7 Manfaat Ajaib Bengkoang Untuk Diet & Kesehatan (No 1-3 Wajib Tahu)

Kita sering mendengar tentang manfaat bengkoang untuk wajah dan kulit. Namun apakah Anda tahu manfaat bengkoang untuk diet? Yup, kita juga bisa mengkonsumsi bengkoang untuk diet kita. Bengkoang juga bisa dimasukkan ke dalam menu buah untuk diet kita. Kita juga dapat mengkonsumsi buah bengkoang sebagai cemilan pagi maupun siang hari.

Manfaat bengkoang

Kandungan bengkoang

Manfaat bengkoang untuk wajah adalah sebagai pemutih kulit wajah dan mencerahkan wajah. Bagi para wanita tentunya sudah begitu akrab dengan buah bengkoang ini.

Lalu benarkah buah bengkoang bisa untuk diet?

Kandungan apa saja yang terdapat pada buah bengkoang?

Kandungan dalam buah bengkoang adalah sebagai berikut :

  • Vitamin C
  • Vitamin B1
  • Fosfor
  • Kalsium
  • Gula
  • Pati
  • Air sebanyak 89 – 90%
  • Serat

 

Manfaat bengkoang untuk diet

Diet bengkoang, mungkin masih terdengar asing di telinga kita. Bengkoang bisa dijadikan buah untuk cemilan diet kita bersama buah untuk diet lainnya, seperti apel, pir, kiwi, jeruk, papaya, pisang dll.

Alasan buah bengkoang bisa dipakai untuk diet adalah kandungan serat yang cukup tinggi di dalamnya. Serat pada buah bengkoang membuat organ pencernaan bekerja maksimal. Serat pada bengkoang juga dapat menyehatkan organ pencernaan terutama usus.

Bahkan mengkonsumsi bengkoang secara rutin dapat mencegah dari penyakit kanker usus.

Manfaat buah bengkoang untuk diet lainnya adalah kandungan air yang tinggi. Kandungan air pada buah bengkoang sekitar 89 – 90%. Mengkonsumsi buah bengkoang 2 kali dalam sehari (pagi dan sore) membuat perut kita kenyang lebih lama. Selain itu kandungan air dalam buah bengkoang sangat membantu tubuh kita tehindar dari dehidrasi dan menyehatkan tubuh.

Kombinasi kandungan serat dan air pada buah bengkoang membuat buah bengkoang menjadi buah yang baik untuk pencernaan serta cocok dikonsumsi sebagai makanan pengenyang perut.

Cara menjalankan diet bengkoang

Cara melakukan diet bengkoang agar kita merasakan manfaat buah bengkoang ini secara maksimal adalah dengan mengkonsumsi buah bengkoang 1 buah saja ukuran sedang sebelum makan pagi, makan siang dan makan malam.

Untuk menu makan, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang rendah kalori. Jika Anda masih mengkonsumsi nasi, maka konsumsi nasi 1/3 atau setengah porsi.

Jika Anda tidak mengkonsumsi nasi, Anda dapat mengkonsumsi makanan lain pengganti nasi seperti roti gandum, oatmeal, kentang rebus dan makanan rendah kalori lainnya.

Jika menu makan menggunakan roti gandum, maka kita dapat menambah susu skim atau susu rendah lemak di pagi hari.

Untuk ringkasnya, menu diet bengkoang kurang lebih sebagai berikut :

Sarapan :

1 buah bengkoang ukuran sedang / kecil

Nasi 1/3 atau ½ porsi

Sayuran (menyesuaikan)

Ayam tanpa kulit sebagai lauk

Cemilan pagi : Bengkuang / apel / jeruk / pir / kiwi dst (menyesuaikan)

Menu makan siang hari :

Kentang rebus 1 buah

Sayuran segar / salad

Bengkuang ukuran sedang saja

Cemilan siang hari : Jeruk / bengkuang / apel / pir dst (menyesuaikan)

Menu makan malam hari :

Susu rendah lemak

Roti gandum 1 atau 2 iris

Bengkuang ukuran sedang saja

Note : Penuhi kebutuhan air putih bagi tubuh setiap hari. Anda dapat menyesuaikan menu diet bengkoang diatas sesuai kebutuhan.

Kita dapat mengganti atau menambah minuman, misal teh  hijau dengan gula rendah kalori serta menambah buah atau makanan lainnya yang rendah kalori.

Manfaat buah bengkoang selain untuk diet

Selain bengkoang bermanfaat untuk perawatan kulit dan diet menurunkan berat badan, buah bengkoang juga bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat bengkoang untuk kesehatan antara lain :

  1. Menghindarkan dari resiko diabetes,
  2. Melancarkan buang air besar,
  3. Menurunkan kadar kolestrol tubuh
  4. Mencegah beri – beri
  5. Mencegah kanker usus
  6. Sebagai anti oksidan dengan kandungan vitamin C nya
  7. Mencegah dehidrasi

 

Baca juga :

Tetap Sehat Dengan Diet Sayur Dan Buah Tanpa Nasi
Cara Melakukan Diet Mediterania Beserta Contoh Menunya
Menu Diet Pepaya Dan Pisang, Cara Sehat Turunkan Berat Badan

 

Demikian manfaat bengkoang untuk diet dan kesehatan tubuh. Mengkonsumsi buah bengkoang secara teratur untuk keperluan menurunkan berat badan sangat dianjurkan agar hasilnya lebih terlihat signifikan. Agar hasilnya semakin maksimal, jaga pola makan dengan menu makanan yang bergizi, rendah lemak dan kalori yang yang seimbang. Hindari makanan yang mengandung garam. Lakukan olah raga secara teratur jika perlu dan ingin hasilnya lebih cepat. Jika bermanfaat silahkan share ya …

Related For 7 Manfaat Ajaib Bengkoang Untuk Diet & Kesehatan (No 1-3 Wajib Tahu)