Manfaat Fosfor Bagi Tubuh Manusia

loading...

Manfaat Fosfor Bagi Tubuh Manusia – Memenuhi kebutuhan nutrisi bagi tubuh adalah cara sehat untuk selalu menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat. Apalagi berbagai mineral yang tergolong makroelemen atau unsur yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah banyak. Seperti unsur fosfor yang sering kita lupakan atau malah tidak kita ketahui manfaatnya.

Manfaat fosfor

Fosfor merupakan mineral utama dalam membentuk dan memperkuat gigi serta tulang kita. Anda pasti sering mendengar akan keluhan dari tulang keropos atau gigi keropos. Salah satu penyebabnya adalah kekurangan kalsium serta unsur fosfor sehingga terjadilah berbagai keluhan tersebut. Tak hanya itu, gigi keropos juga bisa terjadi jika kita kekurangan dalam mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung kalsium serta fosfor.

Fungsi fosfor bagi tubuh

Fosfor dapat berfungsi untuk membuat fosfat dalam tubuh kita. Fosfor ini dapat kita peroleh dari berbagai makanan ataupun minuman yang dapat kita jumpai dalam kehidupan kita sehari – hari. Contoh makanan dan minuman yang mengandung fosfor adalah makanan yang banyak mengandung protein seperti kacang polong, ikan, daging dan susu.

Fosfor juga dapat menyatu bersama mineral lainnya seperti sodium, alumunium, kalium serta magnesium guna pembentukan fosfat dalam tubuh. Selain itu fosfor akan membentuk garam yang berperan bersama fosfat dalam penguatan tulang dan gigi.

Fosfat dalam tubuh kita dapat berperan dalam penyaringan limbah pada organ ginjal. Dalam organ ginjal ini terjadi proses pembentukan urin dari hasil penyaringan darah untuk mengeluarkan limbah dan kotoran melalui air seni.

Info Terkait :   Efek Luar Biasa Air Putih Bagi Otak Kita
loading...

Selain itu, fosfor dapat berperan penting dalam proses keseimbangan mineral lain didalam tubuh. Didalam tubuh banyak sekali terdapat mineral yang jumlahnya tentu tidak sama. Nah inilah fungsi dari fosfor untuk menyeimbangkan berbagai mineral tersebut di dalam tubuh.  Hal ini tak luput dari kemampuan fosfor untuk dapat menyatu dengan mineral lainnya.

Fungsi fosfor bagi tubuh lainnya adalah sebagai mineral yang membantu pembentukan energi dalam tubuh manusia ataupun tumbuhan serta mahkluk hidup lainnya. Peran fosfor ini adalah sebagai pemindah energi yang berupa ATP saat proses metabolisme terjadi di dalam sel tubuh manusia.

Baca juga tentang :

Manfaat Nourish Skin Untuk Jerawat

Manfaat Omepros Dalam Menurunkan Kolestrol

Berdasarkan jenisnya, fosfat dibagi menjadi dua :

1. Fosfat organik : Fosfat jenis ini berasal dari hewan dan tumbuhan. Selain kedua organisme tersebut, fosfat ada dalam bentuk senyawa pada nucleoprotein, fosfo protein serta gula fosfat.

2. Fosfat Anorganik : Fosfat jenis ini dapat kita temukan pada tanah dan air. Sifat daripada fosfat itu sendiri adalah mudah larut sehingga akan mudah terkikis dan selanjutnya akan menjadi batuan sedimen.

Nah agar kita terhindar dari beberapa penyakit seperti gigi keropos dan tulang keropos, maka sangat perlu untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung fosfor dan kalsum tinggi. Dapat juga mengkonsumsi susu yang kaya akan kalsium sehingga secara bertahap akan menguatkan tulang dan gigi Anda.

Info Terkait :   Hindari Risiko Penyakit Jantung Dengan Mengkonsumsi Makan Ini!
loading...

Related For Manfaat Fosfor Bagi Tubuh Manusia