Penting! Manfaat Tersembunyi Jus Daun Seledri Untuk Diet Agar Kamu Langsing!

Manfaat daun seledri lebih banyak dikenal untuk kesehatan tubuh saja. Namun selain itu, kita bisa mendapatkan manfaat daun seledri untuk diet lho! Saat ini, kebanyakan orang mengkonsumsi seledri dengan dibuat dalam bentuk jus. Tentu saja ini cara praktis dan efektif bagi organ pencernaan untuk mencerna zat – zat yang ada dalam daun seledri dalam bentuk jus, daripada dibuat dengan olahan yang lain. Khasiat daun seledri untuk diet sendiri sebenarnya cukup membantu di dalam menurunkan berat badan.

Manfaat jus daun seledri untuk diet

Manfaat jus daun seledri untuk diet

Berikut ini adalah manfaat jus daun seledri untuk menurunkan berat badan :

  1. Kandungan serat yang tinggi

Kandungan serat yang tinggi pada daun seledri akan membuat organ pencernaan menjadi lebih sehat. Masalah BAB dan lain – lain akan teratasi dengan mengkonsumsi seledri. Kandungan serat yang tinggi juga akan membuat perut tidak mudah lapar.

Untuk mendapatkan manfaat seledri ini, sebaiknya kita buat saja seledri dalam bentuk jus.

  1. Kandungan air tinggi

Kandungan air dalam daun seledri terbilang tinggi yakni 95%. Ini sangat baik untuk kebutuhan sistem metabolisme tubuh. Berbagai proses metabolisme  tubuh sangat membutuhkan keberadaan air. Dimulai dari regenerasi sel kulit sampai proses pencernaan maupun dalam sistem organ lainnya dimana sangat membutuhkan keberadaan air.

Oleh karena itu, keberadaan air dalam daun seledri sangat penting, bukan hanya untuk diet saja, namun dapat memberikan dampak yang baik bagi kesehatan tubuh.

  1. Membantu menghilangkan toksin

Udara yang berpolusi serta makanan yang belum tentu higienis membuat berbagai bakteri, kuman dan kotoran bisa saja masuk kedalam tubuh kita. Zat – zat lain yang tidak berguna juga bisa tersimpan dalam tubuh dan menjadi toxin yang menggangu proses sistem metabolisme tubuh.

Termasuk sistem pencernaan, toxin yang ada pada tubuh dapat membuat program diet kita sulit untuk sukses.

Manfaat daun seledri adalah membantu membuang zat – zat ataupun toksin yang berada pada tubuh kita terutama pada organ usus.

Dengan hilangnya toksin dan zat – zat yang tidak berguna dalam usus kita, maka proses pencernaan makanan akan berlangsung lebih optimal sehingga diet kita juga akan lebih mudah.

Daun seledri memiliki kandungan asparigin, limonene dan selenium. Ketiga kandungan pada daun seledri ini sangat membantu menghilangkan berbagai kotoran dalam tubuh secara alami.

Nah ketiga manfaat diatas berperan dalam membantu diet kita. Dari segi kesehatan, daun seledri memiliki manfaat sebagai berikut :

  1. Meningkatkan kinerja organ ginjal
  2. Mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri
  3. Mencegah penumpukan kolestrol pada pembuluh darah
  4. Sirkulasi darah menjadi lancar
  5. Merawat jaringan kulit, organ mata serta rambut karena kandungan natrium, kalium, vitamin B1, B2 serta B6
  6. Menurunkan tekanan darah tinggi

Menu & cara mengolah daun seledri untuk diet

Jika kita ingin mengambil manfaat daun seledri untuk diet, maka dapat membuat variasi menu diet seledri sebagai berikut :

Sarapan pagi :

Jus seledri (blender beberapa batang daun seledri 2 atau 3 batang) + madu secukupnya

Roti gandum 1 iris + 1 buah pisang ukuran sedang

Cemilan diet pagi hari  : Buah – buahan sesuai selera

Makan siang :

Setengah porsi nasi beras merah + dada ayam kampung tanpa kulit (bisa ditambah sambal dengan sedikit garam saja)

Sayur sup seledri segar

Buah apel atau pir atau kiwi (jangan pisang atau papaya)

Cemilan sore : Buah – buahan kecuali pisang atau pepaya

Makan malam : 

Smoothie daun seledri, dibuat dengan cara :

Blender campuran 3 batang daun seledri + 2 buah kiwi yang diiris kecil – kecil + 1 batang daun peterseli + 2 buah jeruk manis + air secukupnya

Minum jus smoothie daun seledri tersebut sebelum makan malam.

Untuk menu makan malam :

Roti gandum + pisang

Lalapan berupa salad atau sayuran lainnya

Bisa ditambah telur rebus untuk menambah asupan protein selain daging ayam pada menu makan siang sebelumnya!

Pastikan kebutuhan karbohidrat, protein, vitamin dan lemak baik terpenuhi untuk melakukan diet dengan daun seledri ini.

Bagi Anda yang memiliki keluhan darah rendah, sebaiknya juga harus berhati – hati jika akan mengkonsumsi jus seledri secara rutin karena daun seledri dapat menurunkan terkanan darah dengan cepat.

Jika tekanan darah Anda cenderung sering rendah tentunya akan semakin drop sehingga sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daun seledri secara rutin setiap harinya.

Baca dulu :

Nah itulah manfaat daun seledri untuk diet dan kesehatan tubuh. Buatlah dalam bentuk jus seledri agar lebih optimal kita merasakan manfaatnya.  Silahkan dibagikaan ke teman atau saudara Anda jika artikel ini bermanfaat …