Khasiat Dan Manfaat Kayu Manis Untuk Diet

loading...

Pembahasan artikel kali ini adalah mengupas tentang khasiat dan manfaat alami dari kayu manis untuk diet. Perbincangan tentang topik seputar diet memang tidak ada habisnya. Ada banyak cara yang dilakukan oleh seseorang agar sukses menjalankan program dietnya. Terutama bagi seorang wanita, ia akan memilih banyak langkah yang ditempuh dalam menjalankan program dietnya. Salah satu cara yang belum banyak orang ketahui adalah dengan diet alami memanfaatkan kayu manis.

Kayu manis untuk diet_1

Seperti telah kita ketahui sebelumnya jika kayu manis memiliki khasiat dan manfaat. Selain sering digunakan sebagai bahan dapur kita juga dapat manfaatkannya untuk mendukung program diet kita. Ditambah lagi kita dapat memanfaatkan kayu manis sebagai bahan untuk melangsingkan tubuh secara aman tanpa takut efek samping..

Sebelum membahas lebih lanjut tentang manfaat kayu manis dalam menurunkan berat badan, Ada baiknya kita mengenal lebih kanjut tentang kayu manis dan khasiatnya itu sendiri. Kayu manis atau yang lebih dikenal dengan istilah latinnya cinnamomum verum , sin. C. Zeylanicum adalah sejenis pohon yang menghasilkan rempah-rempah. Ciri khas dari bumbu dapur ini adalah memiliki aroma yang amat wangi, dan tentunya jika diolah sebagai campuran makanan atau minuman memiliki rasa manis dan pedas. Beberapa orang memanfaatkan kayu manis sebagai rempah-rempah yang dapat dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan. Terutama apabila dikombinasikan dengan madu.

Pada dasarnya kayu manis adalah salah satu bumbu atau rempah indonesia yang tertua sudah banyak digunakan oleh manusia. Untuk asalnya sendiri bumbu rempah ini sudah lama sekitar 5000 tahun digunakan di mesir. Rempah kayu manis ini diperoleh dari kulit kering pohon cinnamomum zeylanicum. Salah satu kandungan senyawa kimia yang dimiliki oleh kayu manis antara lain, cinnamaldehyde. Secara tradisional kayu manis juga dijadikan sebagai suplemen untuk berbagai penyakit yang biasanya dicampur dengan madu. Salah satunya untuk pengobatan penyakit radang sendi, kulit, perut kembung, hingga jantung.

Info Terkait :   Khasiat & Manfaat Jamu Pelangsing Kunyit Asam Untuk Diet Serta Cara Membuatnya

Baca juga :

Ibu-ibu rumah tangga biasanya memanfaatkan kayu manis digunakan sebagai campuran bumbu kari dan bermanfaat untuk menurunkan badan. Selain itu juga digunakan sebagai bahan pelengkap pembuatan kue bolu dan kue lainnya. Kayu manis juga digunakan sebagai minyak essensial aromaterapi loh, karena memang aroma yang dihasilkan kayu manis wangi. Lalu bagaimana memanfaatkan kayu manis dipakai untuk menurunkan berat badan atau diet? Berikut ini cara mengolahnya.

Cara mengolah kayu manis untuk diet

Ada pun cara mengolah kayu manis untuk digunakan dalam menurunkan berat badan atau diet sangatlah sederhana dan gampang, terlebih dahulu anda harus menyediakan air hangat, lalu campurkan dengan kayu manis. Beberapa orang ada juga yang menambahkan campuran untuk menu diet kayu manis yakni ditambahkan dengan madu. Ya, ada yang meyakini bahwa olahan kayu manis dan madu banyak berpengaruh untuk menurunkan berat badan. Walaupun anda sudah mengkonsumsi ramuan herbal diet kayu manis, namun jika tidak diimbangi dengan olahraga yang cukup juga maka diet anda belum maksimal.

loading...

Ada beberapa alasan mengapa kayu manis cocok dapat membantu program diet Anda adalah karena terdapat kandungan antioksidan dalam kayu manis. Bukan hanya itu kayu manis juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida di dalam darah. Jika secara rutin kayu manisa dikonsumsi, setidaknya kayu manis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat sebanyak 27%.

Jika dilihat dari kandungan dan manfaatnya itu anda perlu kiranya mengetahui bagaimana cara kerja kayu manis saat dikonsumsi untuk diet. Bahan rempah kayu manis dapat membantu tubuh kita mengontrol gula darah, sehingga tubuh anda dapat melakukan proses pemecahan gula lebih efisien lagi. Kemudian, gula yang tidak digunakan tadi dapat di ubah menjadi lemak. kayu manis juga dapat meningkatkan kadar insulin dengan mencontoh aktivitas biologis insulin dan meningkatkan metabolisme glukosa dalam darah kita. Proses terjadinya metabolisme glukosa yang rendah menyebabkan gula darah menjadi tinggi dan menyebabkan timbunan lemak di dalam tubuh meningkat dari waktu ke waktu. Untuk mencegahnya, maka dimanfaatkanlah remaph kayu manis. Ada juga peelitian yang menunjukkan bahwa kayu manis bisa memperlambat waktu yang dibutuhkan oleh makanan untuk mencapai usus. Sehingga, ini akan membuat kita merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, kita tidak akan makan terlalu banyak dan berat badan pun bisa turun dengan cepat.

Info Terkait :   5 Tips Diet Alami Untuk Mengecilkan Perut Buncit

Berikut ini resep kayu manis yang cocok untuk diet dan dapat anda coba dirumah :

  1. Anda bisa menggunakan kayu manis yang padat atau juga yang bubuk. Untuk lebih praktis gunakan bubuk kayu manis setengah sdt (sendok teh), anda juga bisa mencampurnya dengan madu sebanyak satu sdt (sendok teh), dan air mendidih satu cangkir.
  2. Cara membuatnya, masukkan bubuk kayu manis dan madu ke dalam gelas kemudian tambahkan air panas secukupnya.
  3. Kemudian tutup dan biarkan campuran tersebut selama kurang lebih setengah jam lalu kemudian buang ampasnya atau gunakan saja saringan lalu minum pada saat perutmu masih kosong, terutama sebelum makan pagi.

Dari cara di atas anda dapat mengetahui manfaat dan khasiat madu untuk diet yang dapat dicampurkan dalam olahan minuman kayu manis. Seperti sudah kita ketahui sebelumnya bahwa madu memang ramuan herbal alami yang sudah terkenal akan manfaat dan khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Madu juga memiliki kandungan alami yang sangat baik bagi tubuh seperti kaya akan antioksidan, anti bakteri, vitamin B, vitamin C dan masih banyak kandungan zat-zat penting dalam madu dan berguna bagi tubuh. Madu juga diperkaya berguna untuk mengurangi sisiko terserang serangan jantung dan juga kolestrol jahat. Di dalam madu terdapat kandungan yang kaya akan vitamin, minerl, dan antioksidan juga kandungan asam amino. Selain itu, madu juga sangat bagus dijadikan sebagai alternatif pengganti gula yang dapat diserap oleh tubuh dengan perlahan dan aman. Ternyata madu juga dapat diperkirakan bisa menurunkan berat badan. Menurut penelitian anda dapat menurunkan berat badan dalam waktu singkat jika rutin mengkonsumsi. Caranya, adalah dengan mengkonsumsi satu sendok madu sebelum tidur. Madu memiliki pengaruh bertindak sebagai bahan bakar bagi hati   dan menghasilkan glukosa. Dari glukosa tersebut akan membuat kadar gula otak tinggi dan memaksa untuk melepaskan hormon pembakaran lemak.

Info Terkait :   Cara Langsing Alami Dengan 6 Langkah

Tips diet lainnya :

Kemudian manfaat dari kayu manis untuk diet khususnya untuk pencernaan adalah mengatasi parasit dan bakteri pada usus, dan melakukan penyerapan nutrisi serta dapat mengontrol keinginan untuk ngemil. Ya biasanya keinginan anda untuk ngemil atau mengkonsumsi makanan ringan adalah karena anda masih merasa lapar. Namun dengan meminum olahan dari kayu manis

Ada beberapa tips sehat untuk anda yang ingin mengkonsumsi olahan minuman kayu manis dan madu. Usahakan untuk berkosultasi sebelumnya pada dokter sebelum melakukan program diet. Di khawatirkan anda mengalami gangguan pencernaan atau yang lainnya. Lalu jika semua saran dokter kondisi anda sehat untuk diet konsumsilah minuman kayu manis dan madu di pagi dan malam hari.

loading...

Related For Khasiat Dan Manfaat Kayu Manis Untuk Diet