Hindari Makanan Pemicu Menurunnya Fungsi Ginjal Di Bawah Ini

Menurunnya fungsi ginjal_1

Img source : wikipedia

Hindari Makanan Pemicu Menurunnya Fungsi Ginjal – Ginjal adalah organ vital, organ yang sangat penting dalam tubuh kita. Tanpa adanya peran ginjal atau ginjal kita rusak maka tubuh kita tidaklah dapat bertahan hidup. Ginjal memiliki peran penting dalam tubuh yaitu menyaring racun dan kotoran dalam darah. Kotoran ini akan dibuang melalui urine serta keringat pada tubuh kita.

Ginjal dalam tubuh kita terdapat sepasang. Bentuknya seperti kacang encis. Ginjal pada orang dewasa rata-rata  mempunyai ukuran panjang kurang lebih 11,5 cm dan lebar ± 6 cm serta ketebalan 3,5 cm. Untuk berat ginjal adalah kurang lebih 120-170 gram atau ± 0,4% dari berat badan kita (wikipedia).

Ginjal terdapat jutaan sel sel nefron yang berfungsi dalam pembentukan urin. Pembentukan urin dalam ginjal melalui tiga tahap. Tahap yang pertama adalah filtrasi. Tahap ini adalah penyaringan zat – zat yang ada dalam darah dan memisahkan zat zat yang harus dikeluarkan melalui urin. Tahap yang kedua adalah Reabsorbsi, yakni penyaringan filtrat glomerolus berupa zat zat yang masih diperlukan oleh tubuh kita. Dan yang ketiga adalah Augmentasi yakni pembuangan racun yang tidak diperlukan lagi oleh tubuh.

Sedemikian pentingnya ginjal maka kita perlu untuk menjaga ginjal kita agar tetap sehat dan dapat menjalankan fungsinya secara normal. Salah satu untuk menjaga kesehatan ginjal adalah menghindari makanan yang memicu menurunnnya fungsi ginjal. Nah makanan apa saja yang dapat memicu menurunnya disfungis ginjal?

• Makanan bersodium tinggi. Makanan tersebut antara lain : makanan yang dibekukan serta diawetkan misalnya keripik kentang, sup kaleng, fast food ataupun junk food, hot dog, makanan beku, garam, kecap serta daging olahan.

• Makanan yang mengandung fosfor yang tinggi. Makanan ini dapat berupa keju, Yogurt, susu, krim, es krim, daging deli, jeroan daging, sarden serta tiram.

• Makanan dengan kandungan potasium yang tinggi. Makanan ini kita jumpai pada ubi, daun bit, kerang, saus tomat, Yogurt, kacang, kedelai serta kacang panjang.

• Makanan dengan kandungan asam oksalat yang tinggi. Misalnya buah Berry, peterseli, Kacang almon, seledri, kacang mete, kacang tanah, buah anggur, buah ara, serta buah kiwi.

Nah makanan – makanan tersebut dapat memicu menurunnya fungsi ginjal jika kita mengkonsumsi dalam jumlah berlebihan secara terus – menerus. Kita dapat mengkonsumsinya tetapi tetap dalam jumlah yang tidak berlebihan, karena walaupun makanan tersebut memicu menurunkan fungsi ginjal, tetapi ada zat – zat yang masih baik untuk keperluan kebutuhan nutrisi bagi tubuh kita.

 

Transplantasi ginjal Selena Gomez

Transplantasi ginjal Selena Gomez

Selain mengkonsumsi beberapa makanan dan pola makan yang tidak sehat, kerusakan ginjal dapat disebabkan oleh beberapa komplikasi penyakit lainnya, salah satunya penyakit lupus.

Seperti yang dialami oleh artis cantik Selena Gomez, ia menjalani operasi transpalantasi ginjal karena komplikasi penyakit lupus.

Beruntung, Selena memiliki seorang teman yang diketahui bernama Francia Raisa yang berhati baik untuk bersedia mendonorkan salah satu ginjalnya.

Lalu bagaimana bisa penyakit lupus bisa merusak ginjal?

Penyakit lupus merupakan kelainan sistem kekebalan tubuh dimana sistem kekebalan tubuh tersebut justru menyerang tubuhnya sendiri.

Akibatnya, peradangan pada tubuh mengakibatkan kerusakan seperti pada persendian, jantung, paru – paru, kulit dan ginjal.

gagal ginjal selena gomez

Keruskan organ ginjal merupakan penyakit yang umum dialami oleh penderita lupus.

Dari data National Institute of Health, setengah dari penderita lupus serta 80 persen anak – anak yang menderita penyakit lupus memiliki penyakit ginjal.

Pada organ ginjal, penyakit lupus dapat menyebabkan pembengkakan.

Selena Gomez sendiri telah didiagnosis penyakit lupus sejak tahun 2013 dan diungkapkan pada publik tahun 2015.

Dalam akun sosial medianya, Selena menyampaikan rasa terima kasihnya kepada temannya tersebut dimana telah mendonorkan ginjalnya.

Baca juga :

***

Tentu dengan mengetahui makanan – makanan pemicu menurunnya fungsi ginjal ini, kita dapat membatasi dalam mengkonsumsi makanan – makanan tersebut. Dengan kata lain kita akan semakin tahu akan kandungan nutrisi pada suatu makanan agar kita dapat menerapkan pola makan yang sehat dengan kandungan nutrisi seimbang sehingga tubuh kita akan selalu sehat, salam smart.