Khasiat & Manfaat Okra Untuk Diet Serta Cara Mengolahnya

loading...

Salah satu manfaat okra untuk diet adalah kandungan kalori yang rendah pada sayur okra. Kandungan kalori yang rendah membuatnya tidak akan disimpan dalam tubuh sehingga tidak akan menyebabkan kegemukan. Khasiat lain dari mengkonsumsi sayur okra untuk menurunkan berat badan adalah kandungan serat yang tinggi dimana sangat bermanfaat dalam sistem pencernaan, melancarkan pengeluaran feses/buang air besar dan tentunya membuat perut kenyang lebih lama. Ini sangat mendukung program diet Anda! Lalu bagaimana cara mengolah okra untuk menurunkan berat badan ? Simak terus ulasannya dibawah ini!

Khasiat & Manfaat Okra Untuk Diet Serta Cara MengolahnyaManfaat sayur okra lainnya masih banyak. Jika kita lihat kandungan yang ada pada sayur okra, maka kebutuhan berbagai zat seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral serta vitamin sangat tercukupi untuk tubuh. Berikut kandungan utama yang ada pada sayur okra.

Zat Nilai gizi % RDA
Energi 1.50% 31 kcal
Protein 2.0 g 4%
Lemak 0.1 g 0.50%
Karbohidrat 7.03 g 5.40%
Kolesterol 0 mg 0%
Serat 3.2 g 9%
Vitamin A 375 IU 12.50%
Vitamin E 0.35 mg 2.50%
Vitamin C 21.1 mg 36%
Vitamin K 53 µg 44%

Okra atau sering disebut lady finger dalam bahasa Inggris adalah salah satu jenis tanaman yang berbunga abadi dan termasuk dalam jenis tanaman kapas – kapasan. Tanaman okra ini cocok untuk dibudidayakan pada daerah beriklim tropis serta beriklim hangat, seperti Indonesia.

Sayur okra berasal dari Afrika dan saat ini sudah banyak dikenal diberbagai Negara seperti Negara Arab, Jepang, Srinlanka bahkan sampai Negara- Negara di benua Eropa dan Amerika. Namun untuk di Negara Indonesia, masih belum banyak orang mengenalnya.

Manfaat & khasiat okra untuk kesehatan

  1. Membantu buang air besar

Telah disinggung sebelumnya jika kandungan serat yang tinggi sangat baik untuk mencegah sembelit dan membantu buang air besar. Lady finger ini sangat baik membantu organ pencernaan melakukan proses pencernaan terutama usus sehingga mencegah sembelit

  1. Membantu melindungi organ paru – paru

Manfaat okra lainnya adalah dapat membantu melindungi organ paru – paru dari radikal bebas karena kandungan senyawa flavonoid yang berperan penting sebagai antioksidan. Kandungan xanthin, lutein dan beta karotein juga membantu untuk melindungi organ paru – paru Anda.

  1. Memelihara kesehatan mata & kulit

Selain mendapatkan manfaat sayur okra untuk diet, tanaman yang satu ini juga membantu di dalam memenuhi kebutuhan vitamin A yang berberan penting di dalam memelihara kesehatan mata dan kulit. Vitamin A menjaga selaput lendir pada jaringan kulit sehingga kulit akan tampak lebih sehat dan segar.

  1. Mencegah kanker

Kandungan antioksidan pada sayur okra dapat mencegah kanker terutama kanker di rongga mulut.

  1. Sangat penting untuk ibu hamil

Kandungan folat pada lady finger sangat berperan dalam menurunkan resiko cacat pada janin saat dalam kandungan.

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C 36% RDA meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita dalam melawan radikal bebas, mencegah berbagai penyakit seperti flu dan batuk.

loading...

Khasiat okra juga dapat membantu meningkatkan pengaturan Hb atau hemoglobin dimana distribusi oksigen akan dibawa oleh Hemoglobin ini sehingga sangat membantu di dalam pemenuhan kebutuhan oksigen di seluruh jaringan tubuh. Ini berpegaruh baik pada organ paru – paru serta kebutuhan oksigen terutama otak!

  1. Membantu memperkuat tulang & gigi

Khasiat okra selain untuk diet adalah dapat membantu memperkuat tulang dan gigi. Kandungan vitamin K 44% RDA meningkatkan kekuatan tulang dan gigi.

  1. Menurunkan tingkat kolestrol

Menurut studi dari The Journal Of Federation Of America , ekstrak dari sayur okra dapat menurunkan kolestrol dalam tubuh.

Sebenarnya masih banyak manfaat sayur okra untuk kesehatan tubuh. Manfaat penting lainnya dari buah okra adalah untuk menstabilkan kadar gula darah.

Menurut studi yang dilakukan pada tahun 2011 yang telah diterbitkan pada ISRN Farmasi, menyebutkan lady finger atau tanaman okra berkhasiat mengurangi penyerapan glukosa yang akan berdampak baik untuk mengurangi penyerapan gula darah.

Tips cara mengolah okra untuk diet

Cara mengolah okra untuk menurunkan berat badan adalah mempertahankan lendir yang ada pada okra agar tetap berada di dalam buah atau sayur okra tersebut. Caranya bagaimana? Masaklah okra tidak lebih dari 5 menit, karena setelah waktu tersebut biasanya cairan atau lendir dalam sayur okra akan keluar. Lendir pada sayur okra ini terdapat berbagai zat – zat penting seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.

Tips mengolah okra dengan infus water

  • Cucilah okra sampai bersih karena biasanya tanaman ini disemprot dengan pestisida.
  • Potong – potong menjadi beberapa irisan
  • Masukkan kedalam segelas air minum
  • Biarkan selama 3 jam
  • Setelah 3 jam, minumlah air dari infus okra tersebut
  • Sebaiknya diminum sebelum makan, sangat dianjurkan sebelum sarapan pagi

 

Lendir yang ada pada air infus water okra sangat baik untuk menstabilkan gula darah. Cara mengkonsumsi okra untuk menurunkan berat badan dan menstabilkan gula darah yakni sebelum makan dimana organ usus sangat efektif dalam penyerapan zat – zat penting yang terkandung pada okra.

Cara memasak okra untuk menurunkan berat badan & meningkatkan kesehatan

Sayur okra bisa dimasak dengan bumbu – bumbu seperti pada umumnya. Bisa dibuat sambal trasi, oseng – oseng, lalapan bahkan gulai dan aneka masakan Eropa.

Siapkanlan bumbu – bumbu seperti biasa sesuai selera Anda. Bisa bumbu oseng – oseng, sambal trasi atau lainnya. Namun jika kita akan mengolah okra untuk menurunkan berat badan maka sebisa mungkin hindari penyedap masakan, garam, gula dan minyak.

Setelah siap, masaklah bumbu – bumbu tersebut. Jika sudah , masukkan irisan okra kedalam bumbu yang telah dimasak.

Ingat, jangan lebih dari 5 menit ya, agar lendir tidak keluar dari okra. Setelah itu, angkat dan sajikan.

Khasiat & Manfaat Okra Untuk Diet Serta Cara MengolahnyaAlternatif lain di dalam mengolah sayur oka untuk menurunkan berat badan adalah dengan mengkonsumsinya sebagai lalapan.

Baca artikel menarik lainnya :

 

Demikian ulasan mengenai khasiat serta manfaat okra untuk diet beserta bagaimana cara mengolah okra untuk dikonsumsi guna menurunkan berat badan. Di Indonesia, tanaman lady finger ini memang belum populer. Oleh karena itu perlu sosialisasi dari instansi terkait untuk memperkenalkan khasiat dan manfaat penting dari tanaman okra, terutama manfaatnya terhadap kesehatan tubuh.

loading...

Related For Khasiat & Manfaat Okra Untuk Diet Serta Cara Mengolahnya