Kolestrol Normal Dengan Makanan Berserat!

loading...

Kolestrol Normal Dengan Makanan Berserat!

Makanan berserat bukanlah makanan yang bergizi. Tetapi makanan berserat dapat membantu organ pencernaan dalam melakukan proses pencernaan. Makanan berserat juga akan menjaga kesehatan tubuh kita termasuk mencegah sembelit dan dapat mencegah naiknya kolestrol dalam tubuh kita. Yup, Kolestrol tubuh kita akan normal jika kita rajin mengkonsumsi makanan berserat.

Saat ini, untuk memperoleh serat yang diperlukan oleh tubuh, sudah banyak makanan yang mengandung serat tinggi yang diproses dalam bentuk roti dan sereal.

Kita juga dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung serat sebesar 25 sampai dengan 30 gr perhari. Selain dalam bentuk roti dan sereal, kita bisa mengkonsumsi makanan berserat tinggi yang mudah kita dapatkan seperti sayur – sayuran, buah – buahan, kacang – kacangan maupun biji – bijian. Walaupun semua itu tidak sama kandungan seratnya tetapi sangat baik untuk membuat kolestrol dalam tubuh kita berada di kisaran normal.

Agar kesehatan kita tetap terjaga maka kita perlu mengetahui tentang serat. Ada dua macam serat yakni, serat yang larut dalam air serta serat yang tidak larut dalam air.

loading...

Nah jenis makanannya apa saja? Dibawah ini adalah sumber yang baik untuk tubuh kita yang larut dalam air dan bermanfaat sekali untuk menurunkan kolestrol dalam tubuh kita:

  • Kulit barley
  • Buncis kering
  • Polong – polongan
  • Kulit gandum
Info Terkait :   Bolehkah Ibu Hamil Minum Yakult? Ini Penjelasannya!

Untuk makanan yang mengandung serat dan tidak larut dalam air dimana baik sekali untuk mencegah sembelit dan kanker usus adalah sebagai berikut :

  • Kulit jagung
  • Kacang kacangan
  • Sayur – sayuran
  • Kulit gandum

Sebagian dari kandungan pada buah – buahan, sayur sayuran serta produk dari padi – padian adalah serat yang larut dalam air dan serat yang tidak larut dalam air. Jika Anda ingin memenuhi kebutuhan serat dalam tubuh dengan mengkonsumsi sereal, maka konsumsi juga sayur dan buah – buahan.

Masukkan menu sayur dan buah – buahan serta buncis pada menu makanan di sore hari agar kebutuhan serat terpenuhi, sehingga kolestrol akan tetap normal.

Nah itulah sedikit informasi mengenai makanan berserat yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh khususnya menjaga kadar kolestrol dalam darah agar tetap normal.

loading...
tags:

Related For Kolestrol Normal Dengan Makanan Berserat!