10 Efek Diet Mayo Ini Perlu Dipertimbangkan Sebelum Menjalankannya!

Efek diet mayo – Mendengar diet mayo mungkin sudah tidak asing lagi di telinga kita. Atau bahkan Anda pernah menjalankan diet ini? Diet mayo adalah satu diet yang sudah banyak dilakukan oleh masyarakat di Indonesia karena metodenya yang memang cukup efektif.  Diet ini dapat dilakukan oleh siapapun, tanpa adanya batasan usia.

Lalu apa sih diet Mayo itu? Diet mayo adalah suatu jenis diet yang membatasi konsumsi karbohidrat dan garam.  Orang yang mengikuti diet mayo diminta untuk mematuhi aturan dan larangan yang ada selama 13 hari. Diet ini bisa menurunkan berat badan hingga 7 kg selama 13 hari tersebut.

Namun dibalik kelebihan metode diet mayo tersebut, ada beberapa efek yang terbilang cukup mengganggu aktifitas, bahkan kesehatan tubuh. Lalu apa saja efek diet mayo yang buruk bagi tubuh tersebut? Berikut ulasannya!

Efek Diet  Mayo

10 efek diet mayo yang bisa muncul pada tubuh

Berikut ini beberapa efek diet mayo yang bisa terjadi pada tubuh Anda saat menjalankannya :

  1. Naiknya kadar gula dalam darah

Kadar gula yang naik drastis adalah bahaya yang paling menonjol dari diet ini. Hal ini karena orang yang melakukan diet ini untuk mengkonsumsi buah dengan waktu yang sama, dan harus mengurangi makanan lainnya.Apabila Mengkonsumsi buah secara berlebihan, diet mayo memungkinkan membuat kadar gula dalam darah naik.

  1. Berbahaya bagi penderita diabetes

kadar gula dalam darah naik

Karena kadar gula dalam darah yang naik,  maka diet ini tidak dianjurkan bagi para penderita diabetes. Bagi penderita diabetes, ada baiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Karena jika salah dalam memilih metode diet, bukan malah membuat anda sehat  tetapi justru kesehatan anda menjadi menurun.

  1. Mual

Saat anda melakukan program diet mayo, anda akan sering mengalami mual yang tinggi. Karena anda hanya mengkonsumsi buah dan sayur tanpa makanan padat sedikitpun.  Selain itu, anda juga akan merasakan lapar yang lebih, namun akan meminum air putih banyak sehingga akan mengakibatkan perut terasa mual.

  1. Dehidrasi

Diet mayo mewajibkan anda untuk mengurangi makanan yang mengandung garam. Padahal, garam juga merupakan zat yang penting bagi tubuh kita. Jika tubuh kita kekurangan garam, maka anda bisa mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Garam mengandung osmosis yang bisa menyerap air  dalam tubuh.  Hal inilah yang menyebabkan turunnya akadar air dalam tubuh,bila anda melakukan diet ini.

  1. Kelelahan

Karena tubuh anda yang mengalami dehidrasi ini, anda akan sering mengalami kelelahan, karena energi didalam tubuh berkurang.  Jika anda sudah mengalami hal ini, maka alangkah baiknya anda segera berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang baik atau segera menghentikan program diet ini. Jika kondisi tubuh Anda sudah membaik dan ingin memulai dengan program diet kembali, sebaiknya mendapat pengawasan dari dokter. Mintalah saran terbaik dari dokter gizi.

  1. Mudah mengantuk

Mudah mengantuk

Karena kekurangan garam dalam tubuh, ketika menjalankan diet mayo ini, maka efeknya tubuh akan akan  mudah lelah, dan sering mengantuk. Kondisi ini tentunya sangat ingin Anda hindari, terutama Anda yang selalu bekerja mulai pagi hari sampai sore hari. Untuk itu tentunya saat akan menjalankan diet mayo ini perlu pertimbangan yang matang.

  1. Naiknya kolesterol

Diet mayo dapat mengakibatkan kadar kolesterol dalam tubuh kita naik dengan cepat. Hal ini disebabkan karena menu makan yang berubah drastis.

  1. Fungsi ginjal menjadi terganggu

Diet mayo mewajibkan seseorang untuk tidak mengkonsumsi garam dan gula, hal ini bisa merusak fungsi ginjal.  Kadar protein tinggi pada makanan yang masuk ke dalam tubuh kita bisa mengganggu kinerja ginjal kita. Ginjal tidak dapat mengolah protein dan akan menumpuk di ginjal.

  1. Menimbulkan koma

Apabila kekurangan asupan garam dan kadar gula yang berlebih, maka  kesehatan Anda bisa menurun dengan drastis dan keselamatan nyawa juga bisa terancam karena hal ini bisa mengakibatkan koma.

  1. Emosi tidak stabil

Emosi tidak stabil

Anda bisa mengalami sulit mengkontrol emosi karena kondisi kelelahan yang berlebih. Hal ini dikarenakan mengkonsumsi buah dalam jumlah berlebih membuat kadar gula menjadi naik tetapi kekurangan energi sehingga kondisi badan tidak fit dan stabil . Hal ini akan membuat emosi menjadi tidak stabil dan mood menjadi tidak stabil.

Baca juga : 

 

Itulah beberapa efek diet mayo yang berdampak kurang baik untuk kesehatan tubuh.  Orang yang memiliki keluhan gula darah tinggi atau kolestrol tinggi sebaiknya perlu mempertimbangkan lagi. Jika anda ingin melakukan program diet, ada baiknya mempertimbangkan terlebih dahulu dengan berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan metode yang cocok dengan kondisi tubuh anda.