9 Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan, Cocok Juga Jadi Menu Andalan Diet!

Diet oatmeal menjadi salah satu pilihan tepat untuk menurunkan berat badan secara cepat karena kandungan kalori yang rendah. Manfaat oatmeal untuk diet juga kita rasakan untuk kesehatan tubuh kita. Kandungan kalori yang lebih terkontrol membuat oatmeal ini cocok sebagai pembakar lemak yang efektif.

Manfaat Oatmeal Untuk Diet

Namun diet oatmeal juga bisa terasa membosankan karena kita akan mengganti menu makan utama kita dengan bubur oats. Menu sarapan dan makan malam yang semula nasi, maka dengan diet oatmeal ini Anda harus menggantinya dengan makanan berupa oatmeal. Untuk itu kita perlu variasi menu diet oatmeal agar diet terasa tidak membosankan.

Lalu apa itu oatmeal?

Oatmeal adalah olahan makanan yang terbuat dari gandum yang utuh. Pada oatmeal terdiri dari karbohidrat 70%, protein seperti putih telur sebanyak 15%, kalsium, zat besi, vitamin B1, B6 serta vitamin E.

Janis oatmeal :

  • Rolled oat : Memiliki tekstur yang kasar dan bentuk yang lebih lebar serta diperlukan perendaman menggunakan air serta susu sebelum oatmeal diolah. Mengkonsumsi jenis Rolled oat harus dikunyah terlebih dahulu.
  • Fine oats : bentuk lebih pipih dari rolled oat, lebih mudah dikunyah dan diolah.
  • Instan oat : jenis oat yang dijual dipasaran dan siap dikonsumsi untuk diet oatmeal kita.

 

Manfaat oatmeal untuk diet

Diet oatmeal sangat menyehatkan dan sangat menguntungkan karena kandungan karbohidrat yang terkontrol, kalori yang lebih aman serta kadar gula yang lebih aman daripada nasi.

Dengan asupan kalori yang lebih rendah daripada nasi membuat tubuh akan menggunakan cadangan lemak sebagai sumber energi saat anda melakukan aktifitas atau olah raga sehingga proses pembakaran lemak tubuh akan maksimal. Inilah yang membuat berat badan akan terlihat cepat turun.

Kandungan serat pada oatmeal akan membuat organ pencernaan kita semakin sehat serta membuat perut kita tidak mudah lapar.

Oatmeal juga memiliki kandungan lemak yang rendah sehingga sangat aman untuk dikonsumsi menggantikan nasi dan untuk menu makan utama kita baik makan pagi, siang maupun makan malam.

Menurut FDA (The Food and Drug Administration), manfaat makan oatmeal tidak hanya untuk meningkatkan kesehatan tubuh dan mencegah beberapa penyakit saja, namun makan oatmeal bisa bermanfaat untuk diet, membakar lemak lebih cepat sehingga berat badan menjadi turun.

Lalu apa saja manfaat oatmeal ini selain untuk diet?

Berikut beberapa manfaat oatmeal selain untuk menurunkan berat badan :

  1. Menurunkan kadar kolestrol
  2. Menstabilkan tekanan darah
  3. Menurunkan dan mengontrol gula darah
  4. Meningkatkan metabolisme tubuh lebih optimal
  5. Menurunkan risiko penyakit jantung
  6. Melenturkan pembuluh arteri
  7. Menurunkan tekanan darah tinggi
  8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
  9. Mangandung antioksidan

 

Manfaat makan oatmeal bagi kesehatan akan membuat gula darah dan kolestrol tubuh kita lebih terkontrol. Kesehatan organ vital seperti jantung juga akan lebih terjaga.

Kita mengetahui jika mengkonsumsi nasi akan membuat gula darah menjadi naik terutama bagi mereka yang memiliki resiko terhadap penyakit diabetes.

Manfaat oatmeal juga sangat baik untuk kesehatan kulit karena kandungan antioksidan di dalamnya. Antioksidan dapat menghilangkan berbagai radikal bebas dari polusi udara serta makanan sehingga kulit akan tampak lebih cerah.

Selain bermanfaat sebagai diet, oatmeal juga akan membuat pembuluh arteri lebih lentur dan terhindar dari pengerasan. Hal ini akan berdampak pada tekanan darah yang lebih terkontrol serta aliran darah dalam pembuluh darah menjadi lebih lancar.

Inilah yang menyebabkan kesehatan organ jantung Anda menjadi lebih baik, karena aliran darah dalam pembuluh menjadi lancar sehingga kerja organ jantung juga akan lebih ringan dalam memompa darah keseluruh tubuh.

Harga oatmeal untuk diet

Manfaat Oatmeal Untuk Diet

Banyak produk oatmeal yang dijual dipasaran. Kita bisa menemukannya di super market ataupun minimarket dengan harga yang bervariasi. Berikut beberapa produk oatmeal untuk diet oatmeal Anda.

Choconola Rolled Oat 1 kg Rp.44.000

Naraya Oat Choco Coklat 400 gr : Rp.60.000

Quaker Oatmeals Instant 200 gr : Rp.35.800

Quaker Instant Oatmeal 1.35 kg : Rp.86.000

Haverjoy Havermout Oatmeat Quick Cooking : Rp.50.000

Contoh menu diet oatmeal

Manfaat Oatmeal Untuk Diet

1. Sarapan :

½ cangkir oatmeal

1 buah pisang

½ cangkir susu rendah lemak

Snack pagi :

Buah apel / pisang / jeruk / strowberry

2. Menu makan pisang

½ cangkir oatmeal

1 porsi green bean matang

½ cangkir yogurt low fat

Snack siang – sore :

Sayuran dan buah seperti snack pagi

3. Makan malam

Telur rebus

Sayuran (kol / salad/ sayuran hijau lainnya)

½ cangkir oatmeal

Dengan melakukan diet oatmeal dan didukung dengan membatasi beberapa makanan yang berlemak dan berminyak serta melakukan olah raga teratur maka berat badan Anda dipastikan turun. Batasi juga konsumsi garam, makanan cepat saji, serta tidak menggunakan msg dalam makanan agar tubuh menjadi lebih sehat dan berat badan turun secara aman dan signifikan.

Baca juga :

Diet Saat Puasa Dengan WRP Nutritious Drink Untuk Pemula
Harga Green Coffee Pelangsing Asli Untuk Diet Serta Efek Sampingnya
Berapa Kalori Yang Harus Dibakar Untuk Menurunkan 1 Kg?

D

emikian artikel manfaat oatmeal untuk diet, harga produk serta contoh menu diet oatmeal. Semoga bermanfaat bagi Anda semua. Kami tunggu share nya dari Anda semua, terima kasih …

Related For 9 Manfaat Oatmeal Untuk Kesehatan, Cocok Juga Jadi Menu Andalan Diet!