Hati – hati, Sering Memakai Obat Kumur Dapat Meningkatkan Resiko Kanker Mulut

loading...

Obat kumur kesehatan mulut_1Menjaga kebersihan dan kesegaran mulut memang baik untuk membuat nafas kita menjadi segar dan tidak berbau sehingga kita akan semakin tampil percaya diri. Biasanya untuk mendapatkan kesegaran nafas, kita sering melakukan kumur dengan obat. Jika kita sering melakukan kumur menggunakan obat kumur maka kita juga harus berhati – hati. Terlalu sering kita memakai obat kumur dapat menyebabkan kanker.

Dalam salah satu penelitian mengungkapkan bahwa terlalu sering kita berkumur menggunakan obat kumur dapat meningkatkan resiko munculnya kanker mulut.

Penggunaan obat kumur yang berlebihan, misal 3 kali dalam sehari atau lebih dapat meningkatkan resiko timbulnya kanker mulut, seperti yang dikatakan oleh dokter David Conway dari University of Glasgow.

loading...

Tetapi Anda jangan takut jika Anda hanya menggunakan obat kumur hanya dalam satu atau dua kali sehari karena peneliti tidak menemukan dampak yang buruk dari pemakaian dibawah 3 kali sehari.

Kebanyakan obat kumur mengandung alkohol, dan obat kumur ini sering digunakan oleh para perokok untuk menghilangkan bau rokok dalam mulut mereka.

Alkohol ini dapat membantu zat penyebab kanker misalnya nikotin, yang dapat menembus lapisan mulut. Jika ini terjadi, maka dapat timbul zat yang disebut acetaldehyde serta karsinogen yang dapat terus menumpuk di sekitar mulut.

Menurut studi yang diterbitkan di Australian Dental Journal tahun 2009 menyebutkan, penggunaan obat kumur pada perokok dapat meningkatkan resiko kanker sembilan kali lebih besar daripada yang bukan perokok.

Info Terkait :   Perokok Ringan Juga Beresiko Terkena Penyakit Jantung Dan Paru – paru.

Penggunaan obat kumur sebenarnya tidak perlu semua orang menggunakannya. Lebih bijak jika penggunaan obat kumur melalui resep dokter dan dokter biasanya memberikan resep untuk menggunakan obat kumur, misalnya pada pasien yang memiliki aliran air liur yang rendah.

Untuk menjaga kesehatan mulut dan gigi, menurut dokter David cukup dengan menyikat gigi secara rutin dengan pasta gigi fluoride yang dapat membersihkan kotoran disela – sela gigi. Selain itu selalu mengecek kesehatan gigi ke dokter gigi. Selain itu kita harus melakukan perawatan gigi dan mulut secara baik agar terhindar dari resiko terkena kanker mulut.

loading...

Related For Hati – hati, Sering Memakai Obat Kumur Dapat Meningkatkan Resiko Kanker Mulut