Menu

Manfaat Minyak Zaitun Dalam Menurunkan Kolestrol Tinggi

loading...

Manfaat minyak zaitun dalam menurunkan kolestrol sudah mendapat banyak rekomendasi dari para ahli kesehatan dan gizi. Para dokter dan ahli kesehatan menyepakati jika minyak zaitun dapat menurunkan kolestrol tinggi. Banyak orang yang tidak mengetahui jika minyak zaitun dapat dipakai sebagai penurun kolestrol. Minyak zaitun mengandung kandungan yang baik bagi tubuh. Kandungan tersebut diantaranya adalah omega-9, squalene atau sering disebut cairan eter organik dimana senyawa ini sangat bermanfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan omega-9 berperan penting dalam menurunkan kadar kolestrol serta mengobatinya.

Manfaat Minyak Zaitun Dalam Menurunkan Kolestrol Tinggi

Kandungan lain dari minyak zaitun adalah zat besi, kalsium, potassium, polifenol serta vitamin A, C, D, E dan K. Disamping itu, minyak zaitun juga mengandung asam lemak tak jenuh, asam maristat, asam palmitat, asam arachidat, lignoserat dan juga stearate. Minyak zaitun masih mengandung unsur penting lainnya seperti fenol dimana fenol ini mengandung flavonoid. Kandungan tersebut sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan sebagai antioksidan serta dapat menghambat proses oksidasi dari suatu kolestrol jahat.

Kolestrol

Kolestrol adalah suatu senyawa yang bertekstur lembek serta terdapat diantara lemak di dalam aliran darah atau dalam pembuluh darah serta di semua sel pada tubuh manusia. Kolestrol ada 8 jenis, namun kita hanya mengenal kolestrol  yang dikenal dengan LDL (low density lipoprotein) atau lebih dikenal dengan kolestrol jahat dan HDL (high density lipoprotein) atau kita kenal dengan kolestrol baik.

Kolestrol LDL memiliki sifat yang diendapkan dan kolestrol jenis ini akan mengendap di dalam pembuluh darah. Sedangkan HDL memiliki sifat yang baik yakni membawa LDL dan dibawa ke organ hati untuk diolah atau dirombak.
Kolestrol tidak hanya di temui pada orang yang gemuk saja, namun orang yang berbadan kurus dapat mengidap kolestrol tinggi. Hal ini bisa terjadi karena kolestrol mengendap dalam pembuluh darah.

Kolestrol jahat akan mengendap pada pembuluh darah. Sedangkan untuk trigliserida pada orang yang gemuk akan disimpan di bawah kulit. Trigliserida adalah salah satu jenis lemak yang mengalir dalam darah manusia.

Info Terkait :   Tips Agar Mata Tidak Cepat Lelah Saat Menggunakan Laptop Atau Gadget

Penyebab kolestrol tinggi

Di dalam tubuh manusia, sebenarnya terkandung kolestrol. Kandungan kolestrol normal di dalam tubuh sebesar 160 s/d 200 mg/dl. Kolestrol akan dikatakan berbahaya jika kadarnya diatas 240 mg/dl yang dapat menimbulkan penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke. Penyebab dari kolestrol yang tinggi adalah asupan makanan yang salah. Seringnya mengkonsumsi junk food dan makanan yang banyak mengandung minyak seperti gorengan adalah sekian penyebab kolestrol dalam darah naik.

Manfaat Minyak Zaitun Dalam Menurunkan Kolestrol Tinggi

Gejala kolestrol tinggi

Gejala kolestrol tinggi diantaranya adalah timbulnya benjolan berwarna merah atau disebut xanthomas. Gejala lain adalah sering mengeluh sakit kepala atau migrain, sering kesemutan dan sakit pada sendi.

Cara menurunkan kolestrol tinggi dengan minyak zaitun

Seseorang dianjurkan untuk mengkonsumsi minyak zaitun dalam keadaan mentah sehingga dapat lebih efektif dalam menurunkan dan mengobati kolestrol di dalam tubuh. Dianjurkan juga untuk mengkonsumsi minyak zaitun 1 –  3 sendok makan per harinya. Namun jika Anda baru mencoba atau memulai mengkonsumsi minyak zaitun sebaiknya diminum 1 sendok makan perhari terlebih dahulu. Minyak zaitun akan baik jika di konsumsi  30 menit atau 1 jam setelah makan. Hal ini akan memberi kesempatan makanan yang kita konsumsi di proses terlebih dahulu oleh organ pencernaan.

Setelah Anda mengkonsumsi minyak zaitun, sebaiknya selalu mengecek kadar kolestrol agar mengetahui hasilnya. Agar hasilnya maksimal, sebaiknya tidak hanya mengkonsumsi minyak zaitun saja, akan tetapi bisa dipadukan dengan mengkonsumsi  bahan alami lain seperti rosella atau teh yang dapat membantu menurunkan kadar kolestrol dalam darah bersama dengan minyak zaitun.

Namun jika usia Anda baru 30 sampai dengan 40 tahun atau baru awal merasakan kolestrol yang tinggi maka mengkonsumsi minyak zaitun saja sudah cukup. Meski begitu, jika kadar kolestrol tinggi dan telah benar – benar mengganggu keseharian Anda atau bahkan telah kronis, maka perlu memilih minyak zaitun yang memiliki extra virgin yakni perasan pertama yang berwarna hijau muda. Oleh sebab itu, saat membeli minyak zaitun sebaiknya kita bisa melihat warna dari minyak zaitun itu sendiri atau tidak membeli yang berada didalam kaleng.

Info Terkait :   Olah Raga Rutin Dapat Kurangi Resiko Kanker Payudara
loading...

Selain melakukan pengobatan dengan mengkonsumsi minyak zaitun, kita juga harus menjaga pola makan yang sehat dengan cara mengurangi asupan makanan dengan kandungan minyak lainnya (selain zaitun). Kandungan minyak lain seperti pada gorengan sebaiknya di hindari.

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan lainnya

Manfaat minyak zaitun untuk kesehatan lainnya adalah dapat mengurangi dan mencegah pertumbuhan sel kanker. Hal ini disebabkan minyak zaitun memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Disamping itu, kandungan senyawa hidroksitirosol di dalam minyak zaitun  sangat membantu dalam menstabilkan kadar gula dalam darah.

Disamping sebagai pencegah pertumbuhan sel – sel kanker dan menyeimbangkan kadar gula darah, manfaat minyak zaitun lainnya adalah dapat menyehatkan organ pencernaan terutama pada usus. Selain itu dapat mencegah pikun, menjaga kesehatan kulit serta dapat menghilangkan arthritis.

Manfaat minyak zaitun untuk rambut dan wajah

Minyak zaitun juga bermanfaat mengatasi rambut yang rusak, menghilangkan ketombe pada kulit kepala serta melembabkan kulit secara alami. Untuk bagian wajah, minyak zaitun dapat menghilangkan vlek hitam di wajah dan dapat menangkal radikal bebas.

Bahaya penyakit kolestrol

Kolestrol tidak hanya dapat menimbulkan penyakit dan mengganggu kesehatan saja. Kadar kolestrol normal memiliki fungsi yang penting yakni membentuk suatu hormon di dalam tubuh. jadi kolestrol tetap dibutuhkan oleh tubuh namun kadarnya tidak boleh melebihi batas normal. Jika kolestrol di atas normal atau berlebihan maka dapat menimbulkan penyakit pada tubuh.

Menjaga kolestrol tetap normal adalah langkah terbaik agar terhindar dari penyakit kolestrol tinggi dan penyakit berbahaya lainnya. Jika pembuluh darah tersumbat oleh endapan kolestrol jahat, maka aliran darah juga tidak akan lancar sehingga bisa timbul penyakit jantung koroner sampai penyakit stroke.

Selain itu, penyumbatan di dalam arteri karena kolestrol dapat menyebabkan asam urat serta rematik. Penyumbatan pada pembuluh arteri ini biasanya terdapat di ujung kaki, jika sudah lama maka bisa pecah dan timbullah varises.

Info Terkait :   Cara Mengatasi Dan Mengobati Bau Mulut Secara Alami

Mencegah penyakit kolestrol tinggi

Seperti telah disinggung di atas, salah satu upaya dalam mencegah kolestrol tinggi adalah menerapkan pola hidup yang sehat. Menghindari dari mengkonsumsi makanan berminyak secara berlebihan adalah salah satu cara yang direkomendasikan. Tidak mengkonsumsi gorengan secara berlebihan adalah sangat penting untuk Anda lakukan. Jika ingin mengkonsumsi tempe, sebaiknya Anda tumis saja. Jangan menggunakan tepung pada tempe atau tahu gorengan, karena minyak yang tersimpan pada tempe dan tahu terbilang tinggi.

Jika ingin membuat nasi goreng, buatlah dengan beras coklat agar minyak tidak terlalu banyak terserap. Selain itu konsumsilah sayur dan buah secara mentah. Tentunya sayur dan buah tersebut telah dicuci bersih.

Jika Anda ingin mengetahui makanan apa saja yang dianjurkan untuk menurunkan kolestrol selain minyak zaitun, silahkan baca Kolestrol Normal Dengan Makanan Berserat.

Pola sehat lainnya adalah dengan tidak mengkonsumsi daging dengan lemak jahat. Buanglah lemak atau gajih pada daging sapi atau kambing. Mengkonsumsi daging sangat baik untuk kebutuhan protein bagi tubuh, namun perlu diperhatikan cara mengolah atau memasak daging tersebut. Jika menggunakan minyak yang banyak maka hindari saja.

Jika ingin kolestrol Anda turun secara cepat dengan bantuan obat artikel ini wajib di baca: Manfaat Omepros Dalam Menurunkan Kolestrol.

Makanan yang perlu dihindari

Manfaat Minyak Zaitun Turunkan Kolestrol Tinggi Dengan Cepat_1

Selain itu makanan yang perlu dihindari agar kolestrol tidak naik adalah :

  • Makanan dari laut atau seafood (siput, udang, cumi – cumi, kepiting dll)
  • Santan
  • Daging kambing
  • Kunig telur
  • Telur puyuh
  • Jeroan, baik daging sapi maupun kambing (berbahaya !)
  • Coklat
  • Mentega

Untuk mencegah kolestrol tinggi,  kita juga harus memperhatikan makanan dengan bahan – bahan sebagai berikut  :
Cream, susu, mentega, keju, telur (kunig telur), daging.

Bagi Anda penyuka berat daging kambing atau sapi, dapat membaca artikel ini : Menjaga Kolestrol Tetap Normal Bagi Penyuka Daging.

Jika artikel ini bermanfaat, silahkan share agar bermanfaat juga bagi teman, saudara atau keluarga Anda!

loading...

Related For Manfaat Minyak Zaitun Dalam Menurunkan Kolestrol Tinggi