Menu Buka Puasa Ini Cocok Banget Untuk Orang Yang Lagi Diet

Menjalankan diet sehat saat kita sedang menjalankan puasa memang bukan perkara yang mudah. Apalagi ketika menjelang berbuka puasa kita sering dihadapkan pada berbagai makanan yang sangat menggiurkan, serasa semua makanan hendak kita santap. Akan tetapi, apakah menu buka puasa kita sudah termasuk kedalam menu yang sehat ? Apalagi ada sebagian orang yang berniat diet pula di bulan puasa. Lalu apa saja sih menu buka puasa untuk  diet yang cocok?

menu buka puasa untuk diet

 

Bahan makanan dan menu buka puasa untuk diet

Dibawah ini kami berikan beberapa menu dan bahan makanan yang baik untuk berbuka puasa terutama yang mendukung untuk diet kita.

  1. Kurma

Kurma adalah menu wajib dan menu yang baik untuk berbuka puasa.  Karena dialam buah kurma banyak mengandung  zat besi yang cukup tinggi yang bisa dijadkan suplemen penambah darah bagi penderita anemia. Kurma juga mengembalikan energi yang hilang seharian karena berpuasa.

  1. Sup

Sup sangat cocok untuk dijadikan menu buka puasa saat diet. Pengolahan sup juga terbilang aman, karena dimasak dengan direbus ( tidak digoreng ). Aneka sayuran dalam sup  dapat memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh. Semangkuk sup juga dapat menghangatkan perut dan dapat mencegah perut kembung. Anda dapat mengkonsumsi sup ayam, sup kacang merah, sup jangung, atau sup sayur saja.

sup

  1. Beras Merah

Ada baiknya, mulai sekarang anda mengganti nasi putih dengan nasi merah yang lebih tinggi serat dan memiliki indeks glikemik yang lebih rendah. Beras merah mengandung sedikit kalori, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan selama puasa.  Nasi merah juga membuat kenyang lebih lama dibandingkan dengan nasi putih.

  1. Pecel dan karedok

Makanan ini pasti sangat anda sukai. Selain rasanya yang manis dan sedikit pedas, pecel dan karedok bisa menjadi alternatik menu buka puasa saat anda sedang menjalani program diet.  Kedua jenis makanan ini terdiri dari kandungan serat, vitamin dan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Untuk sumber karbohidratnya, anda disarankan menyantap pecel atau karedok dengan nasi merah agar lebih sehat.

  1. Otmeal

Oatmeal adalah makanan yang cukup praktis, namun makanan inin mengandung nutrisi yang sangat tinggi, dan baik dijadikan menu buka puasa anda. Oatmeal mengandung serat yang tinggi, dan memberikan rasa kenyang yang lebih lama.  Anda juga bisa menambahkan dengan madu, aneka jenis buah segar, dan juga susu rendah lemak. Oatmeal sangat praktis, bagi anda yang tidak mau ribet dalam menyiapkan menu buka puasa untuk diet anda.

  1. Ikan Bakar

Ikan bakar menjadi menu yang sehat dan aman untuk dikonsumsi bagi anda yang sedang menjalankan program diet. Selain enak, ikan merupakan jenis lauk yang rendah kandungan lemaknya. Ikan yang bisa anda olah dengan cara dibakar diantaranya adalah ikan kapa, ikan mas, dan juga ikan gurame.  Alangkah lebih baiknya ketika anda akan membakar ikan, gunakan olive oil sebagai pengganti mentega, agar hidangan menjadi lengkap nutrisinya. Ingat ya, jangan terlalu gosong, karena membakar ikan terlalu gosong dapat meningkatkan resiko penyakit kanker.

Contoh sajian menu buka puasa untuk diet di sore hari

√ Contoh menu pembuka puasa untuk orang diet  1 :

Teh manis + gula 1/2 sendok makan (kurang dari 35 kalori),

Kurma 3 biji (50 kalori) + roti sandwich + daging asap atau keju (300 kalori)

 

√ Contoh menu pembuka puasa untuk orang diet 2 :

Jus buah apel / mangga, kurma 3 biji (50 kalori), dan salad atau sup sayur.

Jika Anda akan mengkonsumsi nasi setelah mencicipi menu pembuka dalam puasa Anda, maka bisa memilih menu seperti dibawah ini :

 

√ Contoh menu makan untuk diet (habis tarawih) 1 :

Nasi merah setengah porsi + ikan pindang + tumis buncis

 

√Contoh menu makan untuk diet (habis tarawih) 2 :

Nasi merah setengah porsi, pepes tahu 100 gram / ayam panggang tanpa kulit (dada) + sayur bayam

 

Untuk nasi, alangkah baiknya menggunakan nasi merah. Untuk lauk pauk sebaiknya hindari makanan yang digoreng dengan minyak. Untuk ayam dan ikan bisa mengolahnya dengan cara di panggang atau dibakar. Hindari menggoreng makanan dengan minyak.

 

Tips sehat berbuka puasa untuk orang yang sedang diet

  1. Hindari makan gorengan

Makan gorengan merupakan makanan favorit dikalangan masyarakat indonesia ketika berbuka puasa. Padahal makanan yang digoreng sarat akan kandungan lemak yang tinggi.  Kandungan lemak dalam gorengan juga membuat seseorang jadi cepat mengantuk. Saat makan gorengan, maka ikatan oksigen dapat berkurang hingga 20 persen.

  1. Hindari Minuman Bersoda

Minuman bersoda memang dapat mengobati dahaga setelah seharian berpuasa, namun, minuman ini sangat tidak dianjurkan bagi anda yang sedang menjalankan program diet, karena minuman bersoda mengandung kalori yabg tinggi, yang apabila dikonsumsi terlalu banyak justru akan menaikkan berat badan anda.

  1. Banyaklah Mengkonsumsi makanan berserat

makanan berserat

Sumber makanan berserat paling baik berasal dari buah dan sayur. Karena buah dan sayur dapat melancarkan pencernaan dan menvegah resiko sembelit, yang membuat makanan ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat berbuka puasa.

  1. Hindari cemian manis dan asin

Sebaiknya hindari cemilan dengan rasa manis dan asin. Alangkah baiknya Anda mengkonsumsi buah saja dimana akan membantu program diet Anda serta tidak membuat tubuh kelebihan kalori.

Baca juga : 

 

Nah itulah beberapa bahan dan menu buka puasa untuk diet Anda. Selamat mencoba, semoga anda berhasil dalam menurunkan berat badan secara sehat.