Diet Untuk Anda Dengan Golongan Darah A

Diet golongan darah A – Ada pro dan kontra mengenai diet dengan golongan darah, sebagian merasakan dampak yang signifikan dalam menurunkan berat badan, tetapi tidak sedikit yang menganggapnya tidak telalu berpengaruh dalam membuat badan ideal. Bagi mereka yang percaya, menu diet berdasarkan golongan darah A ini sangat cocok dalam menurunkan berat badan serta membuat badan lebih sehat.

Menurut beberapa ahli gizi, menurunkan berat badan dengan menjaga pola makan dan menu sesuai dengan golongan darahnya maka dapat membuat berat badan menjadi turun. Kecocokan jenis makanan dengan golongan darah akan mendukung proses pencernaan yang lebih baik. Kandungan nutrisi yang cocok dengan golongan darah A disinyalir menjadi suatu hal yang positif bagi proses metabolisme pencernaan.

Hal yang mendasar dari diet golongan darah A adalah bahwa tubuh kita memiliki lektin yakni sejenis protein dimana jika lektin yang terkandung dalam suatu makanan ini cocok dengan golongan darah, maka proses pencernaan akan berjalan dengan sempurna. Masih menurut ahli gizi, jika menu makanan tidak sesuai dengan golongan darahnya maka dapat mengakibatkan peradangan, perut yang tidak nyaman atau kembung, kanker pada organ pencernaan serta dapat memicu suatu penyakit.

Baca juga :

Menurut Health Care Ministry International, orang-orang yang memiliki golongan darah A ini memiliki sistem pencernaan yang sensitif. Dalam organ pencernaannya memiliki kadar asam lambung yang rendah tetapi memiliki kemampuan menghasilkan cairan yang cukup tinggi. Orang dengan karakter darah A ini juga rentan akan infeksi, penyakit pada sistem kardiovaskular, kanker, hingga diabetes.

Menu Diet Golongan darah A

Menu Diet Golongan Darah A

Nah pertanyaannya adalah menu apa saja yang diperuntukan untuk menurunkan berat badan bagi orang dengan golongan darah A?

Batasi konsumsi daging

Orang dengan golongan darah A cukup sulit untuk mentoleransi jenis makanan dengan daging yang berwarna putih. Hindari juga daging sapi, bebek, angsa, kambing serta babi.

 

Jenis Ikan

Untuk jenis ikan yang dapat dikonsumsi adalah salmon, cod, sarden, mackerel, dan trout. Untuk jenis makanan dari laut yaitu belut, halibut, herring, dan yang wajib dihindari adalah gurita.

Susu dan olahannya

Untuk minuman berupa susu, orang dengan golongan darah A dapat mengkonsumsi susu kambing, keju mozzarella, serta yogurt organik.

Makanan yang perlu dihindari bagi orang dengan golongan darah A : mentega, susu, serta keju sapi, dan makanan / minuman yang terbuat dari susu sapi harus dihindari.

Telur

Untuk telur, bagi golongan darah A dapat mengkonsumsi berbagai jenis telur, tetapi harus dapat membatasi jumlahnya, yakni tidak boleh lebih dari 3 butir telur per minggu.

Kekurangan / Kelemahan

Dengan membatasi jumlah makanan atau tidak mengkonsumsi sama sekali maka diet golongan darah A ini dapat membuat keseimbangan gizi dalam tubuh kurang. Untuk itu perlu sekirannya untuk menerapkan metode ini secara hati – hati, karena metode ini tidak memperhatikan jenis penyakit seseorang.

Olah raga yang cocok

Selain menjaga menu makan, diet orang yang memiliki golongan darah A sebaiknya selalu rutin untuk melakukan olah raga. Olah raga yang dianjurkan adalah olah raga yang tidak telalu menguras kekuatan fisik, seperti yoga, golf, bowling dan olah raga ringan lainnya.

Itulah cara dan menu diet golongan darah A yang bisa menjadi panduan Anda untuk menurunkan berat badan. Semoga bermanfaat bagi Anda!