Efek Samping dan Takaran Pas Kopi Hijau Sebagai Penurun Berat badan

loading...

Kopi hijau penurun berat badan – Green coffee atau kopi hijau saat ini menjadi populer baik di mancanegara maupun di Indonesia sendiri dengan beberapa manfaat bagi tubuh. Salah satu yang marak saat ini adalah kopi hijau yang dikonsumsi untuk keperluan sebagai penurun berat badan atau diet. Hal ini tak luput dari peran kopi hijau di dalam membakar lemak pada tubuh.

Efek Samping dan Takaran Pas Kopi Hijau Sebagai Penurun Berat badan

Selain sebagai penurun berat badan, kopi hijau sebesarnya memiliki manfaat seperti kopi hitam lainnya,  yang paling terkenal adalah meningkatkan gairah atau mood bagi para peminumnya. Hal ini tak lain adalah karena kopi hijau mengandung kafein dan juga merupakan salah satu minuman yang memberi stimulan pada otak.

Selain kopi hijau sebagai penurun berat badan, kopi hijau dapat berperan sebagai antioksidan. Beberapa zat yang terkandung di dalam kopi hijau dapat menangkal berbagai radikal bebas dari udara serta makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Menurut penelitian dari Clinical and Experimental Hypertension, pada pasien yang mengkonsumsi 140 mg ekstrak biji kopi hijau dalam sehari terbukti dapat menurunkan tensi atau tekanan darah pada pasien tersebut.

Dari beberapa manfaat tersebut, khususnya untuk keperluan program diet, maka mengkonsumsi kopi hijau menjadi salah satu cara yang bisa kita coba untuk menurunkan berat badan. Lalu apakah ada efek sampingnya?

Info Terkait :   Cara Melakukan Diet Mediterania Beserta Contoh Menunya

Takaran yang dianjurkan untuk konsumsi kopi hijau?

loading...

Mengkonsumsi kopi hijau untuk keperluan diet atau menurunkan berat badan perlu diperhatikan. Maksimal dalam sehari kita hanya dianjurkan mengkonsumsi 480 mg untuk jangka waktu 12 minggu. Beberapa ekstrak kopi hijau juga aman untuk dipakai sebagai penurun berat badan dengan takaran maksimal 200 mg dalam 5 hari sekali selama 12 minggu.

Efek samping kopi hijau

Kopi hijau mengandung asam klorogenat dimana menurut Wikipedia, klorogenat ini dapat membuat kerusakan oksidatif serta dapat menyebabkan timbulnya bercak coklat terutama pada buah dan wine. Masih menurut Wikipedia sendiri, konsumsi dalam takaran wajar kopi hijau masih aman terutama untuk kandungan asam klorogenat.

Selain itu, kandungan kafein juga membuat seseorang menjadi ketergantungan sehingga mengkonsumsi kopi hijau juga harus bijaksana, jangan sampai over atau berlebihan yang dapat menimbulkan kecanduan.

Bagi penderita beberapa penyakit seperti diabetes, kecemasan, diare, kolestrol tinggi, osteoporosis, glaucoma harus lebih berhati – hati dan tidak boleh berlebihan di dalam meminum kopi.

Cara dan proses pembuatan kopi hijau penurun berat badan

Dalam membuat kopi hijau sendiri caranya sangat sederhana. Kopi hijau dibuat tanpa disangrai sehingga warna nya tetap asli hijau. Sebelumnya cuci terlebih dahulu kopi hijau nya, bilas sampai bersih dan jangan digosok agar nutrisi tidak terbuang.

Selanjutnya tinggal rebus dengan perbandingan 1 : 3 yakni, 1 gelas kopi hijau maka airnya 3 gelas. Rebus dalam waktu 12 menit dengan api yang besar sampai mendidih.  Aduk – aduk terus rebusan kopi hijau tersebut.

Info Terkait :   Mempercantik Wajah Dan Memperindah Bentuk Tubuh Dengan Thread Lift

Masukan rebusan tersebut kedalam gelas dan simpan dikulkas. Bahan ini dapat bertahan sampai 1 minggu. Selanjutnya Anda tinggal menyiapkan 2 sendok perasan jeruk nipis + 5 lb daun mint + 1 sendok gula tebu / madu lebih baik. Ambilah 1 gelas rebusan kopi yang sudah Anda simpan kemudian tinggal campur dengan bahan – bahan tersebut.

Nah itu  dia informasi mengenai efek samping, takaran yang dianjurkan serta cara membuat kopi hijau sebagai penurun berat badan atau diet Anda. Semoga bermanfaat.

loading...

Related For Efek Samping dan Takaran Pas Kopi Hijau Sebagai Penurun Berat badan