Berapa Kalori Yang Harus Dibakar Untuk Menurunkan 1 Kg? Ini Penjelasannya!

Kebutuhan kalori manusia setiap individunya berbeda – beda, apalagi saat melakukan program diet. Saat melakukan program diet terkadang timbul beberapa pertanyaan seperti berapa kalori yang harus dibakar untuk menurunkan 1 kg? Ataupun pertanyaan lainnya seperti berapa jumlah asupan kalori untuk orang diet; berapa jumlah kalori dalam makanan yang baik untuk diet; 500 kalori sama dengan berapa sendok nasi, dan lain – lain. Nah, pertanyaan – pertanyaan ini akan kami jawab dan semoga memberikan pencerahan bagi Anda semua seputar kebutuhan kalori perhari serta jumlah kalori makanan untuk keperluan program menurunkan berat badan.

Berapa Kalori Yang Harus Dibakar Untuk Menurunkan 1 KgMengatur asupan kalori melalui pemilihan beberapa jenis makanan maupun mengurangi porsi makanan menjadi langkah penting jika kita menginginkan berat badan kita tetap proporsional. Pentingnya mengetahui berapa kebutuhan kalori manusia dan jumlah kalori makanan secara tepat akan membuat kita lebih berhati – hati untuk menjaga berat badan sehingga badan tetap ideal.

Berapa kalori yang harus dibakar untuk menurunkan 1 kg?

Dalam 1 kg kurang lebih terkandung 7.700 kalori. Namun apakah kita harus membakar kalori sebanyak 7700 kal tersebut agar berat badan turun 1 kilogram?

Dikutip dari The Huffington Post, untuk membakar kalori sejumlah 7700 kal tidak sesederhana itu. Penelitian terhadap 2 orang dimana orang pertama memiliki badan yang kurus dan orang kedua memiliki badan gemuk menunjukkan hasil penurunan berat badan yang berbeda dengan perlakuan yang sama yakni melalui perencanaan menu makanan dan olah raga selama seminggu.

Hasil penelitian menunjukkan, orang pertama (berbadan kurus) berat badan turun tidak sampai ¼ kg. Sedangkan orang kedua (berbadan gemuk) berat badannya turun 1,5 kg.

Disini ada perbedaan hasil dari perlakukan yang sama, yakni membatasi jumlah kalori dalam makanan serta membakar kalori dengan olah raga.

Kesimpulannya, perbedaan orang kurus kehilangan berat badan berasal dari massa otot tubuh, sementara pada orang gemuk kehilangan berat badan berasal dari berkurangnya lemak dan air dalam tubuh.

Menurut penasihat  ilmiah Pamela Peeke M.D, penurunan kalori setiap orang bisa berbeda karana adanya perbedaan variabilitasnya. Faktor utamanya adalah kompisisi badan, termasuk lemak pada tubuh.

Jika Anda memiliki berat badan mendekati ideal, maka yang terbakar adalah otot, sedangkan anda yang memiliki badan gemuk maka yang terbakar adalah lemak!

Jadi, untuk menurunkan berat badan 1 kg harus membakar kalori sebanyak 7700 kalori tidaklah pasti. Jika orang gemuk maka membakar sebanyak 7700 kal bisa menurunkan berat badan 1 kg atau bahkan lebih dalam seminggu. Namun pada orang kurus, berat badan yang turun bisa kurang dari 1 kg.

Berapa jumlah asupan kalori untuk orang diet?

Kita harus mengetahui berapa jumlah kalori dalam makanan yang dibutuhkan untuk melakukan aktifitas sehari – hari. Laki – laki yang melakukan aktifitas biasa, seperti berjalan dan bekerja di dalam ruangan maupun aktifitas ringan di luar ruangan membutuhkan asupan kalori sejumlah 2000 kalori setiap hari.

Untuk wanita yang bekerja di kantor dan banyak menghabiskan waktu di meja kerja hanya membutuhkan 1800 kalori saja.

jumlah asupan kalori untuk orang dietDengan mengetahui angka tersebut, maka kita tidak boleh mengkonsumsi makanan dengan kalori yang melebihi angka tersebut.

Menurut Head of Nutrifood Research Center , contoh menu makanan dengan jumlah kalori dalam makanan sebanyak 1800 kalori adalah 6 – 7 sendok nasi, 1 mangkuk sayur, sepotong daging + buah yang dikonsumsi 3 kali dalam sehari.
Berapa jumlah kalori untuk diet?

Anjuran dari Asosiasi Kesehatan Dunia menyatakan bahwa cara membakar kalori yang aman bagi kesehatan tubuh adalah menurunkan asupan 500 kalori perhari. Ini bisa menurunkan berat badan sampai 1 kg dalam seminggu bahkan bisa lebih jika diimbangi dengan olah raga yang teratur.

500 kalori sama dengan berapa sendok nasi?

Mungkin kita juga bertanya – tanya, 500 kalori sama dengan berapa sendok nasi sih?

500 kalori sama dengan 2 centong nasi atau 1 mangkuk kecil nasi putih. Anda bisa mengurangi porsi nasi secara bertahap agar organ pencernaan juga lebih bisa menyesuaikan.

Mengurangi asupan 500 kalori per hari untuk diet menjadi langkah yang paling aman untuk mendapatkan berat badan ideal karena cara ini efektif membakar lemak dalam tubuh sehingga menurunkan 1 kg dalam 1 minggu bisa berhasil.

Angka 500 kalori mungkin terlihat kecil, tapi kita akan terkejut jika 500 kalori ini sama dengan mengkonsumsi 2 potong ayam tepung atau kita mengkonsumsi cake red velvet. Selain itu, 2 buah donat yang berlapis gula juga memiliki kandungan 500 kalori!

Jumlah kalori dalam makanan dan buah – buahan

Jumlah kalori dalam makanan

Kita juga perlu mengetahui jumlah kalori makanan agar lebih bisa memilih makanan apa saja yang sebaiknya kita konsumsi saat diet.

Jumlah kalori makanan :

Nasi putih 1 mangkuk kecil = 500 kalori
Sayur 1 mangkuk kecil = 30 kalori
Mie instan Rasa Ayam Bawang = 330 kalori
Roti putih 1 slice = 69 kalori
1 Telur rebus = 60 kalori
Telur goreng / dadar = 120 kalori
Daging siap santap (ukuran kotak) = 250 kalori
Daging ayam = 150 kalori
Ikan 1 ekor dengan ukuran sedang = 100 kalori

Jumlah kalori buah – buahan :
Mangga = 70 kalori
Pisang = 80 kalori
Apel = 50 kalori
Nangka = 100 kalori
Durian = 100 kalori
Buah naga = 60 kalori
Anggur = 15 kalori/biji
Jeruk = 50 kalori
Tomat = 80 kalori
Kiwi = 54 kalori
Pepaya = 30 kalori
5 biji kurma = 155 kalori
Jambu = 45 kalori

Baca artikel menarik lainnya :

Dengan mengetahui berapa kalori yang harus dibakar untuk menurunkan 1 kg serta jumlah kalori dalam makanan dan juga jumlah kalori per hari untuk diet, maka kita bisa lebih bijak lagi dalam memilih menu makanan untuk diet agar berhasil. Sangat disarankan untuk cemilan sebaiknya lebih banyak mengkonsumsi buah, sayur, roti gandum ataupun yogurt.