran akan membuat perut kita kenyang dalam waktu yang relatif lama karena kandungan serat dari kombinasi ketiga makanan tersebut.

Menu makan malam : Pisang + susu rendah lemak + sayuran / sup
Untuk menu makan malam, kita bisa kembali mengkonsumsi pisang dan susu rendah lemak ditambah sayuran atau sup yang tadi telah kita buat sebelumnya.

Variasi menu diet buah yang kedua tersebut bisa dilakukan setelah mengkonsumsi menu diet yang pertama. Kita bisa melanjutkan dengan variasi menu diet yang kedua ini sampai 1 minggu.

Yup, jadi diet buah pepaya dan pisang ini bisa kita coba selama seminggu. Selama seminggu itu pula kita harus terus memantau kesehatan tubuh kita. Hal ini agar tidak terjadi hal – hal yang tidak diinginkan.

Sebenarnya kita masih bisa menerapkan menu lain di dalam diet pepaya dan pisang ini, seperti pada menu yang ke 3 ini :

Info Terkait :   5 Manfaat Yogurt Untuk Diet Dan Kesehatan Tubuh

Menu diet sehat 3

Sarapan pagi : Pisang + roti gandum + keju cottage + susu skim
Siang hari : 1 s/d 2 iris pepaya + sayuran + dada ayam yang dipanggang
Malam hari : 1 buah pisang + telur rebus + teh hijau 1 cangkir

Penambahan telur rebus dan dada ayam tersebut untuk menambah asupan protein ke dalam tubuh kita. Protein diperlukan di dalam berbagai proses metabolisme di dalam tubuh tak terkecuali perkembangan dan perbaikan sel – sel tubuh. Kandungan dada ayam dan telur juga memberikan asupan kalori dimana sebelumnya kita benar – benar banyak mengurangi asupan kalori karena meninggalkan konsumsi nasi.

Menu diet yang ke tiga ini bisa Anda pergunakan setelah mengkonsumsi menu diet ke 1 dan ke dua selama seminggu.
Cek berat badan dan kesehatan  setelah seminggu Anda melakukan diet sehat dengan buah pepaya dan pisang tersebut. Pastikan tidak ada keluhan terhadap tubuh Anda. Jika hasilnya memuaskan dan sudah berhasil sesuai target Anda, maka diet pepaya dan pisang sudah bisa dihentikan. Jika masih ingin melanjutkan program diet ini, Anda dapat menerapkan menu diet sehat yang ketiga. Berapa lama menggunakan menu yang ketiga? Coba dulu selama seminggu, insyaallah berat badan akan turun. Dianjurkan untuk tetap mengkonsumsi air putih secara normal. Jika mampu dan ada waktu, kita bisa melakukan olah raga 2 kali selama seminggu. Dengan melakukan olah raga teratur 2 kali seminggu maka akan semakin mempercepat proses di dalam penurunnan berat badan.

loading...