Menu

Kurang Tidur Bikin Gemuk atau Kurus? Ini Penjelasannya!

loading...

Kurang Tidur Bikin Gemuk atau Kurus? – Salah satu hal yang perlu dijaga agar diet kita sukses adalah istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup dengan tidur tidak terlalu larut malam akan membuat badan kita saat bangun di pagi hari menjadi lebih nyaman dan segar. Kurangnya tidur di malam hari dapat menyebabkan kita cenderung “ngemil” atau makan makanan kecil. Padahal biasannya, makan makanan ringan seperti snack yang tinggi kalori akan menyebabkan timbunan lemak yang berlebih pada tubuh.

Hal ini tentu akan mengakibatkan diet kita tidak maksimal. Makan makanan kecil cenderung memiliki rasa manis dan gurih atau asin. Rasa manis tentu terkandung banyak gula dimana memiliki peran dalam menambah jumlah kalori bagi tubuh. Begitu juga rasa asin juga akan berpengaruh pada kebutuhan kalori dimana dalam sehari biasanya kita telah tercukupi tanpa harus “ngemil”.
Kurang tidur bikin gemuk atau kurus
Hal ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari sebuah Universitas di Chicago Amerika yang mengungkapkan bahwa kurang tidur cenderung akan memilih makan makanan ringan dengan kandungan lemak yang tinggi, seperti biscuit, keripik dan makanan kecil lainnya. Kurang tidur yang dialami oleh seseorang akan meningkatkan sistem endocannabinoid yakni senyawa kimia yang mirip seperti bahan aktif pada ganja dimana senyawa ini akan meningkatkan rasa ingin makan.

loading...

Info terkait : 5 Tips Diet Sederhana dan Alami Bagi tubuh

Info Terkait :   Cara Diet Alami Cepat dan Sehat Tanpa Olahraga

Keinginan untuk ngemil di malam hari ini terkadang tidak kita sadari dan kita anggap sepele, padahal rata – rata kebutuhan kalori untuk tubuh kita 90 % telah terpenuhi, hal ini jika berlangsung secara continue akan membuat berat badan kita cepat naik dan tentunya badan akan mudah bertambah gemuk.

Selanjutnya dalam penelitian tersebut menunjukkan bahwa akibat dari seseorang yang kurang tidur akan menyebabkan keinginan kuat untuk mengkonsumsi makanan terutama di sore hari. Meskipun telah makan dalam porsi yang cukup, keinginan untuk makan masih saja muncul.

Jika kita tidak mengantisipasi hal demikian maka kita akan sulit untuk mengontrol kebiasaan ngemil kita. Kebiasaan “ngemil” menjadi salah satu biang keladi dalam masalah kegemukan karena saat ngemil kita cenderung tidak memperhatikan kandungan lemak pada makanan kecil tersebut sehingga total lemak yang dikonsumsi akan meningkat dua kali lipat.

Sumber : Kompas.com

loading...