Menu

Manfaat Ikan Patin Bagi Tubuh Serta Untuk Bayi Dan Ibu Hamil

loading...

Manfaat ikan patin – Ikan patin merupakan salah satu keluarga dari jenis ikan lele yang hidup di perairan bebas terutama di sungai – sungai besar di Indonesia. Sungai sungai besar di pulau Kalimantan, Sumatera dan Jawa merupakan habitat bagi ikan batin. Ikan patin juga memiliki kumis seperti ikan lele dan termasuk kedalam jenis ikan yang mudah dibudidayakan. Ikan ini banyak disukai oleh masyarakat Indonesia karena memiliki rasa yang gurih dengan tekstur daging yang lembut. Ikan patin memiliki manfaat untuk kesehatan karena kandungan gizi yang ada didalamnya. Selain itu ikan patin juga bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil serta pertumbuhan si bayi. Jika Anda adalah orang yang gemar makan ikan ini, maka Anda sangat beruntung karena manfaat ikan patin tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja namun bisa membantu program diet Anda sukses.

Manfaat ikan patin bagi tubuh

Dengan berbagai manfaat yang baik bagi tubuh tersebut, maka mengkonsumsi ikan ini sangat dianjurkan karena kandungan gizi nya. Selain itu, ikan patin memiliki rasa yang gurih dengan tekstur daging yang lembut dan tentunya harga yang terjangkau sehingga banyak orang yang menyukai ikan ini.

Manfaat ikan patin bagi tubuh bisa kita peroleh karena ikan patin memiliki  kandungan berbagai gizi seperti protein yang tinggi, fosfor, kalsium serta kandungan lemak tak jenuh. Ikan patin juga mengandung omega 3 yang berperan di dalam mencerdaskan otak.

Info Terkait :   Fungsi Organ Ginjal, Komplikasi Penyakit Dan Bisakah Hidup Dengan Satu Ginjal?
loading...

Manfaat ikan patin untuk kesehatan

Di dalam ikan patin terkandung lemak tak jenuh sebesar 50% yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, Lemak tak jenuh ini juga berperan didalam menurunkan kolestrol di dalam tubuh. Jika kita mengkonsumsi ikan patin secara teratur maka kadar kolestrol darah akan normal. Jika kadar kolestrol normal maka sistem sirkulasi tubuh atau peredaran darah menjadi lancar dan tidak ada sumbatan dalam pembuluh darah. Hal ini akan menjauhkan kita dari berbagai penyakit berbahaya seperti jantung coroner. Kandungan kolestrol yang rendah pada ikan patin juga akan membuat ikan ini aman untuk dikonsumsi dalam jangka panjang.

Kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi. Dengan terpenuhinya kalsium dan fosfor ini maka kita akan terhindar dari penyakit tulang keropos atau osteoporosis.

Manfaat ikan patin bagi ibu hamil dan bayi

Ikan patin bermanfaat bagi ibu  hamil dimana kandungan gizi yang ada pada ikan patin dapat menjaga pertumbuhan si bayi dalam kandungan serta menjaga agar si bayi tetap tumbuh sehat dan normal. Selain itu kandungan omega 3 dapat membantu pertumbuhan otak si bayi agar bertambah cerdas serta tumbuh optimal.

Dengan tekstur daging patin yang lembut dan rasa yang gurih maka mengkonsumsi ikan patin akan bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Bagi Anda yang sedang melakukan program penurunan berat badan, ikan patin sangat membantu menurunkan berat badan atau diet Anda. Kandungan protein yang tinggi dapat menambah massa otot serta mengencangkan otot pada tubuh.

Info Terkait :   Cara Mengatasi Kesemutan Pada Tangan Dan Kaki

Selain itu, manfaat ikan patin yaitu meningkatkan daya tahan tubuh serta kekuatan tubuh kita. Sistem kekebalan tubuh atau imunitas tubuh akan selalu terjaga sehingga kita tidak mudah terserang penyakit.

Olahan ikan patin tidak hanya di goreng saja, namun dapat di buat untuk berbagai olahan masakan. Kita bisa membuat gulai ikan patin, sup ikan patin bahkan abon. Dengan berbagai manfaat ikan patin tersebut maka ikan patin sebaiknya menjadi menu wajib kita. Harga yang murah dengan kandungan gizi yang tinggi menjadikan ikan patin sebagai salah satu makanan favorit keluarga Indonesia.

loading...

Related For Manfaat Ikan Patin Bagi Tubuh Serta Untuk Bayi Dan Ibu Hamil