Menu

Fungsi Ginjal Pada Manusia Dan Apa Itu Gagal Ginjal Kronik?

loading...

Fungsi ginjal pada manusia

Ginjal adalah organ penting didalam tubuh kita yang memiliki fungsi menyaring darah dan mengeluarkan kotoran yang ada dalam tubuh kita. Kotoran ini harus dikeluarkan karena jika tidak maka akan berdampak buruk bagi  tubuh. Sedemikian pentingya peran ginjal bagi tubuh, tetapi masih banyak juga masyarakat kita tidak menyadarinya. Kita sering lupa menjaga kesehatan organ tubuh kita yakni sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang dapat berdampak kurang baik bagi kesehatan ginjal kita.

Mengkonsumsi minuman – minuman kemasan yang mengandung pengawet, zat warna, minuman berenergi ataupun makanan yang pembuatannya melalui proses fermentasi secara terus menerus tentu akan menyebabkan kesehatan organ ginjal mengalami penurunan.

Baca juga :

Hindari Makanan Pemicu Menurunnya Fungsi Ginjal Di Bawah Ini

Kenali Gejala Gagal Ginjal, Sebelum Penyakit Ini Terlanjur Membunuh Anda!

Penurunan fungsi ginjal baik secara akut (secara tiba – tiba) ataupun penurunan fungsi ginjal kronis (penurunan secara perlahan – lahan) dapat menimpa siapa saja dan kapan saja. Penurunan fungsi ginjal tidak mengenal jenis gender ataupun usia.

loading...

Menurut dokter yang ahli di bidangnya, penyakit ginjal dapat menimpa bayi, anak – anak maupun orang dewasa. Untuk penyakit ginjal kronik lebih banyak dialami mereka yang telah berusia dewasa atau usia lanjut.

Gangguan ginjal akan lebih banyak menyerang seseorang yang menderita tekanan darah tinggi dan seseorang yang mengidap penyakit diabetes. Namun penyakit tekanan darah tinggi serta diabetes ini membutuhkan waktu yang cukup lama dari pertama seseorang yang menderita penyakit tersebut untuk menyebabkan penyakit pada ginjal.

Info Terkait :   Fungsi Organ Ginjal, Komplikasi Penyakit Dan Bisakah Hidup Dengan Satu Ginjal?

Gagal ginjal kronis biasanya disebabkan oleh tekanan darah tinggi yang didierita seseorang dalam waktu yang lama jika darah tinggi tersebut tidak diatasi seoptimal mungkin. Untuk itu bagi Anda yang menderita hipertensi, maka perlu perawatan yang baik guna menekan dan mengontrol tekanan darah. Untuk itu perlu selalu berkonsultasi ke dokter. Lakukan chek up secara rutin setiap bulannya.

Bagitu juga penyakit diabetes militus juga membutuhkan waktu yang lama bahkan tahunan untuk komplikasi pada penyakit ginjal. Seperti pada penyakit hipertensi, maka perlu chek-up rutin untuk mengontrol gula darah sehingga kadar gula darah kita dapat terkontrol.

Penyakit gagal ginjal biasanya ditangani oleh dokter spesialis penyakit dalam. Lakukanlah konsultasi dengan dokter yang terpercaya didekat kota Anda. Untuk pengobatannya juga bervariasi sesuai kondisi dari pasien. Untuk masing – masing pasien akan dicari penyebabnya. Jika sudah tergolong berat, maka perlu dilakukan hemodialysis atau cuci darah agar nyawa pasien dapat terselamatkan.

sumber : kompas.com

loading...

Related For Fungsi Ginjal Pada Manusia Dan Apa Itu Gagal Ginjal Kronik?