Variasi Menu Diet Harian Yang Sehat Dan Murah

Mengatur menu diet harian yang sehat agar tidak tidak bosan dalam mengkonsumsi makanan sangatlah diperlukan. Dengan variasi menu makanan kita tidak akan merasa bosan saat melakukan diet hari demi hari. Menu makanan harian yang digunakan tentunya harus menu yang sehat dan benar – benar sesuai dengan program diet yang sedang kita lakukan. Apalagi jika kita melakukan program diet dalam jangka waktu lebih dari 10 hari, maka menu diet harian harus lebih variatif namun tetap sehat dan sesuai dengan lidah kita.

Apa saja menu diet harian yang bisa kita terapkan? Terlebih dahulu kita mengumpulkan daftar bahan – bahan apa saja yang diperlukan.

Menu diet harian sehat
Contoh bahan – bahan untuk menu diet harian yang sehat

1. Sayuran

Sayuran merupakan bahan makanan yang sangat penting di dalam proses pencernaan. Sayuran mengandung banyak serat yang baik untuk melancarkan proses pencernaan makanan serta meringankan kerja organ pencernaan. Kandungan protein dan serat pada sayuran dapat membuat perut kita kenyang lebih lama.

2. Buah

Buah banyak mengandung vitamin A dan C dimana dapat membuat tubuh kita lebih sempurna di dalam melakukan berbagai proses metabolisme. Buah bisa dijadikan sebagai menu penutup saat melakukan diet.

3. Gandum
Gandum dapat dijadikan bahan menu diet harian kita. Gandum memiliki kandungan lemak yang rendah dan dapat membantu didalam memberikan asupan karbohidrat. Gandum dapat menggantikan peran dari nasi dimana orang Indonesia masih sedikit dalam mengkonsumsi gandum. Mengkonsumsi gandum juga dapat mengurangi asupan gula sehingga lebih ramah bagi Anda yang memiliki keluhan gula darah.

Info Terkait :   Hati – Hati, Diet Dengan Pola Makan Yang Buruk Memicu Munculnya Berbagai Penyakit

4. Ikan

Ikan memiliki kadar lemak yang rendah namun kaya protein dan omega 3. Mengkonsumsi ikan dapat menjadi alternatif bagi Anda yang gemar menyukai daging. Namun kita juga harus memperhatikan cara pengolahnya. Mengolah dengan minyak tidak dianjurkan, jika dipanggang atau di bakar itu tentu lebih baik.

5. Telur
Telur bisa dijadikan menu diet harian Anda karena kandungan protein pada telur sangat tinggi. Telur juga memberikan energi bagi tubuh, membantu perkembangan tubuh sehingga sangat diperlukan di dalam proses menurunkan berat badan.

6. Daging kalkun
Daging kalkun cincang bisa di gunakan di dalam menu diet harian Anda. Daging kalkun yang telah di cincang bisa diberi taburan lada hitam dan sedikit garam.

Contoh menu diet harian yang sehat

1. Pagi hari : Omelet

Bahan yang diperlukan:

  • Telur 2 butir
  • Tomat secukupnya
  • Minyak zaitun secukupnya
  • Bia ditambah skim keju secukupnya (optional)
  • Garam
  • Cuka
  • Daun kemangi

 

Cara membuat menu diet harian di pagi hari adalah sebagai berikut :

Kocok telur sampai lembut dan mengembang kemudian tambahkan sedikit garam. Dadar telur dengan menggunakan minyak zaitun. Skim keju bisa Anda taburkan saat telur masih panas diatas pemasak. Taburkan secara merata dan angkat.

Jika menu omelet telah matang, Anda dapat menaburkan dengan irisan tomat diatasnya dan tambah dengan daun kemangi. Jika telah selesai, menu diet harian sehat pun bisa Anda nikmati.

Info Terkait :   Cara Memasak Dan Mengolah Kentang Untuk Menu Diet

Variasi lain : Anda dapat mengganti telur dengan oatmeal serta susu skim. Menu ini sangat baik karena hanya menghasilkan 200 kalori saja.

2. Siang hari: Cheese burger

Bahan yang diperlukan:

  • Roti burger berbahan gandum
  • Daging kalkun cincang (telah diolah dan diberi bumbu lada hitam + garam secukpnya)
  • Tomat 2 buah
  • Salad secukupnya
  • Keju cheddar
  • Bawang merah dan Bombay secukupnya

Panggang roti gandum, jika sudah olesi guacamole, letakkan keju dengan ukuran yang menyesuaikan. Lalu iris tomat serta bawang merah + daging kalkun yang telah dipersiapkan, ukuran menyesuaikan roti. Tutup dengan roti.

Silahkan sajikan dengan sayuran salada atau lainnya.

Saat siang hari, biasanya menu yang dikonsumsi adalah sayuran dengan kuah yang segar + buah. Menu cheese burger dapat menjadi alternatif sebagai menu diet harian saat siang. Untuk mengurangi dehidrasi, perbanyak minum air putih dan buah segar.

3. Malam hari : Oatmeal + susu skim

Mengkonsumsi oatmeal dan susu skim atau susu rendah lemak dianjurkan saat malam hari. Saat malam, tubuh hanya membutuhkan sedikit kalori saja, sehingga oatmeal dan susu skim cocok dalam memberikan sedkit kalori saja bagi tubuh.

Nah itulah beberapa menu diet harian yang sehat sebagai menu makanan alternatif agar tidak bosan saat melakukan program penurunan berat badan.

Related For Variasi Menu Diet Harian Yang Sehat Dan Murah