Inilah Alasan Tidak Boleh Tidur Setelah Sahur

loading...

Di bulan Ramadhan yang suci ini, Allah mewajibkan umat muslim untuk melakukan ibadah puasa. Puasa saat bulan ramadhan ini biasanya di dahului dengan sahur. Melakukan sahur merupakan sunah saat mau menjalankan puasa. Biasanya setelah melakukan sahur, kita masih mengantuk dan terkadang sering timbul pertanyaan, “bolehkah tidur setelah sahur? Atau lebih baik mana tidur setelah sahur atau tidak menurut kesehatan?

Inilah Alasan Tidak Tidak Boleh Tidur Setelah Sahur

Beberapa penjelasan dibawah ini mungkin dapat menjadi referensi terbaik bagi Anda yang penasaran terhadap beberapa pertanyaan seputar tidur setelah sahur.

Tubuh memang memerlukan istirahat yang cukup agar kondisi tubuh tetap bugar saat menjalankan puasa. Berbagai ibadah di bulan puasa dari mulai shalat tahajud sampai sholat tarawih membutuhkan energi dan kita harus pandai menjaga kondisi tubuh agar selalu fit, tidak lemas dan mengantuk. Inilah pentingnya istirahat yang cukup saat menjalankan puasa di bulan ramadhan. Apalagi bagi Anda yang tetap harus bekerja disiang hari, maka tidur dengan waktu yang cukup sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Baca artikel menarik lainnya :

Namun saat sahur apakah kita sebaiknya tidur lagi, ataukah tetap melakukan aktivitas ringan lain dirumah? Beberapa pendapat mengungkapkan bahwa setelah sahur dan shalat shubuh sebaiknya tidur kembali. Hal ini tidak sepenuhnya salah karena kita memiliki waktu yang terbatas untuk tidur, apalagi harus melakukan rutinitas di kantor.

Info Terkait :   Bagaimana Meningkatkan Libido Bagi Para Wanita? Coba Konsumsi Makanan Ini!
loading...

Waktu yang dibutuhkan untuk istirahat memang cukup sempit sehingga kita harus pandai – pandai membagi waktu. Kita tidak bisa menyia – nyiakan waktu begitu saja untuk hal – hal yang kurang penting.

Penjelasan mengenai alasan tidak boleh tidur setelah sahur

Tidur setelah sahur atau subuh menurut kesehatan khususnya kesehatan organ lambung berpengaruh pada proses pencernaan yang lambat. Jika kita tidur terlentang padahal sebelumnya kita melakukan sahur maka proses pencernaan akan melambat, biasanya timbul nyeri di ulu hati, dada mulai merasakan panas kemudian biasanya menjalar ke tenggorokan. Selain itu, akibat dari proses pencernaan tidak optimal dan lancar maka asam lambung dapat naik.

Bahaya tidur pagi menurut kesehatan

Alasan lain adalah dengan melakukan tidur setelah makan sahur  maka terjadi kelemahan pada katup antara organ lambung dan kerongkongan sehingga menyebabkan asam lambung bisa naik ke kerongkongan. Hal inilah yang menyebabkan dada terasa terbakar atau panas dan terasa tidak nyaman. Dalam kondisi ini, saat bangun tidur mulut akan terasa pahit serta kerongkongan terasa panas.

Saran terbaik

Rekomendasi dari dokter adalah jika kita selesai makan maka sebaiknya diambil jeda 2 jam setelah makan untuk tidur kembali. Hal ini tentu nya agar proses pencernaan yang dilakukan oleh organ – organ pencernaan menjadi lebih optimal bekerja.

Perlu kita ketahui juga, jika kita kurang tidur maka tekanan darah dan kadar gula darah akan cenderung naik. Nafsu makan juga akan naik dan metabolisme dalam tubuh akan terganggu. Selain itu nafsu makan juga akan kurang terkontrol.

Info Terkait :   Hati – Hati , Pola Tidur Tak Teratur Sebabkan Kanker Payudara

Sebagai pengganti dari kekurangan waktu tidur, kita bisa memanfaatkan waktu luang disiang hari untuk beristirahat (tidur) meskipun itu hanya 1 jam. Tidur selama 1 jam lebih baik daripada tidak sama sekali karena dengan istirahat yang cukup kondisi tubuh akan fit dan konsentrasi akan meningkat.

loading...

Related For Inilah Alasan Tidak Boleh Tidur Setelah Sahur