20 Daftar Menu Makanan Untuk Diet Cepat & Sehat

Tipsdietsmart.com – Pada kesempatan kali ini akan kami sajikan tentang daftar menu makanan untuk diet sehat dan cepat. Seperti kita ketahui, sangat penting untuk memilih makanan sehat untuk diet. Kenapa? Memilih makanan yang cocok untuk diet akan mendukung mempercepat penurunan berat badan tentunya. Cara menurunkan berat badan tanpa memperhatikan apa saja menu makanan untuk diet yang baik maka hanya akan membuang – buang waktu saja.

makanan untuk diet

Masing – masing makanan yang baik untuk diet dapat berbeda dalam mempercepat proses metabolisme. Efek yang berbeda – beda ini termasuk dalam memberikan rasa  lapar, sekresi hormon dan berapa jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh.

Nah berikut ini kami berikan inormasi lengkap apa saja makanan yang baik untuk diet Anda.

Daftar menu makanan untuk diet cepat dan sehat

  1. Telur rebus

Makanan untuk diet cepat pertama adalah telur. Setelah dikhawatirkan membuat kolesterol tinggi, telur rebus ternyata sangat membantu dalam program diet kita.

Studi baru menunjukkan bahwa telur tidak mempengaruhi kolesterol darah dan tidak menyebabkan serangan jantung (Sumber disini).

Telur diklaim merupakan salah satu makanan yang baik untuk diet. Telur mengandung protein yang tinggi, lemak sehat serta jumlah kalori yang rendah.

Satu studi terhadap 30 wanita dengan berat badan berlebih menunjukkan bahwa makan telur untuk sarapan pagi, akan membuat kenyang dan membuat mereka makan lebih sedikit dalam 36 jam berikutnya (sumber disini).

Penelitian lain selama 8 minggu menemukan bahwa sarapan telur dapat membantu selama masa menguruskan badan dan membatasi asupan kalori per harinya.

Telur merupakan makanan untuk orang diet terbaik karena hampir semua nutrisi ditemukan pada kuning telur. Sangat dianjurkan untuk memasukan telur dalam menu makanan sehat untuk diet Anda.

Jika Anda tertarik memasukan telur atau melakukan diet dengan telur sebagai menu utama, Anda dapat membaca artikel lengkapnya di : Diet telur 3 hari.

  1. Sayuran hijau (kangkung, bayam, sawi)

Sayuran hijau termasuk kangkung, bayam, dan sayuran hijau lainnya sangat membantu dalam cara menurunkan berat badan. Seperti kita tahu, Cara diet alami selalu melibatkan sayuran sebagai menu , baik menu utama untuk program diet ataupun menu alternatif atau tambahan.

Satu hal terpenting dari sayuran adalah sayuran merupakan makanan rendah kalori, rendah karbohidrat tetapi memiliki kandungan serat yang tinggi. Kandungan serat yang tinggi sangat membantu dalam menurunkan rasa lapar.

Jadi sangat direkomendasikan untuk memasukan sayuran hijau dalam daftar  menu makanan sehat untuk diet Anda

Sayuran memiliki beberapa sifat yang membuat sayuran sangat ampuh untuk membantu menurunkan berat badan.

Mengkonsumsi sayuran hijau adalah cara yang bagus untuk meningkatkan jumlah kuantitas makanan Anda, tanpa meningkatkan jumlah kalori makanan yang terserap pada tubuh dan ini sangat cocok untuk program diet sehat.

Sayuran hijau juga sangat bergizi dan kaya akan segala jenis vitamin, mineral dan antioksidan di dalamnya. Termasuk kandungan kalsium, zat besi, dan kandungan penting lainnya.

  1. Ikan salmon

Ikan salmon

Makanan untuk diet lainnya adalah ikan salmon. Cara diet sehat tanpa mengkonsumsi salmon terasa kurang lengkap.

Apa alasan Anda harus mengkonsumsi ikan salmon?

Ikan salmon merupakan makanan yang baik untuk diet karena mengandung berbagai macam nutrisi penting dalam tubuh.

Ikan salmon mengandung kalori yang rendah, mengandung lemak sehat, yodium yang dibutuhkan tubuh, protein tinggi layaknya telur serta nutrisi penting lainnya termasuk omega-3.

Kandungan omega-3 kita ketahui sebagai nutrisi yang baik untuk otak. Namun disini perannya lain, omega-3 sangat membantu dalam mengatasi segala peradangan dalam tubuh, membantu dalam mengendalikan obesitas serta mencegah peyakit metabolik, sumber : https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/20500789

  1. Sayuran pelangsing tubuh

Menu makanan sehat untuk diet berikutnya adalah beberapa sayuran tinggi protein. Apa saja sayuran yang ampuh untuk membantu melangsingkan tubuh tersebut? Sayuran tersebut adalah brokoli, kembang kol, kubis dan brussels sprouts.

Selain sayuran tersebut mengandung serat yang tinggi, sayuran tersebut juga memiliki kandungan protein yang cukup banyak. Brokoli, kembang kol, kubis dan brussels sprouts merupakan makanan yang cocok untuk diet pengganti lauk yang diolah dengan minyak.

Walaupun kandungan protein tidak seperti makanan hewani maupun kacang polong, sayuran tersebut memiliki jumlah protein yang cukup untuk kebutuhan tubuh setiap harinya.

Tidak lengkap rasanya jika kita tidak memasukan salah satu sayuran diatas ke dalam menu makanan untuk diet sehat sehari – hari kita .

Selain mengandung vitamin, mineral dan zat gizi lainnya, makanan untuk diet cepat diatas juga mengandung zat perusak sel kanker.

Jika Anda tertarik melakukan diet dengan menu makanan utama sayur, maka bisa membaca artikelnya : Diet Sayur Tanpa Nasi.

  1. Daging ayam

Menu makanan yang baik untuk diet berikutnya adalah daging ayam. Sebaiknya mengkonsumsi daging ayam bukan daging ayam yang sudah diolah. Usahakan daging ayam dari ayam yang tidak diberi obat penggemuk. Kalau di Indonesia adalah ayam Jawa.

Daging ayam ini mengandung protein yang tinggi. Untuk mengkonsumsinya sebaiknya tidak menyertakan bagian kulitnya. Kita ketahui kulit ayam mengandung lemak yang tinggi sehingga sebaiknya kita pisahkan.

Mengkonsumsi makanan berprotein tinggi seperti daging ayam dapat membakar 80 sampai 100 kalori lebih banyak per hari, sumber  https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/18448177.

Penelitian telah menunjukkan bahwa meningkatkan asupan protein sebesar 25 – 30% kalori dapat mengurangi  60% keinginan untuk ngemil dimalam hari. Anda hanya perlu menambahkan asupan protein (daging ayam) dalam menu makanan untuk diet Anda.

Cara menurunkan berat badan tanpa mengkonsumsi makanan yang mengandung protein akan terasa kurang lengkap. Oleh karena itu, disarankan tambah asupan protein dengan mengkonsumsi daging ayam ini dalam menu makanan untuk diet sehat Anda.

  1. Kentang rebus

Menu makanan sehat untuk diet berikutnya adalah kentang rebus. Sebagian orang tidak menyukai kentang rebus. Namun makanan untuk diet yang satu ini dapat membantu dalam menurunkan berat badan dengan sehat dan cepat. Caranya adalah mengganti menu makanan berkarbohidrat atau berkalori tinggi dengan kentang rebus.

Kentang ini tinggi potasium, dimana mineral yang satu ini memainkan peran penting dalam pengendalian tekanan darah.

Dalam skala yang disebut Indeks Satiety, dimana percobaan ini mengukur seberapa banyak kandungan makanan yang berbeda. Penelitian ini menghasilkan data jika kentang rebus memberikan jumlah tertinggi dari semua makanan yang diuji.

Dengan mengonsumsi kentang rebus, Anda akan merasa kenyang sehingga tidak memiliki hasrat untuk ngemil atau mengkonsumsi makanan lainnya.

Makanan yang baik untuk diet seperti kentang ini bisa Anda coba kombinasikan. Silahkan baca artikel selengkapnya di Diet Kentang Dan Telur Rebus.

  1. Ikan tuna

Ikan tuna

Ikan tuna adalah makanan rendah kalori dan memiliki protein yang tinggi. Ikan tuna ini juga rendah lemak dan sangat populer sebagai makanan sehat bagi orang yang sedang diet maupun olahragawan.

Memasukan ikan tuna dalam menu makanan untuk diet Anda merupakan cara cerdas untuk mendapatkan manfaat yang besar, termasuk bagi kesehatan tubuh.

Perlu Anda ketahui, ikan tuna sangat populer di kalangan para binaragawan dan model kebugaran. Hal ini tak lain karena ikan tuna mengandung protein tinggi dan memiliki kandungan lemak serta kalori yang rendah.

Protein yang tinggi dapat membantu menambah massa otot (pembentukan badan) sehingga tak heran para olahragawan sampai binaragawan banyak mengkonsumsi makanan jenis ikan, termasuk ikan tuna ini.

Jadi, tunggu apalagi, masukan ikan tuna dalam menu makanan sehat untuk diet Anda.

  1. Kacang – kacangan

Makanan yang cocok untuk diet berikutnya adalah dari jenis kacang – kacangan. Beberapa kacang – kacangan dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Kacang tersebut mengandung protein nabati yang tinggi.

Beberapa kacang – kacangan termasuk kacang lentil, kacang hitam, kacang merah dan jenis lainnya.

Makanan untuk diet cepat ini cenderung tinggi protein dan kaya serat. Dua nutrisi ini terbukti dapat menyebabkan rasa kenyang dalam perut lebih lama sehingga kita tidak mudah ngemil.

Namun permasalahannya, beberapa orang bermasalah jika mengkonsumsi beberapa jenis kacang. Masalah tersebut tak lain adalah kolestrol dan asam urat. Oleh karena itu, kita harus bijak dalam mengkonsumsi makanan sehat untuk diet yang satu ini.

  1. Keju Cottage

Mungkin kita baru tahu jika makanan atau minuman yang mengandung kalsium tinggi dapat membantu membakar lemak lebih cepat (sumber https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/15090625).

Salah satu menu makanan sehat untuk diet tersebut adalah keju Cottage. Keju merupakan olahan ari susu. Keju tersebut mengandung protein dan kalsium yang tinggi. Kedua mineral ini sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Mengkonsumsi keju akan membuat Anda merasa kenyang dalam waktu yang lama namun asupan jumlah kalori relatif rendah. Sepeti kita ketahui, kalori makanan untuk diet adalah salah satu hal utama yang perlu diperhatikan dalam memilih makanan yang baik untuk diet.

  1. Alpukat

Kebanyakan buah mengandung karbohidrat yang  tinggi. Namun berbeda dengan alpukat dimana buah ini banyak mengandung lemak baik bagi tubuh.

Buah alpukat mengandung asam oleat tak jenuh tunggal. Ini adalah jenis lemak yang sama yang biasa kita temukan dalam minyak zaitun.

Selain mengandung lemak sehat, buah alpukat juga mengandung banyak air, dan juga memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Alpukat sangat cocok untuk dibuat jus atau campuran salad buah. Penelitian menunjukkan bahwa lemak di dalam buah ini dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dari sayuran 2,6 sampai 15 kali lipat.

Makanan yang baik untuk diet ini juga mengandung banyak nutrisi penting, termasuk serat dan potasium.

  1. Cuka sari apel

Selain memilih menu makanan untuk diet sehat sehari – hari, kita juga dapat mencoba nutrisi cairan yang satu ini, Cuka sari apel! Beberapa penelitian pada manusia menunjukkan bahwa cuka bisa bermanfaat untuk menurunkan berat badan.

Mengkonsumsi cuka bersamaan dengan mengkonsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dapat meningkatkan rasa kenyang dan membuat orang makan 200 – 275 kalori lebih sedikit pada hari yang sama.

Satu studi penelitian pada individu yang memiliki obesitas menunjukkan bahwa mengkonsumsi 15 atau 30 mL cuka per hari selama 12 minggu menyebabkan penurunan berat badan sebesar 2,6 – 3,7 pon, atau 1,2 – 1,7 kilogram.

Cuka juga telah terbukti mengurangi lonjakan gula darah setelah makan, dimana ini sangat menguntungkan bagi kesehatan dalam jangka panjang.

  1. Kacang – kacangan

Meski tinggi lemak, kacang-kacangan tidak secara inheren menggemukkan badan.

Kacang – kacangan adalah makanan yang baik untuk diet sehat karena mengandung jumlah protein nabati yang tinggi, serat dan lemak yang seimbang.

Penelitian telah menunjukkan bahwa mengonsumsi kacang dapat memperbaiki kesehatan metabolik dan bahkan menyebabkan penurunan berat badan.

Studi populasi juga menunjukkan bahwa orang yang makan kacang cenderung lebih sehat, dan lebih kurus daripada orang yang tidak.

Agar mendapatkan manfaat dari kacang ini, pastikan tidak berlebihan mengkonsumsinya. Hal ini dikarenakan kacang mengandung kalori yang masih cukup tinggi.

  1. Biji-bijian utuh

Makanan yang cocok untuk diet  berikutnya adalah jenis makanan biji – bijian.

Biji-bijian ini banyak mengandung serat dan protein cocok sebagai makanan untuk orang diet.

Contoh biji – bijian yang baik untuk dikonsumsi saat menjalankan program menurunkan berat badan adalah gandum, beras merah dan quinoa.

Anda bisa mengkonsumsi oat yang sarat dengan beta-glukan, serat yang larut dan telah terbukti meningkatkan rasa kenyang serta memperbaiki kesehatan metabolik tubuh.

Beras merah, bisa juga mengandung sejumlah besar pati, terutama jika dimasak lalu dibiarkan dingin sesudahnya.

Anda bisa membacanya dalam : Manfaat Oatmeal Untuk DIet

Jika Anda memiliki rencana diet rendah karbohidrat, maka sebaiknya hindari biji-bijian, karena mengandung karbohidrat yang tinggi. Tapi jika Anda akan memasukan produk – biji – bijian dalam menu makanan sehat untuk diet maka sebaiknya baca label dan pilih yang memiliki kandungan rendah karbohidrat dan kalori.

  1. Cabai

Cara menguruskan badan berikutnya dapat memasukan cabai untuk program diet Anda.

Cabai mengandung zat yang disebut capsaicin, yang telah terbukti membantu mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak dalam beberapa penelitian yang telah dilakukan.

Bahkan diluar negeri, ekstrak cabai dijual dalam bentuk suplemen dan merupakan bahan umum dalam suplemen penurunan berat badan komersial.

Satu studi menunjukkan bahwa mengonsumsi 1 gram cabe merah mengurangi nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak dibandingkan orang yang tidak rutin mengonsumsi paprika atau cabai. Jadi, Anda dapat memasukan cabe dalam daftar menu makanan sehat untuk diet dirumah.

  1. Jeruk bali

Jeruk bali

Sebagian besar ahli kesehatan sepakat bahwa buah itu menyehatkan. Tidak lengkap rasanya jika tidak memasukan buah dalam daftar makanan untuk diet sehat dirumah.

Sejumlah penelitian populasi telah menunjukkan bahwa orang yang paling banyak makan buah dan sayuran cenderung lebih sehat daripada orang yang tidak.

Tentu saja … korelasi tidak sama dengan sebab akibat, sehingga penelitian tersebut memang tidak membuktikan apapun. Namun buah memang memiliki sifat yang dapat membuat siapapun mengalami penurunan berat badan.

Meski mengandung gula, buah memiliki kandungan energi yang rendah dan perlu waktu dalam mengunyah. Ditambah lagi, serat dapat membantu mencegah agar gula tidak dilepaskan terlalu cepat ke dalam aliran darah.

Satu-satunya orang yang mungkin ingin menghindari mengkonsumsi buah adalah mereka yang melakukan diet karbohidrat rendah ketamin, atau memiliki semacam intoleransi terhadap fruktosa.

Bagi kita semua, buah bisa menjadi suplemen yang efektif (dan lezat) dan merupakan makanan untuk diet cepat dan sehat.

Salah satu buah yang berkhasiat sebagai makanan yang baik untuk diet adalah jeruk bali.

Jeruk bali ini ternyata sangat berpengaruh terhadap pengendalian berat badan dan ini telah diteliti secara langsung.

Dalam sebuah penelitian terhadap 91 orang obesitas. Mereka yang mengkonsumsi setengah buah jeruk segar sebelum makan terbukti dapat menurunkan berat badan sebesar 3,5 pon (1,6 kg) selama 12 minggu.

Kelompok grapefruit ini juga memiliki pengurangan resistensi insulin, kelainan metabolik yang terlibat dalam berbagai penyakit kronis. Ini tentu sangat membantu mereka yang memiliki masalah gula darah serta orang yang mengalami obesitas serta penyakit kronis lainnya.

Jadi, mengkonsumsi setengah jeruk bali sekitar setengah jam sebelum makan sehari-hari dapat membantu Anda merasa lebih kenyang dan Anda akan lebih sedikit makan makanan berkalori.

Mulai sekarang Anda dapat menjadikan jeruk bali ini kedalam daftar makanan sehat untuk diet di rumah.

  1. Biji Chia

Biji Chia

Makanan yang cocok untuk diet selanjutnya adalah biji chia. Biji chia merupakan salah satu makanan bergizi di bumi ini.

Biji chia mengandung 12 gram karbohidrat per ons, ini memang cukup tinggi, tetapi 11 dari jumlah tersebut adalah serat!

Hal ini membuat biji chia merupakan makanan rendah karbohidrat dan salah satu sumber serat terbaik di dunia.

Namun belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa biji chia dapat membantu mengurangi nafsu makan.

Tetapi karena kandungan nutrisi dalam biji chia yang baik, maka biji chia bisa kita pilih sebagai makanan yang baik untuk diet.

  1. Minyak Kelapa

Tidak semua lemak memiliki efek yang buruk bagi tubuh.

Minyak kelapa tinggi asam lemak berupa Medium Chain Triglycerides (MCT).

Asam lemak pada minyak kelapa ini telah terbukti bisa meningkatkan rasa kenyang dibandingkan dengan lemak lainnya sekaligus meningkatkan jumlah kalori yang terbakar.

Ada juga dua penelitian dimana satu di antara wanita dan wanita lainnya, menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi minyak kelapa memiliki penurunan jumlah lemak di perut.

Namun jangan berlebihan dalam menambahkan minyak kelapa dalam makanan diet Anda. Hal ini karena minyak kelapa masih mengandung kalori, jadi jika terlalu banyak justru berdampak tidak baik bagi diet sehat kita.

Pemakaian minyak kelapa yang baik adalah dengan mengganti minyak goreng biasa dengan minyak kelapa setiap kali memasak menu makanan sehat untuk diet Anda dirumah.

  1. Apel

Rekomendasi makanan untuk orang diet  berikutnya adalah buah Apel. Buah yang satu ini mengandung pectin. Zat ini secara alami memperlambat pencernaan dan mendorong perasaan kenyang. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi apel utuh dengan menu diet sehat lainnya dapat menekan nafsu makan

Selain itu, makan buah apel membantu mengkonsumsi lebih sedikit kalori secara keseluruhan. Mulai sekarang, kita dapat memasukan buah apel ini kedalam menu makanan untuk diet sehari – hari karena khasiatnya memang bagus untuk diet dan kesehatan tubuh.

Apel juga merupakan sumber antioksidan, vitamin C, dan serat yang baik. Pastikan untuk tetap mengkonsumsi kulitnya, dimana kulit buah apel ini juga mengandung berbagai manfaat untuk tubuh.

  1. Pisang

Kita dapat memasukan pisang dalam menu makanan sehat untuk diet dirumah.

Pisang mengandung potassium. Selain itu pisang juga merupakan sumber pati yang penting untuk menurunkan berat badan. Tubuh kita akan mencerna pati secara perlahan dan ini akan membantu untuk merasa kenyang lebih lama.

Kita tidak harus menunggu pisang tersebut masak atau terlihat kuning secara keseluruhan. Anda dapat mengkonsumsi pisang yang sebagian besar masih terlihat hijau.

Pisang juga dapat membantu mengatur tekanan darah, mengurangi masalah pencernaan, menambah nutrisi setelah berolahraga.

Bahkan dapat membantu mencegah stroke pada wanita lanjut usia. Mulai sekarang, masukan pisang kedalam menu makanan sehat untuk diet Anda dirumah.

  1. Kopi

Sudah bukan rahasia jika kopi dipakai untuk cara menguruskan badan. Saat ini berkembang kopi jenis green coffee yang bayak dijual secara online maupun di took atau apotek.

Sebuah studi di Fisiologi & Perilaku menemukan bahwa tingkat metabolisme rata-rata orang yang minum kopi berkafein 16% lebih tinggi daripada mereka yang tidak minum kopi berkafein.

Namun perlu diperhatikan berapa banyak krim dan gula yang Anda tambahkan ke cangkir kopi Anda. Ini tentunya untuk menghindari efek gula yang tinggi. Jadi sebaiknya pakai gula rendah kalori saat Anda minum kopi ini ya!

Baca juga :

Demikian informasi seputar berbagai minuman, buah serta makanan untuk diet cepat dan sehat. Pilih beberapa jenis makanan untuk diet sehat Anda sesuai dengan ketersedian di dekat rumah. Memilih makanan rendah kalori merupakan salah satu cara menurunkan berat badan secara cepat dan sehat. Dengan memilih menu makanan sehat untuk diet ini berarti Anda berinfestasi di masa yang akan datang. Karena kesehatan tentunya mahal harganya dan kesehatan adalah asset tak ternilai dan karunia dari Sang Maha Pencipta. Jadi perlu kita syukuri dan kita jaga! Jangan lupa berbagi manfaat dengan share ke teman dan saudara Anda!