Diet Ubi Jalar Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Belum banyak orang yang melakukan metode diet ubi jalar. Namun Andrew Flinders Taylor, warga Melbourne Australia ini melakukan cara menurunkan berat badan dengan mengkonsumsi ubi jalar. Seperti dikutip dari 9News, diet ini dilakukan oleh Andrew selama 100 hari. Pria yang berprofesi sebagai guru tersebut mengaku tidak membatasi berapa hari akan melakukan program ini, 100 hari hanyalah masa perjuangan dalam menurunkan berat badannya dalam 1 tahun.

Diet ubi jalar

Andrew mengungkapkan jika ia hanya mengkonsumsi ubi jalar  dan melakukan olah raga 6 kali dalam seminggu. Pria ini menjadi perbincangan setelah mengunggah video saat melakukan tes darah atau cek kesehatan oleh dokter yang menanganinya.

Dalam tes darah tersebut, hasilnya adalah kadar kolestrol Taylor yang menurun, tetapi untuk kadar asam uratnya naik. Meskipun begitu, dokter yang menangani tidak kawatir karena hal tersebut masih terbilang wajar bagi orang yang mengalami penurunan berat badan secara signifikan.

Untuk program diet ini, Dr. Mackay selaku dokter yang menangani Andrew tidak menganjurkannya. Namun jika Andrew melakukan program tersebut, ia bersedia mengawasinya.

Baca juga :

Resep Jus Untuk Diet Dengan Brokoli Dan Ketimun Jepang
Menu Diet Pepaya Dan Pisang, Cara Sehat Turunkan Berat Badan

Kontroversi
Beberapa pakar kesehatan di Negara Australia sendiri memberikan peringatan jika program diet tersebut bisa saja akan berdampak kurang baik bagi tubuh dalam jangka panjang. Perlu adanya penelitian yang lebih mendalam tentang metode penurunan dengan mengkonsumsi ubi jalar. Perlu meneliti adanya kandungan gizi pada tubuh seperti kalsium pada tubuh, seng, omega 3 dan lain – lain.

Meskipun dalam jangka pendek tubuh memperlihatkan kesehatan yang baik, namun dalam jangka panjang masih belum bisa dipastikan. Menurut pakar kesehatan dari Melbourne Autralia, mengkonsumsi ubi jalar ataupun kentang tidak akan memenuhi persyaratan kebutuhan gizi bagi tubuh.

Namun Andrew sendiri berpendapat jika ubi jalar sebanyak 1.5 kg dan 2.5 kg kentang telah memenuhi kebutuhan gizi tubuhnya.

Andrew sendiri berhasil menurunkan berat tubuhnya sebanyak 32 kg dalam waktu 100 hari. Selama itu pula beberapa keluhan depresi secara klinis juga menurun. Maskipun begitu, ia menyarankan jika ingin melakukan diet dengan cara ini, maka harus dibawah pengawasan dokter. Kondisi tubuh atau fisik setiap orang berbeda sehingga perlu adanya pengawasan dokter untuk mengetahui kondisi kesehatan tubuh si pelaku diet.

Andrew Flinders Taylor

Andrew Flinders Taylor, 100 hari turun 32 kg

Manfaat ubi jalar bagi kesehatan

Ubi jalar dapat membantu menurunkan berat badan karena kandungan serat yang tinggi namun memiliki kandungan kalori yang cukup rendah hanya sekitar 300 kalori saja. Oleh karena itu mengkonsumsi ubi ini sangat membantu menurunkan berat badan secara signifikan dan bebas perut lapar.

Selain itu, saat melakukan program penurunan berat badan, ubi jalar dapat membantu memaksimalkan proses pencernaan. Proses tersebut dengan cara membawa beberapa makanan di dalam saluran organ ke usus. Selain itu gangguan tingkat keasaman lambung dan gangguan pencernaan lainnya dapat diminimalisir dengan mengkonsumsi ubi jalar.

Bagi kesehatan tubuh sendiri, ubi jalar dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena adanya zat besi yang akan mengaktifkan limfosit atau sel darah putih sehingga tubuh akan lebih memiliki kekebalan terhadap penyakit.

Mengkonsumsi ubi jalar juga akan menjaga kesehatan jantung karena adanya kandungan kalium serta vitamin B6.
Hal yang tak kalah penting dari mengkonsumsi makanan ini yaitu menurunnya tingkat kadar gula darah seseorang karena kandungan alami pada ubi jalar. Hal ini membuat makanan yang satu ini aman untuk dikonsumsi bagi para penderita diabetes.

Ubi jalar juga dapat membantu di dalam pencegahan terhadap timbulnya sel – sel kanker dalam tubuh. Adanya beta karoten dapat menekan pertumbuhan sel kanker termasuk pada organ prostat, usus besar dan ginjal.

Kesimpulan

Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa diet menggunakan ubi jalar bisa dilakukan sebagai berikut :

1. Mengganti makanan pokok dengan ubi jalar dan atau kentang
2. Olah raga dilakukan 6 kali dalam seminggu (6 hari)
3. Harus dalam pengawasan dokter

Nah itulah diet yang bisa Anda coba dirumah, tentunya dengan memperhatikan kondisi kesehatan Anda sekalian. Selalu berkonsultasi atau cek kesehatan paling tidak sebulan sekali agar mengetahui kondisi tubuh yang sebenarnya. Jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi air putih sebagai kebutuhan pokok kita sehari hari. Selamat mencoba, semoga sehat dan sukses, salam smart!