Menu Diet Tanpa Nasi Selama Seminggu Bikin Badanmu Cepat Langsing!

Tips diet cepat – Benarkah cara diet tanpa makan nasi putih bikin cepat langsing dalam seminggu saja? Perlu kita ketahui bersama, masih banyak menu lain yang bisa membuat tubuh kita sehat dan berat badan cepat turun beberapa kilo. Diet tanpa nasi juga menjadikan gula darah maupun kadar kolestrol tubuh lebih stabil!

Diet tanpa nasi

Diet tanpa nasi | Image credit : Pixabay.com

Cara melangsingkan tubuh dengan menu diet tanpa nasi putih ini juga dapat menjadi pertimbangan bagi Anda yang selalu gagal dalam menurunkan berat badan.

Tetapi permasalahannya adalah dalam hal memilih menu diet sehat tanpa nasi ini. Kita sudah terbiasa dengan makan nasi putih sehari 3 kali. Lalu kira – kira menu diet apa saja yang bisa menggantikan nasi putih untuk diet ini?

Sebelum kita mengetahui menu diet tanpa makan nasi putih, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu, bahan – bahan makanan apa saja yang dapat dikonsumsi menggantikan nasi putih.

Bahan – bahan alternatif pengganti nasi putih

  1. Quinoa merah atau putih
Quinoa

Quinoa | Image credit : Pixabay.com

Quinoa mengandung protein tinggi untuk setiap butirnya dan memiliki kandungan semua asam amino esensial. Quinoa juga merupakan bijian yang secara alami bebas gluten dan jenis biji – bijian yang kaya serat.

  1. Kembang kol

Bunga atau kembang kol adalah alternatif menu makan tanpa nasi dimana mengandung karbohidrat untuk kebutuhan energi dan rendah lemak. Satu porsi kembang kol mengandung vitamin C harian yang tinggi.

  1. Brokoli

Brokoli merupakan bahan makanan untuk diet tanpa makan nasi yang bikin cepat langsing tubuh Anda. Brokoli adalah alternatif menu diet yang rendah karbohidrat,  namun memiliki serat yang tinggi. Selain itu, sayuran ini mengandung protein dan zat besi yang dapat menggantikan menu diet nasi kita sehari – hari.

  1. Beras merah

Meskipun tergolong nasi, nasi merah tetaplah berbeda dengan nasi putih. Beras merah atau nasi merah sangat baik dikonsumsi untuk Anda yang sering mengeluh tentang gula darah yang naik serta kolestrol yang tinggi.

Beras merah merupakan makanan diet sehat yang mengandung serat yang baik dan membantu sistem pencernaan serta membuat perut  kenyang lebih lama.

  1. Barley
Barley

Barley | Image credit : Pixabay.com

Diet nasi selanjutnya adalah dengan mengkonsumsi barley. Meski tidak sepopuler quinoa, Barley memberikan kebutuhan untuk menu diet tanpa nasi Anda. Barley mengandung serat yang tinggi dan mineral penting lainnya seperti selenium.

  1. Couscous

Couscous

Couscous adalah whole grain yang kaya kalsium dan juga mengandung vitamin B yang penting untuk tubuh.

  1. Farro

Farro

Farro adalah sejenis gandum yang berkacang atau seperti gabah yang mudah dicerna dan dapat menggantikan nasi sebagai menu diet utama. Farro ini kaya akan protein dan zat besi.

  1. Freekeh

Freekeh

Freekeh merupakan makanan dari Timur Tengah yang terbuat dari gandum hijau yang dipanggang. Kandungan serat pada makanan ini sangat tinggi bahkan lebih tinggi daripada quinoa sehingga sangat baik untuk dikonsumsi saat menjalankan diet tanpa nasi.

  1. Ubi jalar

Ubi jalar merupakan sumber vitamin C dan makanan dengan kandungan serat yang tinggi. Ubi jalar juga merupakan makanan yang akrab untuk masyarakat Indonesia karena untuk mendapatkannya sangat mudah.

  1. Gandum

Gandum adalah sumber protein nabati yang sangat baik dan akan menyediakan lebih dari 25% kebutuhan serat harian Anda. Gandum sudah tidak asing lagi untuk menggantikan menu nasi dalam berbagai program diet.

Menu diet seminggu tanpa nasi

Berikut ini adalah contoh menu diet 7 hari tanpa nasi yang bisa kita jadikan gambaran. Untuk menu makanan tentu tetap sesuai dengan ketersediaan bahan – bahan yang ada di lingkungan kita.

Menu diet nasi hari pertama :

Menu makan pagi —> Gandum (oat/oatmeal) + Susu skim.

Cemilan : Apel / mangga / melon

Menu makan siang —> Steak ayam / sapi + salad sayur / lalapan.

Cemilan : Apel / mangga / melon

Makan malam —> Sup sayur hijau + teh manis hangat (gula non fat)

Menu tanpa nasi hari kedua :

Menu makan pagi —> Roti gandum + mentega + selai (dibakar/dipanggang) + Teh  hijau hangat

Cemilan : Jeruk manis /  apel / pepaya

Menu makan siang —> Sup sayur brokoli/kembang kol + telur rebus

Cemilan : Jeruk manis /  apel / pepaya

Makan malam —> Nasi merah + kacang almond

Menu diet tanpa nasi hari ketiga :

Menu makan pagi —> Ubi jalar rebus +  teh manis

Cemilan : pepaya

Menu makan siang —> Salad sayur (gado – gado) + potongan kentang rebus

Cemilan : pepaya

Makan malam —> Roti bakar + sup kacang polong + quinoa

Diet nasi hari keempat :

Menu makan pagi —> Kentang rebus + susu skim

Cemilan : buah melon

Menu makan siang —> Sup sawi/bayam + taburan kacang polong/quinoa + barley / Farro

Cemilan : semangka/melon/alpukat

Makan malam —> Salad sayur + telur rebus + teh hangat tanpa gula/gula low fat

Menu tanpa nasi hari kelima :

Menu makan pagi —> Oatmeal + susu skim

Cemilan : melon/alpukat

Menu makan siang —> Beras merah + sayur sup brokoli/kembang kol

Cemilan : semangka /alpukat

Makan malam —> Buah apel + telur rebus + teh manis (dengan gula low fat)

Menu diet tanpa nasi hari keenam :

Menu makan pagi —> Sup ayam + perkedel kentang 3 butir tanpa nasi + teh hijau hangat

Cemilan : Yogurt

Menu makan siang —> salad sayur + ikan

Cemilan : Apel/jeruk

Makan malam —> Sayur asem + jagung + ikan tuna

Artikel terkait :

Saat menjalankan menu diet seminggu tanpa nasi diatas, tetap konsumsi air putih secara teratur terutama sebelum makan.

Tetap lakukan olahraga sesuai dengan kemampuan, atau cukup lakukan jogging atau jalan kaki untuk membakar kalori dan lemak yang tersimpan dalam tubuh.

Kunci untuk menurunkan berat badan adalah memastikan Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada hanya menyimpannya dalam tubuh.

Jika kita menghindari makanan seperti roti berkalori tinggi (bukan roti gandum asli), nasi putih ataupun pasta, maka ini akan sangat membantu tubuh kita dalam menurunkan berat badan.

Diet tanpa nasi turun berapa kilo ?

Menurunkan berat badan tanpa mengkonsumsi nasi, roti dan pasta tersebut akan mempercepat dalam menurunkan berat badan beberapa kilo hanya dalam 1 bulan. Bahkan selama seminggu berat badan kita bisa turun 1 – 3 kilogram.

Kenapa bisa begitu cepat menurunkan berat badan? Nasi dan roti mengandung 129 kal, karbohidrat sebesar 27.9 gram, protein 2.66 gram dan lemak 0.28 gram.

Jika kita pangkas dengan mengurangi nasi maka cadangan lemak atau kalori dalam tubuh yang akan dipakai untuk sumber energi kita. Apalagi jika kita melakukan olahraga. Maka semakin banyaklah cadangan lemak dan kalori yang dibakar.

Dari sisi kesehatan, makan tanpa nasi pada prinsipnya dapat membuat gula darah stabil. Hal ini dikarenakan nasi putih mudah dicerna dalam tubuh dimana mengakibatkan gula darah cepat naik dan juga cepat turun.

Saat gula darah turun atau rendah akan menyebabkan perut kita mudah lapar. Hal inilah yang menyebabkan nasi putih merupakan makanan yang mengenyangkan sekaligus membuat perut kita cepat lapar (bikin gemuk).

Mengganti nasi dengan menu berprotein tinggi

Diet dengan mengkonsumsi makanan dengan protein tinggi juga akan sangat membantu dalam menurunkan berat badan.

Sebuah artikel review yang diterbitkan The American Journal of Clinical Nutrition tahun 2015 mencatat bahwa makanan dengan kandungan protein 25 – 30 gram paling baik dalam mengendalikan nafsu makan.

Untuk hasil yang lebih baik lagi, usahakan diet tanpa nasi ini dilakukan dengan mengkonsumsi makanan tinggi protein namun rendah dalam indeks glikemik.

Sebuah studi yang diterbitkan di The New England Journal of Medicine pada tahun 2010 menemukan bahwa jenis diet tinggi protein membantu penurunan berat badan lebih banyak daripada diet yang lebih rendah protein dan lebih tinggi pada indeks glikemik. Diet dalam penelitian ini meliputi 25 persen kalori dari protein.

Gandum, beras merah Vs nasi putih

Jika Anda menurunkan berat badan, mengkonsumsi gandum akan jauh lebih baik. Gandum merupakan makanan yang mengandung serat yang tinggi tidak membuat gula darah naik atau turun seperti nasi.

Selain itu mengganti menu diet nasi putih dengan makanan berserat lainnya seperti nasi merah akan membuat kolestrol darah menjadi jauh lebih “aman”.

Perlu kita ketahui, secangkir nasi putih memiliki serat kurang dari 1 gram. Sedangkan beras merah dalam 1 cangkir yang sama memiliki sekitar 3,5 gram, yaitu 14 persen dari kebutuhan nilai serat harian. So, 2 x lipat nasi putih bukan? Great!

Sebuah studi yang diterbitkan The Journal of Nutrition pada tahun 2009 menemukan bahwa asupan serat yang lebih tinggi dari biji-bijian akan berhubungan dengan berkurangnya lemak pada perut dan tubuh.

Lemak di perut sangat berisiko, membuat diabetes, penyakit jantung dan beberapa masalah kesehatan lainnya.  Dengan menurunkan berat badan secara sehat dengan diet tanpa nasi ini tentu saja kita bisa terhindar dari resiko masalah kesehatan diatas. Tentu ini sangat menajubkan bukan?

Pertimbangan Kalori

Kita harus mengurangi 500 kalori per hari dari makanan yang kita konsumsi setiap harinya agar nantinya kita dapat kehilangan sekitar 1 pon per minggu.

Menurunkan berat badan dengan mengganti nasi dengan gandum atau oatmeal akan sangat membantu dalam menurunkan kalori tubuh. Secangkir nasi putih memiliki sekitar 242 kalori dan secangkir pasta biasa memiliki sekitar 221 kalori. Untuk roti gandum 1 iris standar (28 g) memiliki 69 kkal saja!

Olahraga yang disarankan minimal untuk orang dewasa adalah 150 menit atau 2,5 jam per minggu. Olahraga ini dilakukan dengan intensitas sedang. Namun mungkin diperlukan dua kali jumlah ini untuk beberapa orang agar lebih cepat dalam menurunkan berat badan.

Baca juga :

Kesimpulan :

√ Menu diet seminggu tanpa nasi dapat menjadi pilihan tepat untuk menjaga gula darah dan kadar kolestrol tetap stabil.

√ Menu diet tanpa makan nasi bikin cepat langsing tubuh karena menu pengganti nasi memiliki kalori yang lebih rendah daripada nasi putih.

√ Membuat menu diet tanpa nasi seminggu pertama merupakan langkah tepat untuk pola hidup lebih sehat serta dapat mempercepat berat badan turun beberapa kilo dalam sebulan bahkan seminggu.