Tetap Sehat Dengan Diet Sayur Dan Buah Tanpa Nasi

Terkadang masih timbul keraguan untuk menerapkan metode diet sayur dan buah tanpa nasi sepanjang hari. Kita masih takut jika tidak mengkonsumsi nasi. Memang pada beberapa orang yang memiliki gangguan lambung terutama maag sedikit terganggu jka tidak mengkonsumsi makanan seperti nasi tepat pada waktunya. Oleh karena itu perlu kehati – hatian dalam melakukan program diet terutama bagi orang yang memiliki gangguan maag dan ingin melakukan diet tanpa mnegkonsumsi nasi.

Diet Sayur Dan Buah Tanpa Nasi

Nasi sendiri sebenarnya memiliki fungsi yang penting untuk tubuh kita. Sumber energi bisa diperoleh dengan mengkonsumsi nasi putih. Sebagai makanan pokok, nasi menjadi kebutuhan sehari – hari. Namun saat menjalankan sebuah program diet, mau tidak mau harus berani untuk meninggalkan nasi ini. Hal ini disebabkan nasi sebagai penyumbang karbohidrat terbanyak dimana jika karbohidrat ini tidak segera terbakar maka akan menjadi timbunan lemak.

Baca juga :

Sebenarnya mengkonsumsi nasi dalam porsi yang wajar masih aman untuk masalah berat badan. Namun seringkali kita tidak bisa mengontrol konsumsi nasi sendiri. Nasi putih sendiri merupakan makanan yang mudah dicerna dimana akan menyebabkan gula darah menjadi naik secara cepat. Namun kadar gula darah tinggi karena nasi ini seketika akan cepat turun sehingga kadar gula dalam darah akan cenderung rendah. Keadaan gula yang rendah pada tubuh ini akan menyebabkan rasa lapar yang tiba – tiba dan kita cenderung untuk mengkonsumsi makanan secara membabi – buta. Itulah salah satu keadaan yang membuat badan kita mudah gemuk.

Nasi sendiri memiliki kandungan kalori sekitar 250 kalori untuk satu porsi makan. Saat menjalankan diet, kita bisa mengganti dengan makanan yang memiliki kadar kalori kurang dari 250 kalori. Salah satu makanan yang bisa menggantikannya yakni dengan mengkonsumsi beberapa makanan termasuk sayuran atau makanan lain. Kita dapat mengkonsumsi kentang, roti gandum atau telur rebus serta sayur dan buah.

Sayur dan buah bisa dikonsumsi untuk keperluan diet kita. Kita bisa memperbanyak di dalam mengkonsumsi sayuran dan buah buahan ini. Seperti diet ala Ashanty, dimana artis cantik ini dapat menurunkan berat badan 19 kg dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayuran.

Contoh menu diet tanpa nasi

Menu pagi hari :

Roti gandum + sayur atau lalapan + susu skim

Cemilan : buah melon, apel, kiwi

Menu siang hari

Sayuran + ikan + buah – buahan

Cemilan : buah anggur, melon, kiwi, apel dll

Menu malam hari :

Kentang rebus + sayuran + teh hijau tanpa gula

Menu diet harian diatas tentunya tidak mengikat dan menyesuaikan dengan kebutuhan akan bahan makanan di sekitar rumah Anda. Hal yang paling penting adalah kita bisa melakukan diet tanpa mengkonsumsi nasi namun kita tetap memiliki kondisi tubuh yang bugar dan sehat.

Penambahan ikan akan berguna untuk tambahan asupan protein hewani sehingga kekuatan otot tubuh kita tetap kuat dan meningkat. Selain itu, kita bisa menambahkan ayam tanpa kulit atau telur rebus untuk menambah asupan protein.