Mengenal Penyakit Parkinson, Penyebab Muhammad Ali Meninggal Dunia

Parkinson, Penyebab Muhammad Ali Meninggal Dunia – Beberapa  hari yang lalu kita dihebohkan dengan meninggalnya mantan bintang tinju dunia, Muhammad Ali yang di diagnosis karena penyakit Parkinson. parkinson adalah suatu penyakit yang menyerang pusat saraf otak bagian tengah dimana orang yang mengidap penyakit ini akan mengalami gangguan pergerakan tubuh. Akibat parkinson adalah pada bagian tubuh tertentu akan mengalami tremor atau tubuh gemetar.
Parkinson, penyebab meninggalnya muhammad ali

Tremor adalah suatu gangguan yang terjadi pada sel saraf pada otak terutama pada bagian yang disebut basal ganglia. Pada bagian ini berfungsi di dalam mengontrol gerakan tubuh.

Gejala Parkinson

Gejala dari penyakit Parkinson adalah kekakuan sendi  sehingga penderita yang mengalami gangguan ini akan kesulitan saat berjalan. Penderita Parkinson juga akan mengalami tremor atau tubuh gemetaran. Misalnya bagian  tangan atau lengan yang secara tiba – tiba mengalami gemetar, bagian kaki mengalami  gemetar meskipun saat terduduk dan diam. Selain itu, gejala dari penyakit Parkinson dapat dilihat pada bagian tubuh lain, seperti dagu yang gemetar atau terlihat seperti mengunyah. Jika penderita Parkinson menulis, maka tulisan kalimat dikertas tidak rata.

Selain gangguan tremor, parkinson juga menyebabkan kekakuan sendi  yang menyebabkan kesulitan dalam berjalan. Tidak hanya itu, penyakit Parkinson akan mengakibatkan kesulitan saat menelan makanan, menoleh, bahkan sampai suara menjadi kecil.

Gejala parkinson di tahap awal biasanya akan sulit terdeteksi. Namun dapat kita ketahui jika gejala tersebut seperti tangan gemetar meskipun sedang tidak melakukan aktifitas atau sedang istirahat. Selain itu tubuh merasa lemah atau merasa kaku di bagian tertentu.

Baca artikel menarik lainnya :

Selanjutnya, penderita Parkinson dapat mengalami gangguan – gangguan tahap berikutnya seperti tremor yang semakin parah, pergerakan akan semakin sulit dan melambat, otot akan semakin kaku dan kurang fleksibel serta keseimbangan tubuh menurun. Selanjutnya penderita Parkinson akan mengalami konstipasi atau sembelit.

Berbagai gejala yang disebutkan diatas akan membuat para penderita Parkinson mengalami tekanan psikologis seperti depresi dan sulit tidur atau insomnia. Disamping itu gejala berikutnya adalah daya ingat menurun, indera penciuman menurun dan lain – lain.

Jika ganggguan penyakit Parkinson telah parah, maka akan terlihat pada pergerakan tubuh penderita yang terganggu, seperti tubuh tiba – tiba terjatuh, tubuh sulit berputar saat melangkah, badan akan cenderung untuk terjengkang kebelakang. Jika penderita telah mengalami hal seperti ini penderita akan membutuhkan kursi roda untuk membantu keseimbangan tubuh penderita.

Penyebab Parkinson

Penyebab parkinson adalah menurunnya jumlah dopamin pada sel saraf tubuh. Dopamin adalah salah satu neurotransmitter yang dihasilkan oleh sel otak tepatnya pada substantia nigra. Salah satu cairan utama dari neuro transmitter ini berperan di dalam pengiriman impuls saraf dari otak ke otot sehingga akan menghasilkan suatu gerakan tulang oleh otot.

Nah bagaimana bisa jumlah dopamin ini bisa berkurang? Sampai saat ini, belum diketahui penyebab dari jumlah dopamin yang berkurang. Namun beberapa dugaan bahwa berkurangnya dopamin adalah faktor keturunan dan faktor lingkungan.

Cara mengobati Parkinson

Sampai saat ini, pengobatan penyakit parkinson hanyalah sebatas meringankan gejala yang ada. Belum ada obat yang dapat menyembuhkan secara total penyakit Parkinson. Pengobatan penyakit Parkinson hanya di tujukan untuk menjaga aktivitas tubuh sehari – hari senormal mungkin, kualitas hidup penderita Parkinson menjadi prioritas utama.

Dengan membuat tubuh beraktivitas senormal mungkin maka akan meningkatkan kualitas hidup bagi penderita itu sendiri. Pengembangan dari teknologi pengobatan penyakit parkinson juga semakin maju sehingga diharapkan penanganan dari penyakit ini akan semakin efektif.