Hati – Hati , Pola Tidur Tak Teratur Sebabkan Kanker Payudara

loading...

Akibat Tidur tak teratur

Pola tidur yang tidak teratur memiliki dampak negatif bagi tubuh. Disamping badan menjadi kurang fit dan kurang bertenaga, pola tidur tak teratur juga menyebabkan kanker payudara pada wanita.

Pada wanita yang bekerja di malam hari tentu harus lebih berhati – hati. Perubahan waktu kerja sehingga menyebabkan badan menjadi rentan terkena penyakit, termasuk kanker. Hal ini dibuktikan dengan riset melalui tikus percobaan, seperti yang kami kutip dari Kompas Health.

Dari hasil percobaan, tikus yang rentan terhadap munculnya kanker mempunyai jam tubuh yang terlambat sampai dengan 12 jam setiap minggunya, selama setahun. Untuk normalnya, mereka mempunyai tumor setelah 50 minggu. Namun kenyataannya jika terjadi kekacauan terhadap pola tidurnya secara teratur, tumor akan muncul 8 minggu lebih cepat. Data juga menunjukkan jika hewan tersebut lebih berat 20 persen, meskipun mengonsumsi jumlah makanan yang sama.

Studi hubungan antara pembalikkan kronis terang-gelap dengan perkembangan kanker payudara dipubikasikan melalui Current Biology.

loading...

Meskipun studi penelitian terhadap manusia masih perlu dilakukan lagi, tetapi sangat dianjurkan bagi para wanita untuk tidak bekerja dengan sistem bergilir atau shif malam, apalagi ada riwayat keluarga yang memiliki kasus kanker payudara. Yang perlu menjadi perhatian adalah, studi terhadap manusia memiliki resiko yang lebih tinggi terhadap kanker payudara kususnya pada wanita yang berkerja malam hari dengan sistem bergilir, seperti pramugari.

Info Terkait :   Hindari Risiko Penyakit Jantung Dengan Mengkonsumsi Makan Ini!

Penjelasan penting lainnya adalah gangguan yang disebabkan ritme tubuh yag tidak teratur juga bisa disebabkan oleh faktor lain walaupun ini masih perlu diteliti kembali. Seperti faktor kelas sosial, tingkat aktivitas ataupun jumlah vitamin D yang didapatkan masing masing individu yang berbeda.

Menurut peneliti dari Erasmus University Medical Centre, Belanda, Gijsbetus van der Horst mengatakan bahwa jika terdapat situasi keluarga dengan resiko adanya kanker payudara maka sangat disarankan untuk tidak melakukan kerja dengan sistem waktu yang bergilir, seperti seorang pramugari

Sementara menurut Dr. Michael hastings dari UK’s Medical Research Council akan mempertimbangkan riset tersebut untuk pembuktian lebih lanjut secara definitif pada model tikus bahwa gangguan kanker yang disebabkan oleh perubahan jam kerja pada tubuh akan mempercepat pertumbuhan sel kanker payudara.

Banyak para ahli menegaskan jika sistem kerja bergilir dimalam hari memiliki banyak konsekuensi terhadap kesehatan. Oleh karena itu para pekerja harus lebih intensif dalam melakukan chek kesehatan. Bagitu juga bagi para atasan harus memberikan fasilitas kesehatan yang dibutuhkan oleh karyawannya.

Sumber : Kompas.com

loading...

Related For Hati – Hati , Pola Tidur Tak Teratur Sebabkan Kanker Payudara