Manfaat Olahraga Skipping untuk Diet

| Senam

Skipping adalah olahraga sederhana yang mudah dilakukan dan fleksibel karena tidak memerlukan biaya yang mahal dan dapat dilakukan dimana saja. Manfaat skipping bagi kesehatan tubuh yakni dapat membakar lemak serta kalori yang cukup banyak sehingga dapat menjaga kestabilan berat badan. Selain itu, manfaat olahraga skipping juga dapat meningkatkan kebugaran kardiovaskular serta dapat mengencangkan otot-otot tubuh.

Manfaat skipping

Manfaat olahraga lompat tali

Manfaat lompat tali ini dapat dirasakan efek baiknya dengan melakukan teknik skipping dengan benar. Alangkah lebih baiknya menggunakan sepatu khusus olahraga agar dapat menghindari efek cedera pada kaki dan sendi. Cara melakukannya cukup mudah. Diawali dengan posisi berdiri tegap dengan kedua tangan memegang ujung tali. Lalu menempatkan tali di belakang tubuh dan mengayunnya kedepan beberapa putaran. Jika terasa lelah ada baiknya melakukan istirahat terlebih dahulu dan melakukan lompatan lagi sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Manfaat olahraga skipping dapat Anda simak dalam uraian singkat di bawah ini.

Manfaat Skipping Untuk Diet

  1. Menurunkan Berat Badan

Manfaat olahraga skipping untuk diet sudah banyak terbukti berhasil. Melakukan olahraga skipping atau lompat tali yang dilakukan selama kurang lebih satu jam, menurut lembaga Centers of Disease Control and Prevention dapat membakar 440-590 kalori pada orang dengan berat tubuh 77 kg. Selain membakar kalori, manfaat olahraga lompat tali ini juga membakar lemak dalam tubuh yang kemudian dikeluarkan bersamaan dengan keringat. Tentu bagi seseorang yang sedang diet, olahraga sederhana dan murah ini dapat dilakukan untuk membantu proses dietnya.

  1. Mengencangkan Otot
Info Terkait :   10 Gerakan Mengecilkan Perut Buncit Secara Alami Untuk Pria Dan Wanita

Manfaat olahraga skipping dapat membuat otot-otot tubuh menjadi kencang apabila dilakukan dengan rutin. Hal ini dapat terjadi karena efek lompatan yang dilakukan. Dengan melakukan skipping, terutama otot-otot bahu, lengan dan bagian kaki akan merasakan efek yang sangat berarti sehingga menjadi kencang dan kuat. Lemak-lemak pada betis juga dapat berkurang sehingga menambah keindahan pada bentuk kaki.

  1. Optimalisasi Energi dalam Tubuh

Manfaat lompat tali yang kita dapatkan juga dapat mengoptimalkan energi pada tubuh. Dengan melakukan skipping atau lompat tali, tubuh dipaksa untuk mengeluarkan energi yang besar. Hal ini dapat membiasakan tubuh untuk mengeluarkan energi yang tersimpan di dalamnya sehingga mangoptimalkan energi dalam tubuh yang akan dikeluarkan lagi dilain waktu.

  1. Menambah Kesehatan Tulang

Manfaat olahraga lompat tali dapat memberikan efek baik pada kesehatan tulang yaitu mencegah terserangnya osteoporosis atau keropos tulang. Menurut hasil sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari Osteoporosis Society Inggris, bahwa dengan melakukan olahraga skipping secara rutin selama masa hidup membuat seseorang tersebut mempunyai resiko pengeroposan tulang yang kecil.

Manfaat skipping

Gerakan skipping

Selain mencegah osteoporosis dan meningkatkan kepadatan tulang, manfaat olahraga skipping juga dapat menambah tinggi badan. Olahraga ini patut dijadikan program bagi anak-anak dan remaja dalam upaya menambah tinggi badan mereka. Karena pada masa-masa pertumbuhannya akan menjadi optimal untuk tinggi tubuh ideal.

  1. Meningkatkan Kinerja Otak
Info Terkait :   Apa Sih Olahraga Yang Cepat Menurunkan Berat Badan Untuk Wanita?

Manfaat olahraga skipping jika dilakukan dengan rutin tidak hanya berefek baik bagi tubuh saja, melainkan juga dapat meningkatkan kinerja otak sehingga akan berdampak baik pada koordinasi dan keseimbangan tubuh kita. Hal ini dapat terjadi karena olahraga ini merupakan perpaduan antara ketepatan gerakan dan irama lompatan. Jadi olahraga ini merangsang otak untuk berfikir tepat dan cepat dengan koordinasi dan gerakan reflek yang baik.

Manfaat olahraga lompat tali ini akan terasa hasilnya jika dilakukan dengan rutin dan bekelanjutan. Karena sejatinya dalam melakukan segala program diet, akan dirasa berhasil dan menyehatkan apabila dibarengi dengan kegiatan olahraga yang tepat dan juga niat yang kuat.